Jangan Lupa Bro, Kuras Tangki Bahan Bakar Supaya Fuel Pump Ngga Rusak


Sejeworks – Kuras tangki, apa fungsi atau manfaatnya ? berapa harga jasanya ? kapan dilakukannya ? buset dah tanda tanya banyak amat bro... Lagi kenapa bro, datang temen ya... he.... Sebenarnya pertanyaan diatas mewakili pertanyaan para bro, terutama yang memakai motor batangan. Kalau yang punya motor bebek atau matic sih kayaknya asing ditelinga, tapi jangan salah yang punya motor matic atau bebek juga harus tahu. Karena sering kali para biker menganggap remeh hal ini dan akibatnya sangat fatal sekali, mulai dari fuel pump yang rusak dan tangki bensin yang bolong dan berkarat. Apakah itu saja ngga juga bro untuk lebih lengkapnya baca sampai tuntas- tas.

Fungsi Kuras Tangki


Kuras tangki bahan bakar berfungsi untuk membersihkan bahan bakar bisa dikatakan bensin entah pertalite, pertamax, atau premium yang kemungkinan telah tercampur dengan zat atau cairan asing didalam tangki. Sering kali air masuk ke dalam tangki ahan bakar pada sepeda motor, terutama jenis batangan atau motor sport yang tangki bahan bakarnya berada diluar. Akibatnya air hujan akan masuk secara perlahan kedalam tangki bahan bakar dan lebih parahnya lagi air sabun karena terlalu sering kali di cuci steam tanpa ba... bi... bu... atau main semprot aja.

Sebaiknya saat menyemprot atau mencuci disekitar tangki bensin hindari daerah tutup tangki karena kemungkinan besar air akan masuk kedalam tangki bensin. Kenapa begitu bro ? karena serapat – rapatnya tutup tangki pasti masih ada lubang pernafasan tutup tangki, walaupun hanya sebesar jarum.

Kapankah Sebaiknya Dilakukan Kuras Tangki

Secara umum lakukan kuras tangki per 10.000 km atau satu tahun sekali, dan berapakah harga jasa kuras tangki dibengkel sepeda motor ? sebenarnya tiap bengkel memberi harga yang berbeda tergantung lokasi bengkel dan jenis kendaraannya. Tapi sebagian besar memberi harga sekitar Rp 30 – 50 ribu rupiah, dan mungkin ada yang lebih.

Apasih Akibatnya Jika Tidak Kuras Tangki Bahan Bakar


Tangki Bahan Bakar Keropos dan Berkarat
Untuk pengguna motor batangan pasti ini bukan hal yang aneh, bensin yang bocor dibagian samping bawah tangki. Tambal sana tambal sini bukan hal yang aneh, pokoknya berbagai cara akan ditempuh he... he.... untuk motor karburator hal ini tidak terlalu ekstream. Karena dampaknya paling hanya tangki yang bermasalah tapi untuk motor karburator jika tangki bahan bakar berkarat dan sampai keropos maka sisa karat akan menempel pada bahan bakar kemudian masuk ke fuel pump kemudian ke selang bahan bakar dan akhirnya injektor mengalami kerusakan karena mampet. Et... dah mantep benernya bro.... ngga percaya ini gua kasih jepretannya, check it dot....


akibat karat


Injektor dan Selang Bahan Bakar Mampet
Ini sebenarnya dampak lanjutan dan paling terakhir terjadi, tapi gua kasih dinomor 2 karena dibagian bawah gua mau ngomongin tentang fuel pump secara gamblang he.... Untuk kerusakan pada injektor dan selang bahan bakar bakar bisanya terjadi pada tangki bahan bakar yang bagian dalamnya menglami keropos yang sangat parah, dan fuel pump atau pompa bahan bakar yang telah habis 2 buah dalam setahun he.... mantep ngga tuh... jadi kalau lo belum ngerasain jangan dicoba kecerobohannya ya bro...  lakukan kuras tangki bahan bakar setidaknya setahun sekali.

Sepeda Motor Sering Mogok dan Mbrebet
Untuk motor injeksi jika speda motor sering mogok bisa ditandai dengan adanya kedipan MIL, lampu indikator pada spido meter akan menyala jika adanya kode kerusakan yang tersimpan di dalam ECU atau ECM. Tapi jika sepeda motor sering mogok dan tidak ada kedipan pada lampu indikator maka kemungkinan besar tangki bensin kemasukan air.
Sementara untuk motor karburator pun akan mengalami hal yang sama yaitu motor sering mogok dan tarikan tersendat – sendat entah pada saat gas tinggi ataupun gas rendah. Bisa juga saat kondisi langsam / stasioner motor bisa hidup tapi saat tarik gas, motor mendadak mati.

Fuel Pump Rusak

Harga fuel pump memang ngga seberapa dengan harga motor bro, untumu kui sing akeh kawate (gigimu itu yang banyak kawatnya) ... he... tapi ya rada bikin pegel saraf otak bro. Ya kisaran Rp 500.000 – 1.500.000 tergantung jenis motornya, itu estimasi doang validnya langsung cek sendiri ya bro ke toko bangunan et.. dah.... toko spare part sepeda motor atau bengkel motor.

Ciri – Ciri Fuel Pump Rusak

Tekan Fuel Pump Kurang dari Standart
Untuk mengetahui fuel pump yang rusak sebenarnya harus memakai alat spesial yaitu Pressure Guage, yaitu alat untuk mengetahui seberapa besar tekanan bahan bakar yang dipompa oleh fuel pump. Cara memakainya sebenarnya gampang – gampang susah pertam harus tahu tekanan standar sepeda motor contoh Honda Beat FI 294 Kpa sementara Yamaha Mio J 316 Kpa. Tapi tenang bro lo bisa main feeling alias tebak – tebakan he....

Sepeda Motor Ngempos
Ngempos disini diartikan gas kosong tidak nyangkut atau saat buka gas respon kecepatan dan tenaganya sangat minim, nggak ada tenaganya gas mentok hanya 60 km untuk nambah sangat berat. Malah kadang untuk pompa bahan bakar yang sudah parah gas mentok sepeda motor akan berjalan hanya pada 40 km.

Motor Sering Mogok
Sepeda motor akan sering mogok jika sudah berjalan agak jauh, maksudnya saat kondisi motor mulai panas kinerja fuel pump akan mulai loyo sehingga motor akan mogok berkali – kali. Tapi jika keadaan fuel pump rusak parah maka motor akan susah dihidupkan atau malah tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Cara memperbaiki Fuel Pump

Sebenarnya untuk memperbaiki perangkat elekronikal lumayan penuh resiko, dan sering kali hanya buang duit sementara hasil yang diinginkan hanya sebisanya atau tidak maksimal. Saran gua mending ganti saja tapi harganya yaitu bikin mata melotot, tapi jika kerusakan berasal dari pressure regulator atau mesin pompanya maka sekarang sudah ada produk after market yang menjual mesinnya saja. Cuman nyarinya harus sabar karena barangnya masih susah dicari, kekurangannya biasanya tekanan fuel pump tidak seperti standart pabrikan. Ini sampel barangnya bro...


memperbaiki fuel pump



Tapi kalau kerusakannya ada pada soketan kabel ini lain cerita bro, he.... untuk mengetahui tekan fuel pump bisa melihat video ini bro, check it dot...





Ok bro sekian dulunya, jangan lupa bagikan keteman atau komunitas lo biar tetap makyos bin yahud motornya. Akhir kata safety first & keep riding no arogan, salm satu aspal... wor... wor..

Posting Komentar

0 Komentar