Penyebab Oli Gardan Berwarna Putih ?

Tranmisi / rasio motor matik ngorok, itu sering kali terjadi pada motor  - motor yang sudah mulai berumur / sudah kenyang di dunia permotoran… he…  Sebelum motor matik kita mengalami hal yang sama dan ujung – ujungnya  menyesal karena kecerobahan kita , yang akhirnya harus merogoh saku dalam – dalam. Dan membuang beberapa lembar merah, sebenarnya faktor utama kerena ketidak tahuan  pemakai, tentang penyebab utama dari bunyi tersebut…. Ya elah tong kalau tau ngapain mampir dimari?? Oya lupa gua, sebelumnya gua cuman mau berbagi aja bukan menggurui ya bro sukur - sukur bermanfaat….

Penyebab utamanya karena ada air yang masuk ke dalam tranmisi / rasio motor matik, melalui selang pernafasan udara dari rasio  / tranmisi matik, kenapa bisa kemasukan air? Bisa karna selang sobek / rusak, atau malah tidak terpasang secara sempurna. Antisipasinya lakukan pengecekan dengan dilihat posisi selang pernafasan rasio,


 ini contoh nya.






selang pernafasan



Gejalanya sebenarnya gampang ditebak, yaitu saat penggantian oli garden, kalau oli garden berwarna putih / kream dapat di pastikan itu tercampur air, tapi kalua berwarna saperti oli garden yang baru di buka dari botolnya berti motor matik anda aman. Kalau oli garden berwarna kecoklat ( warna oli mesin saat di tap / dibuang dari mesin) berati oli garden telalu lama belum di ganti, lakukan penggantian secara teratur per 8.000 km atau sekitar 8 bulan.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap baca juga link di bawah ini :

http://www.sejeworks.id/2017/10/4-part-motor-matik-ngorok-noise.html#

Akibatnya kalau oli gardan dibiarkan terlalu lama tercampur air, imbasnya terjadi kerusakan di bagain transmisi dimulai dari bearing yang rusak kemudian gear transmisi yang aus / rusak dan suara ngorok akan terdengar saat roda belakang berputar / diputar. Solusi satu – satunya dari problem transmisi yang ngorok dengan cara mengganti bearing cvt, entah secara keseluruhan atau cuman satu tergantung dari berapa parah kerusakannya.

 Ok bro sekian dulunya buat postingan kali ini, ojo lali safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal….




oli gardan putih