Jangan Sampai Salah Stel Kopling Motor Bebek & Sport


Selamat datang kembali mas dan mba bro, long time ngga update. Kali ini yang mau dibahas tentang cara stel kopling motor bebek dan motor sport dari semua merk. Dan gua lengkapin dengan video tutorialnya biar mantep dan lu bisa langsung action lah… Tapi jangan lupa jarak main bebas kopling harus diperhatikan karena mempengaruhi umur pakai dari kanvas kopling dan komponen terkait.


kopling satria


Fungsi Kopling


Kopling atau Clutch berfungsi untuk memindahkan tenaga secra perlahan – lahan dari poros engkol ke transmisi kemudian dari transmisi mengubah tingkat kecepatan sesuai keinginan biker. Pada posisi normal dan kopling berfungsi dengan baik, saat biker menekan pedal kopling, tenaga mesin (poros engkol) akan diputuskan. Kondisi inilah yang mempermudah terjadinya perpindahan gigi.

Pada Sepeda Motor Terdapat 2 Jenis Kopling :

Kopling Sentrifugal

Kopling yang bergerak menyamping dan menjauhi titik pusat dari sumber tenaga (poros engkol).  Pada sepeda motor bebek / cup model kopling sentrifugal juga biasa disebut sebagai kopling primer / primery clutch karena terhubung langsung ke kuk as / poros engkol (crankshaft).

Tapi pada sepeda motor model matik kopling sentrifugal langsung berhubungan dengan transmisi maka ada yang menyebutnya kopling sekunder / ganda, pada intinya tergantung masing – masing orang menyebutnya apalah arti sebuah nama jika memingat fungsinya he….

Komponen – komponen kopling sentrifugal :


Outer Clucth / Mangko Kopling bagian yang langsung bergesakan dengan kanvas kopling.
Inner Clutch berisi one way clutch sebagai penyearah putaran kopling sentrifugal.
Clutch Weight atau kanvas kopling sentrifugal yang berbentuk seperti kanvas rem tromol.
Drive Plate sebagai dudukan kanvas kopling sentriugal.
Drive Gear sebagai penghubung antara outer clutch dengan kopling sekunder.

Cara kerja kopling sentrifugal

Saat sepeda motor berputar secara stasioner / langsam drive plate belum bekerja secara maksimal, sehingga outer clutch belum berfungsi tapi saat mesin mulai berputar lebih dari 1500 Rpm maka drive plate akan mengembang karena adanya gaya sentrifugal.

Kopling Manual

Kopling manual alias kopling plat gesek yang berbentuk lingkaran yang terdiri dari unit kopling yaitu kanvas kopling, plat tekan dan pegas kopling. Kopling ini seringkali disebut sebagai kopling sekunder karena posisinya langsung berhubungan transmisi utama pada sepeda motor, contoh sepeda motor tipe bebek dan sport.


Artikel Terkait

Sejarah Sepeda Motor di Dunia

Faktor Yang Mempengeruhi Hidupnya Motor



Komponen – Kompone Kopling Manual


Outer Clutch biasa disebut sebagai rumah kopling berfungsi meneruskan tenaga dari drive gear ke bagian transmisi pada sepeda motor model sport dan bebek (cup).  
Presure Clutch dan Clutch Center berfungsi sebagai dudukan kanvas kopling dan plat kopling.
Kanvas Kopling  dan Plat Kopling yaitu komponen yang langsung saling bergesakan dan sebagai pemutus tenaga ke transmisi.
Liter Plate tempat dudukan pegas kopling, duduk bearing dan  baud pengikat pressure clutch dan clutch center.

Cara Kerja Kopling Manual

Pada saat hendel kopling ditekan clutch liter bearing (dudukan bearing) akan ikut menekan preasure clutch sehingga terdapat gap / jarak antara kanvas kopling dan plat kopling. Akibatnya putaran tenaga yang menuju transmisi dan roda belakang akan terputus.
Kemudin saat gigi tansmisi dimasukan dan hendel kopling dilepas perlahan – lahan, pada saat itu juga plat dan kanvas kopling kembali rapat secara perlahan – lahan. Sehingga putaran mesin menuju transmisi diteruskan sampai ke roda belakang dan sepeda motor kembali berjalan dengan memakai tenaga dari putaran mesin tersebut.

Ok bro cukup jelas ? dari penjelasan diatas kalau mubung santai saja ngopi dulu ngopi he… langsung saja ke penyetelan kopling sepeda motor. Karena sepeda motor mempunyai 3 jenis kopling berdasarkan cara kerjanya yaitu Automatis, Semiotomatis dan manual. Tapi untuk jenis otomatis ngga mungkin distel he… maka yang mau diomongin tentang semiotomatis (bebek / cup) dan manual (sport). Langsung saja check it dot…


Cara Stel Kopling Sepeda Motor


Cara Stel Kopling Motor Bebek / Cup Honda, Yamaha, Suzuki


Sebenarnya dari semua merk mempunyai persamaan cara kerjan dan cara meneyetelnya, tapi ada perbedaan diposisi dan kunci untuk menyetel clutch adjester bolt (baud stelan kopling). Contoh untuk semua model honda memakai obeng min (-) dank unci ring 14, Yamaha memakai obeng plus (+) sedangkan Suzuki memakai kunci T8 dan kunci ring 14.
Ok langsung saja bro sikat …

Siapkan dulu alatnya liat penjelasan diatas persis dan jangan sampai salah motor pabrikan mana he….
Usahakan sepeda motor posisi mati atau kondisi mesin tidak dihidupkan dan oli mesin mempunyai takaran yang pas lebih bagus lagi baru ganti oli mesin.
Untuk pabrikan honda gunakan obeng min (-) untuk menahan adjuster clutch (stelan kopling) dan kunci ring 14 melonggarkan lock nut (mur pengunci).
Lihat gambar dibawah…

clutch setting


Untuk pabrikan Yamaha gunakan obeng plus (+) untuk menahan adjester clutch (stelan kopling) dan kunci ring 10 melonggarkan lock nut (mur pengunci).
Lihat gambar dibawah…

yamaha jupiter


Untuk pabrikan Suzuki gunakan T8 untuk menahan adjester clutch (stelan kopling) dan kunci ring 10 melonggarkan lock nut (mur pengunci).

Setelah posisi mur pengunci (lock nut) adan stelan kopling (adjuster clutch) saling terpisah / tidak dalam posisi terkunci atau seret. Putar adjuster kearah kanan / keluar tujuannya agar kanvas kopling netral / tidak dalam posisi tertekan oleh adjuster clutch.

Kemudian putar kedalam / kekiri sampai penuh mentok dan jika sudah mentok jangan dipaksakan karena dapat merusak adjuster tersebut.

Selanjutnya putar kearah kanan / keluar beri 1/8 atau 1/4 putaran jika belum pas maka kasih ½ putaran tergantung keausan dari kanvas kopling tersebut. Nah untuk ini feeling yang bermain tapi lebih baik kasih 1/8 putaran dulu baru tambah putaran lagi jika dirasa kurang pas.

Posisi pas yang dimaksud adalah dimana posisi perseneling ditekan kedepan akan bergerak 30 mm (jarak main bebas) dan kopling terasa empuk.

Jika sudah dirasa pas maka kencangkan lock nut (mur pengunci).

Cara Stel Kopling Manual Motor Sport Honda, Yamaha, Suzuki


Siapkan alat dulu berupa tang, kunci pas 12 dan kunci pas 14 jangan lupa pastikan motornya ada he…

Selanjutnya buka karet penutup hendel kopling dan kendorkan mur pengunci dengan tang dan putar adjuster clutch kerah dalam / mendekati handel kopling. Sisakan beberapa ulir agar dan kencangkan mur pengunci (lock nut).

Pada kabel kopling bagian bawah kendorkan atau pisahkan mur 12 dan 14, selanjutnya cari jarak pada hendel kopling 10 – 15 mm. Dengan cara maju atau mundurkan mur 14 tersebut, jika sudah ketemu dekatkan dan kencangkan mur 12 dengan mur 14 agar posisi keduanya terkunci / seret.

Langkah terakhir cek hasil pengerjaan terutam jarak main bebas handel kopling.
Untuk lebih jelasnya ini videony jangan lupa subscribe ya bro..




Ok bro berhubung mata gua udah pegel jadi akhiri dulu ya, see you. Jangan lupa safety first and keep riding no arogan salam satu aspal…


Posting Komentar

0 Komentar