Sejeworks – Selamat datang para bro semua, dari mbak bro
dan mas bro.. lama gua ngga nyapa kalian semua he.... buat para pelanggan tetap,
gua ucapin terima kasih masih tetep keep riding no arogan. Dan buat pelanggan
baru, hormati pejalan kaki ya bro... kali ini yang mau diomongin tentang
kelistrikan motor dari pabrikan sayap mengepak yaitu Honda Gand, Supra 100, Astrea
Prima, Legenda, Supra Fit dan Revo 100. Et... dah... mantep bingit kan bro di
borong semua he.... he...
Sebelum kita ngomong lebih dalam tentang kelistrikan
motor – motor tersebut, gua mau minta tolong. Dari pada nyebar berita hoak yang
ngga ada habisnya dan tidak bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,
mending sebar artikel – artikel dari blog yang keren ini he..... he.... Motor
Grand dan temen – temennya memang sangatlah bandel untuk dipakai sehari – hari,
mau buat bawa galon, dagang somay atau untuk ngojek dan sampai buat jalan –
jalan sore he.... he... Lho kok gitu ?
Emang iya bro, karena saking banyaknya spesies motor –
motor ini dan umurnya yang sudah lumanyan ABG sekitaran 20 tahun he.... he....
Tapi para pemakainya cukup bervariatif mulai dari orang tua, kakek – kakek,
tante dan para anak muda yang terkena virus retro clasik. Karena sudah cukup
motor – motor tersebut sudah mengalami banyak perubahan dari jalur kabel, nah
untuk itu gua kasih sedikit bocoran kelistrikan motor Honda Grand, Honda Supra
100 dan Honda Revo 100.
Sistem Kelistrikan Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100
Kelistrikan motor Honda Grand, Honda Supra 100 dan Revo
100 menganut kelistrikan AC (alternative current) atau mengandalkan spul bukan
accu / aki. Dari sistem pengapian dan sistem penerangannya semuanya
mengandalkan spul magnet dan perputaran mesin, jadi semakin cepat perputaran
mesin semakin terang juga sinar lampu utama yang dihasilkan. Sementara sumber
pengapian (percikan api dari busi) juga mengandalkan spul pengapian, sehingga
jika tidak memakai accu atau jika accu ngedrop motor tetap bisa dihidupkan. Biar
ngga kelamaan ngalor ngidul jadi langsung saja check it dot bro...
Skema CDI Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100
Kabel Warna Hitam Strip Putih
Kabel warna hitam strip putih ini berasal dari kunci
kontak yang langsung masuk ke CDI atau ottak pengapian dari sepeda motor
tersebut.
Kabel Warna Hitam Strip Merah
Sedangkan kabel berwarna Hitam strip Merah berasal dari
spul pengapian yang menuju CDI (input CDI).
Kabel Hitam Strip Kuning
Nah untuk output CDI kabel ini berwarna Hitam Strip
Kuning, biasa dikatakan kabel yang menuju koil pengapian dan akhirnya masuk ke
busi.
Kabel Warna Biru Strip Putih
Kabel Biru strip Putih berasal dari Pulser, kalau ngga
tahu dimana posisi pulser gua kasih bocorannya he... Pulser biasanya satu paket
dengan spul motor, jadi pulser akan berdekatan dengan magnet. Nah biar lebih
jelasnya gua kasih artikel terkait ya bro....
Artikel terkait bro,
Kabel Warna Hijau
Kabel warna hijau pada sepeda motor Honda identik dengan
kabel masa (-) dan ini ngga perlu dijelasin lagi he...
Kabel Spul Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100
Kabel spul Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo
100 mempunyai beberapa warna yang berbeda dan berbeda pula fungsinya. Untuk
lebih jelasnya langsung saja check it dot ya bro...
Kabel Warna Putih
Berfungsi sebagai spul pengisian secara gampangnya untuk
mengisi arus listrik ke Accu / aki, agar tegangan battrey atau accu tetap
stabil saat dipakai untuk sistem beban. Kabel warna putih ini akan masuk
terlebih dahulu ke kiprok / rectifier yang kemudian akan dibatasi tegangannya
menjadi 14,50 sebelum masuk ke accu.
Kabel Warna Kuning
Berfungsi sebagai spul penerangan atau untuk suplay arus
listrik ke lampu utama yang melewati kiprok terlebih dahulu, setelah masuk
kedalam kiprok kabel warna kuning tersebut akan masuk ke saklar On / Off. Nah
kiprok ini berguna untuk merubah arus AC dari spul menjadi arus DC ke lampu
utama, disistem penerangan ini motor Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda
Revo 100 juga menganut sistem penerangan AC.
Kabel Warna Biru Strip Kuning
Kabel ini berfungsi sebagai pulser motor dari Honda
Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100, pada artikel sebelumnya gua pernah
ngomongin tentang pulser motor dari ciri kerusakannya, cara mengukurnya dan
fungsinya. Untuk lebih jelas check aja ya bro ... di artikel dibawah ini...
Kabel Warna Hitam Strip Merah
Kabel spul ini berfungsi sebagai spul pengapian atau
sumber pengapian yang dikeluarkan oleh busi, jika spul ini lemah atau rusak
maka sepeda motor tidak akan mengeluarkan api dari busi. Untuk motor – motor
jenis ini mempunyai tahanan spul pengapian berkisar 500 – 600 ohm, jika lebih
dari nilai tersebut maka dipastikan adanya kerusakan pada lilitan spul
tersebut.
Soket Kiprok Honda Grand, Honda Supra 100 dan Honda Revo 100
Secara tampilan antara Kiprok Honda Grand, Honda Supra
100 dan Honda Revo 100 dengan kiprok Honda Beat Karbu, Vario 110 Karbu, Honda
Revo 110 Karbu dan Honda Blade 110 hampir sama. Tapi perlu diingat ya bro
kiprok Honda Grand sama temen - temennya dan kiprok Honda Beat sama sohib –
sohibnya serupa tapi tak sama. Jika dipasang memang bisa tapi akan menimbulkan
masalah baru yaitu kabel body yang terbakar atau konsleting dan masih banyak lagi,
hal ini disebabkan karena berbedanya jalur soketan dan komponen kiprok
tersebut. Maka dari itu bro jika mau pasang kiprok baru cermati dengan baik kiprok
tersebut.
Kabel Warna Hijau
Seperti pada umumnya motor Honda, setiap kabel yang
berwarna Hijau adalah masa alias ground atau negative (-), jadi kabel ini tidak
mengalirkan arus listrik. Jika kabel tersebut mengalirkan arus listrik maka
kemungkinan besar terjadi konsleting atau korsleting listrik. Kabel ini akan
tersambung dengan sasis atau kerangka sepeda motor, itu sebabnya para biker
kadang menyebutnya kabel ground.
Kabel Warna Merah
Kabel ini berasal dari kabel kecil positif accu langsung
yang biasanya melewati Fuse / sekring (10 ampere) terlebih dahulu, sebelum
masuk ke kiprok. Fungsi kabel tersebut untuk mengalirkan arus listrik pengisian
yang berasal dari spul pengisian dan kemudian dirubah tegangannya dan
disalurkan oleh kiprok ke accu / battrey.
Kabel Warna Putih
Kabel ini berfungsi sebagai penyalur arus pengisian dari spul pengisian langsung
masuk ke kiprok, arus pengisian dari sepeda motor akan dibatasi oleh kiprok
sekitar 14,5 volt. Jika lebih dari dari 14,5 volt maka bisa dikatakan
overcharging / pengisian berlebih dan jika dipaksakan maka accu akan mledak dan
semua lampu juga akan mledak atau pecah. Apalagi jika sepeda motor digeber
dalam kecepatan tinggi maka arus listrik yang masuk bakalan lebih tinggi ke
sistem pengisian dan penerangan.
Kabel Warna Kuning
Kabel ini berasal dari spul penerangan yang menuju lampu
utama tapi akan terlebih dahulu melewati kiprok dan langsung menuju saklar
lampu On / Off. Saat lampu keadaan menyala tegangan listrik yang masuk ke
bohlam lampu berkisar 12 volt sampai 14 volt, tapi jika tegangan yang masuk ke
lampu utama berkisar 17 volt maka bisa dipastikan adanya kebocoran kiprok.
untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selesai ya bro, kalau mau comment di divideo saja bro.. biar balesnya gampang he..
untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini sampai selesai ya bro, kalau mau comment di divideo saja bro.. biar balesnya gampang he..
Honda Astrea grand setuap dimasukkan sekring langsung putus penyebab nya apa?
BalasHapusAda kabel positif yg menyentuh body atau ada kabel terkelupas didalem kabelnya sendiridan tembus ke kabel negatif
HapusKlo kabel kuning sepul di gabung dengan kabel putih pengisian . Apakah bisa jadi arus pengisian.?
BalasHapusBisa saja tapi lebih maximal kabel putih saja yg kuning di putus ajah..dan kabel kuning saklar lampu dpan ikutkan positif kontak
HapusAda kabel kuning striping merah itu apa bang
BalasHapusJenis motornya apa ? Itu kabel terletak di bagian mana ?
Hapuscara pasang kabel body buat grand gimna bro
BalasHapusCek aja gambar wiring honda di mbah google banyak skema nya
HapusCara meringkas kabel Supra x100 gmna??
BalasHapusTergantung kebutuhan assesorice apa aja yg dipasang nah intinya sih jgn di rubah selesai
HapusBang kalok lampu astrea legenda tiba tiba mati knp ya bang
Hapusbro kabel hitam strep merah dari spul tidak ada api, apa bisa di rubah jadi ac yang arusnya dari kiprok kabel warna merah, seperti motor dc
BalasHapusCek dan plajari dulu aturan main spul motornya klo masih sanggup di modif ya silahkan
HapusKalau spul supra x 125 d pasng pada motor astra grand bisa ngak broo
BalasHapusBisa, tp harus ubah jalur kabelnya mas..dan lebih baik pake bawaan supra x 125 atau GTR
Hapuskalo koil gk nempel bodi grond nya apa ngaruh ke brebet ya motor nya soal nya motor saya koil nya gak nempel bodi grond nya karna custum ,
BalasHapusKoil harus di sambungkan ke ground mas, krn kan ada kabel massa/ground nya di koilnya
HapusMohon bantuannya gan , ni motor kabel bodinya udah dibrondol , mau tanya cara melangsungkan kabel dr spul , cdi n koil tanpa pake kontak trus nyala gmn cara nyambungunnya ya ...
BalasHapusMohon dengan sangat penjelasannya gan 🙏🙏🙏
Motor supra fit new
Mohon bantuannya gan , ni motor kabel bodinya udah dibrondol , mau tanya cara melangsungkan kabel dr spul , cdi n koil tanpa pake kontak trus nyala gmn cara nyambungunnya ya ...
BalasHapusMohon dengan sangat penjelasannya gan 🙏🙏🙏
Motor supra fit new
Kurang paham saya mas, kalau saya tau sih saya jawab...
HapusMalam mas mau nanya...spull grand, saya pake utk motor saya GL100...saya beli ori di honda resmi kisaran 250rban...kan yg kita tau ada 6kabel yah dispullnya,
BalasHapus1. Hitam merah; pengapian
2. Kuning; penerangan
3. Putih; pengisian
4. Biru list kuning atau putih; pulser
5. (Tidak tersambung ke spull) hijau list merah dan pink.
Saya sudah nntn tuttorial di youtube, pasang tinggal pasang ke mtr GL100, hanya pake kabel kuning, hitam merah, dan putih. Kabel lainnya dicopot karna tdk berfungsi, kabel pulser pun saya copot krn saya pake pulser bawaan GL karna dudukan pulsernya yg beda...jd ketika saya pasang malah nggak ada apinya mas, sementara disini saya pasang kembali spull saya yg lama itu ada apinya..apa iya, spull honda grand tdk memiliki kabel hijau massa yg tersambung ke spull langsung? Krn spull GL saya yg sblmnya ada kabel hijau yg lgsg sambung ke spull, tp ketika saya pasang spull grand, hanya kabel hijau massa dari pulser yg tersambung ke socket...
Langkah baik yg saya harus lakukan supaya bisa digunakan spullnya apa yah mas supaya nyala dan apinya?
Saya ganti spull grand krn kata kbnykn orang bagus dan mau cari spull yg sama sudah susah ditemui yg ORI nya...
Mohon penjelasaannya mas. Akan sangat berharga jasa mas bila menjawab. Sehat selalu dan salam aspal klasik🙏🙏🙏🙏
emang gak ad kabel massanya mas klo spul grand..kabel massanya ambil dri pulser.,GL saya bisa hidup mas pakek spul grand
HapusKalo kabel warna pink pd rangkaian kabel honda legenda , berasal dari mana ? Dan utk apa ?
BalasHapusKalo merubah arus ac ke dc pada lampu kota astrea grand gimana ya mas??
BalasHapusMas mau tanya cdi cs1 sama gak sama cdi supra 100
BalasHapusSelamat malam, mau nanya . .
BalasHapusMotor astrea legenda saya pengapiannya kadang ada kadang ngga ada, tapi sekalinya ada
Apinya warna biru setelah disambung ke busi malah ga mau hidup motornya. Terkadang setelah disela terus menurus hidup kemudian hanya berselang 1 menit mati lagi dan susah lagi untuk dihidupkan. Busi saya baru padahal.
Aliran listrik kabel dari pulser yang terhubung ke cdi warna biru kuning tidak ada aliran listriknya. Mohon solusi gan.
Ini ada motor Astrea baru di belikan soul satu set malah gak keluar api di busi nya bang ,padahal rangkaian nya sudah bener semua , permasalahannya ini kalau di tempel kabel ground warna ijo ke bodi Nda ada listrik dari soul ,tapi kalo di lepas itu ground ,ada aja itu keluar api nya .mohon pencerahannya
BalasHapusSpul maksud nya
Hapustanya mas..honda fit new, mesin hidup, aki sudah d lepas, awalnya lampu hidup walau redup..tp kok skarang pada mati...bohlam tidak putus...kenapa ya mas
BalasHapusMau nanya gan , kenapa ya sepeda honda grand ku setiap kali di riting kanan / kiri kok mesin nya langsung mati , tapi klu riting nya di off kan sepedanya bisa dihidupkan kembali , kira2 apanya ya gan....🙏🙏🙏
BalasHapusCara merubah kabel bodi supra dipasangkan pada kaisar vartex z
BalasHapusYang bikin gambar ajj udah salah.. Susunan jalur kabel ajj udah salah.
BalasHapusApa soket kiprok ac dan dc, sama2 berwarna hijau om...
BalasHapusMas saya punya revo lama 2006 lampu
BalasHapusLED.tpi kelistrikan aki selalu tekor dari lampu sen lmpu rem sampe ke stater pun jalurnya ke aki..mohon dong mas gmna solusi nya agar aki ndak tekor terus..
liat di youtube warna merah ko ground ya,
BalasHapuskalo Supra 100 CDI baru tapi gak ada listrik \ percikan apinya itu yg bermasalah apanya ya mas
BalasHapusAss..mas..saya mau pasang relay buat lampu utama.tolong dong kasih tau skema jalur kabelnya biar relay nya berfungsi untuk lampu dekat dan lampu jauhnya.
BalasHapustrimakasih mas..
Oh iya mas lupa kasih tau
BalasHapusmotor saya honda astrea legenda
Kabel warna kuning tidak ada arus listrik apa solusinya
BalasHapussalam bos numlang tanya motor supra 125 pengapian oke bahan bakar lancar tapi tetap saja gak nyala pdhl di tes busi api slalu ada apa ya pnybab nya
BalasHapusSupra lama pake kiprok tiger tanpa fullwave apakah bisa ?
BalasHapusmao tanya bang motor saya gl pro cdi pake grand. masalahnya jika kabel ground di tempel ke body motor dan di pasang baut lalu di kencangkan tidak mengeluarkan api tetapi jika cuma sekedar saya tempel pakai tangan ke baut/besi ada apinya kira kira masalah nya apa ya bang?
BalasHapusmotor saya supra fit,saat iddle kalo lampu utama di hidupkan rpm drop trus mesin mati, kira kira kerusakannya apa ya mas...
BalasHapusMaster berapa volt setrum yg keluar dari spul supra ke CDI🙏
BalasHapusSupra Fit New kelistrikan normal kadang seperti tidak pakai aki. Penyebabnya apa ya? Kondisi aki sehat
BalasHapusSupra 100 resistansi spull kurang lebih pada angka 400, apa masih normal gan? Soalnya sdh diganti karburator masih juga brebet pada rpm rendah maupun tinggi.
BalasHapus