Yamaha RX King Klotok – Klotok Ini Penyebab dan Tanda -Tandanya

Sejeworks – Yamaha RX King motor 2 tak yang masih digendrungi oleh para biker, sang raja jalanan ini mempunyai mesin yang simpel seperti pada umumnya motor – motor 2 tak sehingga perawatannya lebih ringan dari motor 4 tak. Tapi soal power yang dihasilkan dari ruang bakar bakalan bikin iri para biker lain, jika mesin RX King mempunyai cc 135 tapi larinya bisa lebih dari 135 km.


piston yamaha rx king



Hal ini dipengaruhi dari bobot mesin yang ringan, siklus kerja ruang bakar yang lebih cepat dan body RX King yang ramping. Dari sekian banyak kelebihan motor RX King juga mempunyai banyak kekurangan mulai dari mesin yang cepet panas, bahan bakar yang boros dan harus sering kali mengecek oli samping saat berkendara. Jika sampai kehabisan oli samping maka akibatnya sangat fatal yaitu piston mbaret dan parahnya lagi bisa ngancing karena tidak ada pelumasan pada bagian piston dan stang piston.

Sedangkan oli mesin pada Yamaha RX King berfungsi untuk melumasi bagian kopling dan transmisi, sehingga takarannya oli mesin Yamaha RX King hanya 650 ml dan penggantian bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali. Jadi jangan disamakan dengan motor bebek 4 tak, yang pelumasanya membutuhkan 800 ml untuk melumasi mesin mulai dari transmisi, kopling, magnet, kruk as, noken as, rocker arm dan keteng.
Tapi ingat bro harus di cek kualitas oli mesin tersebut, jangan mentang – mentang penggantiannya lama jadi menyepelekannya. Kadang oli mesin tercampur dengan air yang akibatnya bisa membuat bearing dan daya gesek kopling menjadi tidak maksimal.  

Ciri - Ciri Ring Seher RX King Rusak


Tenaga Mesin Ngedrop

Penyebab mesin RX King kurang bertenaga karena adanya kebocoran kompresi sekunder, yaitu kompresi pada ruang bakar saat piston bergerak dari TMB menuju TMA. Fungsi dari Kompresi Sekunder untuk menekan dan memadatkan bahan bakar yang kemudian terbakar karena percikan api dari busi.

Pada motor 2 tak terdapat dua kompresi yaitu kompresi primer dan kompresi sekunder, sedangkan kompresi primer terjadi saat piston bergerak dari TMA menuju TMB. Fungsinya untuk memompa bahan bakar yang terdapat diruang karter (kruk as / crank shaft).

Kompresi Bocor / Lemah

Sebenarnya ini lanjutan tulisan diatas, tapi gua mencoba ngomong lebih jelas sejelas isi hatiku... wk... wk... becanda ya bro... jo spaneng (jangan terlalu serius).  Kompresi bocor banyak sekali penyebabnya mulai dari baut tusuk sate slek / dol, ring seher aus, boringan / silinder comp mbaret parah. Untuk ring seher dan silinder komp yang mbaret atau aus penyebabnya bisanya karena tidak adanya pelumasan pada crank shaft dan seher. Pelumasan pada dua komponen tersebut berasal dari oli samping atau bensin yang dicampur dengan oli mesin dengan takaran 1 liter bensin 3 tutup botol oli mesin baru (bensin campur tapi bukan campur dorong ya bro... he... he..).

Motor Susah Stasioner dan Susah Dihidupkan

Ciri yang lain pada Yamaha RX King yang ring sehernya aus adalah motor susah dihidupkan dan susah langsam atau stasioner. Jika dilihat memakai takometer posisi RPM motor RX King yang pistonnya aus tidak akan stabil, maksudnya jika RPM awal  1400 maka akan tiba – tiba naik 1600 RPM dan turun 900 RPM secara drastis. Kebanyakan para biker menyebutnya posisi langsam yang pincang atau naik turun tidak beraturan.

Blok Seher RX King Berisik

Mesin RX King bunyi klotok – klotok yang berada pada posisi silinder comp kemungkinan besar bisa berasal dari piston tersebut yang aus, tapi bisa juga berasal dari crank shaft yang oblak. Untuk membedakan suara piston aus dengan suara crank shaft yang oblak cukup sulit bro, lebih gampang langsung bongkar saja dan cek satu persatu.

Tapi untuk memperkirakannya bisa mendengarkan suara mesin RX King saat diblayer / dipanteng gasnya, jika suara berisik berasal dari piston perhatikan suara mesin saat posis turun gas. Saat turun gas piston yang aus akan bergerak mengekor / mbaling sehingga menimbulkan suara tok ... tok yang seolah tertinggal pada suara nglotok tersebut. Jeda suara tersebut terjadi hanya dalam hitungan detik, jadi perlu kuping yang sangat tanjam bingit dan terbiasa. Sementara tanda bearing kruk as rusak suara mesin tetep kasar saat posisi gas naik dan turun, tidak ada bunyi ngekor pada saat turun gas,. Selain itu bearing kruk as yang mulai oblak akan memberikan getaran yang berlebih pada mesin.

Biar lebih jelasnya ini bro, video jeroan mesin Yamaha RX King tapi tetep jangan lupa subscribe ya bro...




Akhir kata dari gua keep riding no arogan, hormati pejalan kaki dan slam satu aspal...

Posting Komentar

0 Komentar