Cek Manual Kerusakan Injector Sepeda Motor

Selamat siang, sore, malam, pagi, semua para pembaca budiman yang ngga mesti masih saudara apa ngga dengan budi he……  Untuk kali ini yang akan kita omongin menegenai kode kerusakan pada sepeda motor injeksi, dari yamaha, honda, suzuki dan Kawasaki, karena merk – merk tersebut biasa berseliweran di jalan raya.

 Ngomong – ngomong tentang kode kerusakan sudah pada tahu belum ?? kalau belum gua kasih tau sedkit, jadi begini setiap sepeda motor injeksi yang mengalami masalah dibagian pengkabutan / system injeksi secara otomatis sepeda motor tersebut akan memberkan kode kepada pengendaranya. Itu kalau orangnya peka ? he…. Kalau ngga ya cuman sebatas kode mungkin dikira kode genit kayaknya he…. He….

Sepeda motor injeksi, yang di klaim lebih ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar, jika ada kerusakan dapat di deteksi dengan cara manual. Cukup dengan melihat lampu mil ( malfunction indicator lamp) tapi untuk penyelesaian masalah / problem tersebut ya harus tetep bongkar dan pasang, karena kode mil dibuat untuk memudahkan diagnosa kerusakan system injeksi.





kode kerusakan motor injeksi



Sistem kerjanya saat ECM ( enggine control module) mendeteksi suatu masalah pada pada saat kunci kontak ON, posisi normal lampu mil (dilingkar merah gambar di bawah) akan menyala beberapa detik kemudian mati, berarti tidak ada masalah pada sisitem injeksi motor tersebut.

Tetapi kalo ECM mendeteksi masalah lampu mil akan berkedip kedip, nah setiap kedipan mempunyai nilai yang berbeda. Ada kedipan panjang dan kedipan pendek, berlangsung selama 0.3 detik nilai baca 1 (satu). Sedangkan untuk kedipan panjangberlangsung selama 1.3 detik, nilai baca 10 (sepuluh)





motor injeksi rusak


Kode Kerusakan Sepeda Motor Injeksi


Kode Kerusakan injeksi (Mil) Motor Honda :


1    Sensor MAP ( manifold absoute pressure).
7    Sensor ECT (enggine coolent temperature) / EOT ( enggine oil temperature).
8    Sensor TP (throtle position).
9    Sensor IAT (intake air temperature).
12  Sensor Injection.
21  Sensor O2.
29  Sensor IACV (Idle air control valve).
52  Sensor CKP (Crankshaft position).
54 Sensor BAS ( Bank Angle Sensor / sensor kemiringan.

Kode Kerusakan Injeksi (MIL) Motor Suzuki :


12 Sensor CKP
13 Sensor IAP.
14 Sensor TP.
15 Sensor ECT
21 Sensor IAT.
23 Sensor TO.
24 Igntion Coil.
32 Fuel Injection.
40 ISC Valve.
41 Fuel Pump
42 Ignition Switch.
44 Sensor HO2 .
60 Cooling Fan Relay

Kode Kerusakan Injeksi (MIL) Yamaha :


12 Sensor CKP.
13 Sensor Intake Air Pressure ( open / short circuit).
14 Sensor Intake Air Pressure.
15 Sensor Throttle Position / TP (open / short circuit).
16 Sensor Throttle Position / TP (macet / lengket).
19 Side Stand Switch, standar sampan patah atau lepas.
21 Sensor Coolant Temperature (open / short circuit).
22 Sensor Intake Air Temperature.
24 Sensor O2
30 Sensor Lean Angle (macet / rusak).
39 Injektor
42 Speed Sensor
44 pembacaan dan penulisan pada EPROM eror.
46 Suplay power ke system fuel injection tidak normal.
50 Kerusakan memory ECU.

Kode Kerusakan Injeksi (MIL) Motor Kawasaki :


11 Sensor main throttle tidak berfungsi.
12 Sensor tekanan udara inlet.
13 Sensor temperature udara inlet.
14 Sensor temperature air inlet.
21 Sensor CKP.
24 Sensor Kecepatan.
31 Sensor Vehicle Down tidak berfungsi.
32 Model TH atau EUR, Sensor subthrottle tidak berfungsi, model IN,actuator katub subthrottle       tidak berfungsi.
33 Sensor oksigen tidak aktif.
41 Sensor Injektor tidak berfungsi.
46 Relay bahan bakar tidak berfungsi.
51 Koil pengapian tidak berfungsi.
56 Relay kipas radiator tidak berfungsi.
62 model TH atau EUR, actuator katub subthrottle tidak berfungsi: model IN sensor subthrottle tidak berfungsi.
64 katup pengganti udara tidak berfungsi.
67 pemenas sensor oksigen tidak berfungsi.


Sekali lagi kode MIL untuk mempermudah proses diagnose kerusakan, untuk lebih akurat harus memakai scanner, ok bro sekian dulu untuk kode – kode an kali ini. Ojo lali safety first, keep riding no arogan berikut gua kasih contoh videonya ya walaupun gelap – gelapan, check it dot…