Standar Tengah Honda Beat Macet dan Patah, Ini Dia Cara Memeperbaikinya


Sejeworks – Selamat datang para bro semua, long time gua ngga nyapa kalian. Kali ini yang mau diomongin tentang standar dua atau standar tengah motor Honda Beat dari yang karburator, injeksi dan versi barunya ESP yang macet, bengkok dan harga komponen tersebut.

Masalah yang sering dihadapi pada motor Beat tersebut adalah standar tengah atau standar dua yang macet, hal ini sebenarnya tidak berpengaruh kebagian mesin ataupun kelistrikan. Tapi lebih berpengaruh ke kenyaman dan perawatan motor tersebut.


standar tengah motor beat



Contoh simpelnya saat motor beat mau service rutin, ganti ban depan, ban belakang, kanvas rem belakang, ganti komstir dan lain lainnya, cara pengerjaan dan waktu pengerjaan menjadi molor karena posisi standar dua yang seret. Selain itu standar tengah motor beat yang macet akan mengurangi rasa kenyamanan dalam berkendara, dari standar tengah yang menyentuh langsung ke jalan raya. Biar mempersingkat waktu langsung saja ya bro... check it dot....     

Cara Memperbaiki Standar Tengah Motor Beat

Memperbaiki standar tengah motor beat ada beberapa cara tergantung jenis kerusakannya mulai dari standar motor beat yang bengkok atau patah dan macet. Jika standar tengah dalam posisi patah maka bisa dilakukan pengelasan pada bagian yang patah tersebut atau mengganti baru. Tapi jika standar tengah macet maka cara pertama adalah mencopot as dan standar tengah tersebut, tapi harus hati – hati karena salah penanganan akan berakibat fatal. Fatal disini yang gua maksud, crank case (bak mesin) menjadi pecah karena as dan standar tengah  sudah lengket.

Jika standar tengah tersebut macet total maka jangan nekat untuk mencopotnya, paling tidak panasi dulu standar tengah tersebut agar karat yang menempel pada as dan standar tengah tersebut hilang. Setelah itu baru getok berkali – kali pada as standar tengah tersebut supaya copot, untuk lebih jelasnya gua kasih videonnya dibawah ini.

Cara Bongkar Standar Dua Beat

Langkah pertama lepas pengunci yang terletak pada as standar tengah posisinya dekat dengan tutup oli mesin.

Copot peer / pegas standar dua dengan memakai obeng plus (+) ukuran sedang, posisinya pada gambar berikut.



Standar Tengah Honda Beat Macet



Setelah peer terlepas, untuk Beat Karburator dan Beat FI lama lepaskan baud pengunci dengan memakai kunci T 10, sementara untuk Beat ESP tidak ada baud pengunci karena pengunci tersebut langsung ke crank case.

Langkah berikutnya getok as standar tengah dengan palu dan memakai as dengan ukuran yang sama, untuk mempermudah pengerjaan bisa dengan mencopot knalpot.

Cara Pemasangannya

Setiap cara pemasangan adalah kebalikan dari proses bongkar, jadi jangan sampai ketuker broo... langsung saja check it dot..

Langkah pertama pasang dahulu as dan standar tengah pada crank case, kemudian posisikan standartengah pada stoper pengunci jika itu beat esp atau vario 125 dan 150. Tapi untuk Beat karbu dan Beat FI lama berbeda karena stoper standar tengah berbentuk baud.

Setelah as dan standar tengah terpasang dengan benar pada posisi pengunci / stopper, maka langkah selanjutnya pasang peer / pegas standar tengah tersebut dengan memakai obeng plus (+) ukuran sedang.

Langkah terakhir pasang pengunci as yang berada dekat dengan tutup oli mesin.

Harga standar Tengah Honda Beat

Honda Beat sampai sekarang mempunyai 2 jenis standar tengah dengan kode part 50500-KZL-930 dan 50500-KVY-930. Kedua standar tengah ini hampir sama secara sekilas tapi et... tunggu dulu pada kode 50500-KVY-930 dan 50500-KZL-930 mempunyai letak perbedaan yaitu pada ketinggiannya. Jadi kalau salah pasang part akan mengakibatkan roda belakang kangsar (menyentuh tanah), untuk lebih jelasnya ini bro kode part dan harganya.

Kode Part                         Jenis Motor                      Harga

50500-KZL-930                Beat FI, Esp                     Rp 95.000,
50500-KVY-930               Beat Karbu                       Rp 105.000,
50500-KWN-930              Vario 125                         Rp 110.000,
50500-K59-930                Vario 150                         Rp 125.000,

Untuk as standar tengah bisa memakai part dengan kode 50503-KVY-900 dengan harga Rp 25.000, yang bisa dipakai untuk motor Honda Beat karbu, Beat FI, Beat ESP, Vario 110 karbu, Vario 110 FI, Vario 110 esp, Scoopy karbu, Scoopy FI, Scoopy eSP, Spacy karbu, Spacy FI, Vario 125 dan Vario 150.
Nah tidak ketinggalan gua kasih videonya bro... tapi jangan lupa subscribe ya... he... he...



Akhir kata dari gua safety first, keep riding no arogan dan salam satu aspal... wor.. wor...

Posting Komentar

0 Komentar