Cek Kondisi Sekring / Fuse

Selamat pagi para pembaca, kenapa pagi ?? karena pagi saat paling bersemangat untuk menghadapi kenyataan, oh …. ya… jangan lupa sarapan biar kuat, biar ada harapan he… he… Sorry becanda dulu…

Untuk kali ini yang akan dibahas adalah sekring / sikring / fuse, ya hal ini memang sepele tapi sangat berarti, buset dalem banget dah…  Sebenarnya perlu apa ngga si sekring / sikring/ fuse ??... Ok  berikut pengertiannya,  sekring  mempunyai “ elemen kering ” yang akan putus untuk melindungi rangkaian listrik sewaktu ada arus listrik yang terlalu besar yang mengalir di dalam rangkaian listrik.

Jenis – jenis Sekring / sikring / fuse


  • Sekring tabung kaca, 

Biasanya dipakai pada sepeda motor model lama ct Tiger, supra 100, Yamaha F1ZR, shogun 110.

  • Sekring Colok / blade fuse, 

biasanya dipakai pada motor – motor keluaran terbaru ct: Beat all var, Vario all var, mio j, vixion all var,
Nih gambarnya gua kasih biar jelas,


cara cek sekring




Cara penggantian Sekring


Bila ada sekring yang putus  berarti ada arus listrik yang terlalu besar di dalam rangkaian listrik yang berakibat adanya hubungan singkat ( konsleting ), maka lakukan perbaikan rangkain yang menimbulkan hubungan singkat / konsleting , kemudian ganti sekring  / fuse.
Bukan langsung mengganti sekring  fuse tanpa memperbaiki rangkain yang rusak penyebab konsleting dan kadang ada yang lebih extrim lagi sekring di kasih kawat serabut agar sekring tidak putus. Hal ini terlalu beresiko karena akibat buruknya kabel body terbakar, dan lebih parang lagi motor terbakar.

Kapasitas Sekring


Pakailah sekring dengan kapasitas yang telah di tentukan, bukan menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar dari anjuran pabrikan. Arus yang terlalu besar dapat mengalir namun sekring tidak putus, akibatnya sekring tidak dapat lagi melindungi rangkaian, Satuan yang di pakai Ampere ( kuat arus).
Kapasitas untuk jenis sekring tabung tertulis di ujung terminal, sedangkan tipe fuse blade terdapat di rumah sikring dengan warna yang berbeda, berikut penjelasanya :

Warna rumah                    Kapasitas
Merah                                  10 A
Biru                                        15 A
Kuning                                  20 A      
Bening                                  25 A
Hijau                                      30 A




nilai fuse


Pemeriksaan dan pemasangan Sekring Fuse


Pemeriksaan cukup dengan cara visual, jika mengalami kesulitan bisa menggunakan avometer, seting pada posisi ohm.

Sebelum memasang sekring, periksa terminal terhadap karat, jamur atau masalah lain. Dorong masuk sekring sampai duduk sepenuhnya di dalam.


Ok sekian dulu ya bro, moga bermanfaat buat yang baca, jangan lupa safety firts.... salam satu aspal ....