Mau Bisnis Bengkel Sepeda Motor, Lihat Dulu Isi Dompetnya Bro

Sejeworks – Bisnis ya ngomongin kata ini berarti UUD (ujung – ujungnya duit) ya ngga bro, karena semua orang suka duit ngga muda, tua, bocah, cewe, cowok, biker, tukang ojeg, penumpangnya dan tukang nebeng he... Itu selingan saja bro, karena kali ini gua mau ngomongin tentang seluk beluk bengkel motor. Tempat dimana gua nyeri duit buat gua sendiri, dan orang – orang yang tiap lebaran pada ngarep angpo dari gua he...


bisnis bengkel motor




Sebenarnya gua nulis artikel ini agak malu – malu kucing karena gua sudah pernah bengkrut lebih dari satu kali pada bisnis yang gua bangun sendiri pakai duit sendiri dan ngutang ke saudara kandung. Ngenes ngga bro ha.... dan lebih ngenes lagi gua belum sukses dan stampel kuli dibengkel orang masih gua jalani ha.... ha... biarin gua tertawain diri gua sendiri.

Tapi kali ini gua mau membagikan pengalaman gua supaya lo ngga bangkrut dan memikirkan matang – matang, sukur – sukur malah ngga jadi bisnis bengkel motor. Biar ngga banyak pesaing ha... ha... Tapi kalau lo memang ngbet banget mending baca sampai tuntas dan lebih bagus lagi baca sampai 10 kali.

Peluang Bisnis Bengkel Motor

Bicara peluang berarti kesempatan untuk masuk dan bertahan, sedikit mengutip kata – kata Manager PT. ****  “ Semakin Manis Kue Yang Berada Dalam Meja, Maka Semakin Banyak Semut Disekitarnya “. Jadi lo kalau khawatir ngga bisa masuk ke bisnis bengkel motor lo salah besar karena peluangnya ada, Konsumen / Pembeli banyak,  tapi ngga dimodalin dan harus modal sendiri he...


nengkel resmi



Kenapa gua ngomong peluangnya ada karena setiap hari pabrik – pabrik sepeda motor berproduksi setiap hari dan seharinya mencapai kurang lebih 1.000 unit. Terus barangnya kemana jelas dijual ke pasar lokal dalam negri dan hanya beberapa persen di ekspor keluar negri, kalau kurang jelas buka saja web badan pusat statistik.

Alasan Kenapa Buka Usaha Bengkel Motor

Kenapa Memilih bisnis bengkel motor ? karena motor ngga ada habisnya, hampir setiap rumah memiliki lebih dari satu sepeda motor. Keuntungan yang didapatkan bisa berkali – kali lipat, mulai dari penjualan spare part, harga jasa pemasangan, barang bekas yang masih bisa dijadikan duit. Dari oli mesin bekas, kanvas rem, gear set, shock beker, kardus, ban luar bekas dan botol oli mesin, ngeri ngga bro sampahnya saja bisa jadi duit. Selain itu jika spare part tidak laku, maka ngga perlu takut basi atau dimakan tikus dan kecoa karena kedua binatang tersebut ngga doyan he...

Jujur saja untuk memulai bisnis bengkel motor atau bisnis apa saja ngga terlalu sulit, yang sulit adalah untuk bersaing dan bertahan dari seleksi alam. Minimal lo sudah punya skil bongkar pasang cover, pasang mur baud kearah mana ngencengin mana ngendorin, pasang kanvas rem cakram, kanvas teromol, bongkar pasang ban luar dalam, stel rantai, ganti gear set. Itu jika lo memulainya dengan modal yang sangat minim dan tidak bisa mempekerjakan meknik yang sudah punya skil, tapi kalau lo punya modal agak gede seenggaknya skil teknik ngga terlalu penting banget dan pengetahuan tentang spare partlah yang harus dikuasai.

Pilih Mana Bisnis Bengkel Resmi, Bengkel Umum atau Bengkel Variasi

Nah jika sudah mulai mantep kita juga harus lihat seberapa dalam isi kantong kita, karena hal ini sangat menentukan untuk kelangsungan usaha. Karena hampir setiap usaha rintisan apa saja bengkel, salon, toko dan masih banyak lagi, ditahun pertama pasti akan minus dan ditahun pertama juga kebanyakan usaha rintisan akan tumbang dan gue mengalaminya dua kali ha.... ha... curhat sedikit bro...

Maka dari itu tentukan sumber pemodalanmu bro, jangan pinjem ke bank karena ini baru rintisan dan jangan sampai sudah jatuh tertimpa tangga amit ... amit ya bro... Usahakan sumber modal berasal dari kantong pribadi seutuhnya dan jika mau pinjam ke IMF (Istri, Mertua dan Family), jika ngga ada sumber dana lagi sudah nekat pakai duit sendiri jangan coba ngutang he.....

Modal Usaha Bengkel Motor

Modal Kecil

Untuk modal kecil 10 juta apakah cukup ? ya dicukup – cukupin bro, kalau ngomong duit itu ngga ada batesnya dan ngga akan selesai – selesai he... Tapi untuk modal segini syarat utamanya gedung /  bangunan untuk bengkel punya sendiri dan tidak ngontrak dan jika terealisasi akan lebih terlihat seperti tambal ban dari pada sebuah bengkel.
Jika masih ngontrak duit 10 juta bakalan langsung habis buat bayar kontrakan, ngga percaya coba saja cari kontrakan toko dijakarta dan sekitarnya pasti langsung habis atau bahkan kurang untuk bayar kontrakan.
Ini Estimasinya Bro :

Sewa Tempat : punya sendiri

Spesial Tool
Kompresor Listrik / Bensin ¼ Pk            Rp. 1.500.000,
Avo Meter                                           Rp. 100.000,
Congkelan Ban 2                                  Rp 70.000,

                                      Total                                        Rp 1.670.000,
Tool CVT
Fly Wheel / Raket                                 Rp. 150.000,
Universal Holder                                  Rp. 150.000,
Kunci Ring 38 / 40                               Rp. 100.000,
                                      Total                                         Rp. 400.000,
Heavy Repair Tool
Obeng Ketok                                       Rp. 250.000,
Palu Besi                                             Rp. 100.000,
Palu Karet                                           Rp. 50.000,
Kunci Shock 1 set                                 Rp. 250.000,
Kunci L Hex 1 set                                 Rp. 100.000,
Kunci L Bintang 1 Set                           Rp. 100.000,
Kunci Inggris                                       Rp. 100.000,
                                      Total                                         Rp. 950.000,

Hand Tool
Obeng (+) biasa                                  Rp. 20.000,
Obeng (+) cebol                                  Rp. 20.000,
Obeng (+) besar                                  Rp. 20.000,
Obeng (-) cebol                                   Rp. 20.000,
Obeng (-) biasa                                    Rp. 20.000,
Obeng (-) besar                                   Rp. 20.000,
Kunci T 8, 10, 12, 14, 17                      Rp. 150.000,  ( 30 ribu persatuan)
Kunci Ring 1 Set                                  Rp. 250.000,
Kunci Pas 1 Set                                    Rp. 250.000,
Kunci Kombinasi 1 Set                          Rp. 250.000,
Tang Biasa                                          RP. 70.000,
Tang Potong                                       Rp. 50.000,
Tang Long Nouse                                 Rp. 50.000,
Tang Sirklip In                                     Rp. 50.000,
Tang Sirklip Ex                                    Rp. 50.000,
Stelan Angin                                        Rp. 10.000,
L kapet                                               Rp. 30.000,
Dur Klep 17 / 22                                  Rp. 30.000,
                                      Total                               Rp. 1.340.000,

Total keseluruhan untuk membeli kunci – kunci Rp. 4.360.000, selebihnya bisa dibelanjakan untuk membeli spare part fast moving seperti Kanvas rem, bohlam, oli mesin, oli gardan, oli samping, lampu sen, lampu senja. Tapi yang lebih penting lagi pikirkan juga lemari etalase dan tempat untuk wadah baud, spare part, baskom oli mesin.

Itu semua rincian realnya bro, dan memang ada beberapa yang belum tertulis tapi seenggaknya jika lo mau nekat bikin bengkel lo bakalan punya gambaran ngga kosong – kosong banget.

Modal Menengah

Modal menengah bisa dikatakan dibawah 100 juta, kalau dihitung memang banyak banget apalagi duit orang yang dihitung he... sedikit curhat. Tapi bro jika lo buka bengkel dengan sewa tempat 30 juta pertahun, duit segini cuman jadi bengkel yang biasa saja dan ngga terlalu beda banget dengan bengkel diatas. Karena apa biasanya bengkel dengan modal kecil didirikan oleh orang yang sudah faham tentang seluk beluk motor, sementara yang modal diatas 20 juta didirikan oleh orang yang baru masuk kedunia motor “ gua bukan ngejugde ya bro, hanya reset kecil – kecilan sendiri ”.

Tapi lain kasus jika lo sudah punya tempat dan punya duit 100 juta buat buka bengkel, nah ini akan jadi bengkel yang lumayan besar karena tidak ada biaya untuk sewa tempat dan duit untuk belanja spare part akan sangat banyak.

Sedangkan untuk kunci – kunci / hand tool bengkel menengah bisa menambahkannya atau mengkompliti kunci – kunci yang dipakai pada bengkel motor modal kecil. Tambahan kunci atau malah penggantian alat antara lain kompresor dari ¼ pk diperbesar ya minimal 2 pk sukur malah lebih besar.

Tambahan Kunci – kunci bengkel :

Impact kecil                               Rp 300.000,
Impact Besar                              Rp 900.000,
Avometer Sanwa                        Rp 500.000,
Ragum Sedang                           Rp 2.500.000,
Palu 5 Kg                                   Rp 150.000,
Scanner Honda                           Rp 2.000.000,
Scanner Yamaha                         Rp 2.000.000,
Pressure Guage                          Rp 1000.000,
Gerinda                                     Rp 850.000,
Bor Listrik                                  Rp 850.000,
Kunci Pas 30 / 32                       Rp 50.000,
Total                                         Rp 11.100.000,      



Link Terkait



Modal Besar

Nah yang modal besar ini biasanya akan menjadi bengkel resmi, paling tidak jumlah duit yang dimiliki kisaran ratusan juta. Karena apa untuk menebus 1 bike lift harus membayar 8 juta. Bayangkan kalau ada 4 bike lift berarti duit yang dipakai untuk naruh motor doang harus ditebus 32 juta. Belum taster dan hand tool, satu set hand tool dengan taster (tempat naruh kunci – kunci) berharga sekitar 10 juta, bagaimana bro geleng – geleng ngga he...

Tips Memulai Bisnis Bengkel Motor

Tekad yang bulat, kalau mau bikin usaha bengkel tapi ragu takut bangkrut atau gulung tikar mending ngga usah sekalian bro... Yang pasti jatuh bangun di kehidupan itu hal biasa, tapi pada intinya cepatlah bangun saat terjatuh dan jangan menyerah... yaelah udah kaya motovator saja gua he...

Pemilihan lokasi adalah hal utama, karena ini bisnis jualan part dan jasa perbaikan maka calon konsumen harus mengetahui dengan jelas dimana lokasi bengkel. Pilih dijalan raya yang sering dilewati oleh kendaraan bermotor, dan kendaraan yang lewat tidak  melaju dengan kencang. Maksudnya usahakan lokasi berada pada perempatan atau tikungan dengan lahan parkir yang memadai agar para pengendara memelankan laju kendaraannya.
Jam buka yang konsisten , walaupun disini lo adalah boss yang mengatur semua seluk beluk bengkel tapi sebisa mungkin tidak main – main dalam mengatur jam buka bengkel. Jangan senen kemis baru buka, jika sudah menyangkut bisnis profesionalisme adalah segalanya.

Ok bro itu tips seuprit dan sok keminter dari manuasi yang pernah gagal dan belum sukses kaya gue, jika bermanfaat ambil jika engga buang jauh – jauh. I hope you and me are lucky man’s, biar sekses semua he.... ngomong – ngomng ini sudah banyak banget yang gua tulis jadi akhir kata safety firts & keep riding no arogan salam satu aspal...

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Ada yang ketinggalan.biaya surat izin usaha,dan pembayaran pajak penghasilan tiap bulan

    BalasHapus