Penyebab & Mendeteksi Kerusakan Keteng Motor

Selamat datang semua para bro, yang masih tetap setia berkunjung ke portal yang paling keren, yang membahas dunia sepeda motor. Bagi yang baru berkunjung disini pokoknya paket data yang lu pakai ngga bakalan sia – sia, tapi dari tampangnya pada pakai wifi gratisan he…  becanda dikit ya … bro.

Ok lasung aja ke pokok bahasan yaitu keteng Bahasa kerennya CAM CHAIN, kadang di sebut rantai kecik, rantai api, rantai kamprat, rantai keteng atau apalah karena tiap daerah berbeda menyebutya, tapi  yang penting maksudnya rantai yang ada di dalam mesin yang berfungsi untuk penggerak antara big end di stang seher (crank shaft) dengan gear sentrik pada noken as (cam shaft) di bagian head cylinder agar sesuai timing pengapian.

Dari sedikit penjelasan di atas mudeng apa mubeng ??  kalau mubeng, kita lanjut lagi. Pada intinya atau garis besarnya penjelasan diatas adalah sesuai timing pengapian, karena pada motor 4 tak memiliki 4 kali langkah pergerakan piston (seher), 2 kali putaran crank shaft (setang seher), 1 kali putaran cam shaft (noken as) untuk menghasilkan tenaga. Penjelasan lengkapnya ada di link di bawah ini…



Jadi timing pengaapian harus pas atau tertib, jika abnormal maksudnya disini rantai keteng bergeser atau meloncat  2 mata atau lebih entah di bagian sentrik atau big end maka sudah pasti dan ngga perlu diragukan lagi payung klep (valve) akan saling bertabrakan dengan seher (piston). Sehingga klep bisa bengkok atau malah piston jebol / bolong, dan pastinya dari adu banteng tersebut akan ada yang rusak entah bagian klep atau piston bisa juga kedua – duanya.  Bergeser atau meloncatnya keteng disebabkan karena keteng mulai mekar atau melar, biasanya akan di tandai oleh suara berisik pada mesin bagian atas / head silinder.


rantai keteng



Kenali Penyebab dan Cara Mendeteksi Kerusakan Rantai Kamprat / Keteng :


Penyebab Kerusakan Rantai Kamprat / Keteng :


  • Usia sepeda motor yang sudah lama atau sering dipakai.
  • Penggantian oli yang tidak teratur.
  • Pemakaian yang ekstrim, buat balap atau langsung tarik gas pada RPM tinggi.



Cara Mendeteksi Kerusakan Rantai Kamprat  / Keteng :


Panaskan mesin motor dengan cara di hidupkan bro, bukan pakai kompor atau korek he…. Pastikan dulu suhu motor dingin sekitar 30 derajat celcius, lebih gampangnya saat kondisi pagi hari.

Dengarkan suara mesin dengan cermat, jika ada bunyi tek… tek.. pada 5 – 10 menit pertama itu normal karena  oli mesin belum sempurna melumasi seluruh bagian mesin.

Tapi jika lebih dari 15 menit masih ada suara tek … tek… bisa dipastikan ada masalah di bagian keteng dan tensionernya.Untuk lrbih tepatnya bedakan suara mesin saat posisi stasioner / langsam dan saat gas ditarik, kalau posisi stasioner ada suara tek ... tek ... kemudian saat ditarik gas suara tersebut hilang bisa dipastikan keteng atau lifter yang bermasalah. Tapi lebih tepatnya lakukan pembongkaran agar tidak asal tebak, bagi yang belum tahu apa itu tensioner ini linknya…

Jenis dan Panjang Rantai Kamprat / keteng :


  • Rantai Kamprat Tipe Biasa


Sebenarnya rantai kamprat hampir mirip dengan rantai final gear ( rantai gear set ) yang memiliki kode pada setiap kemasan  berikut contohnya : (25H – 84L)
Angka 2 merupakan jarak antar pin = 6.35 mm
Angka 5 menyatakan jarak antar plat = 3.18 mm
H merupakan singkatan dari Hard
84L merupakan jumlah mata rantai
Contoh motor kamprat tipe biasa, honda grand, supra series, blade, revo, Yamaha Jupiter, vega, crypton.


  • Rantai Kamprat Tipe Kupu – Kupu


Kenapa di katakana kupu – kupu , jawab ngelesnya karena bentuknya mirip kupu – kupu, biasanya memiliki kde sebagai berikut : (2x3 -84L).
Contoh motor, Suzuki smash (2x3 – 88L), Yamaha Jupiter Z (2x3 86L), Honda Vario / Beat (2x3 – 90L)

keteng mio


 Ukuran Panjang Rantai Kamprat


HONDA


  • Supra X 125 : 92
  • Supra 100 : 84
  • Blade : 90
  • Leganda : 88
  • Grand : 84
  • Prima : 86
  • Win : 86
  • GL 100 , neo tech, max, 125 : 100
  • GL Pro, Megapro lama : 102


YAMAHA


  • Vega : 86
  • MX : 108
  • Crypton : 84
  • Jupiter Z : 86
  • Scorpio : 104


KAWASAKI


  • Kaze : 98
  • Blitz : 110


SUZUKI


  • Thunder : 102
  • Smash : 88
  • Shogun 110 : 88
  • Shogun 125 : 92
  • Spin : 92
  • Skywave / Skydrive / Hayate : 92



Ok bro, sekian dulunya untuk uraian singkatnya, jangan lupa safety first salam satu aspal, keep riding no arogan…  videonya belum sempet dibikin ya next time aja…. Tapi tetep check it dot…