Alternator / spul bahasa kerennya, berupa lilitan kawat yang
pasti bersebelahan dengan magnet sepeda motor, berfungsi untuk menghasilkan
arus entah buat penerang, pengisian, pengapian atau sebagai sensor untuk membeca posisi cranksaft.
Jika mengalami kerusakan akan merembet kekomponen lain terutama performa motor
yang biasanya starter langsung greng akhirnya perlu kick starter / engkol sampai
keluar keringat segede jagung dan mantepnya lagi sampai pakai bensin campur…. Ya
campur dorong maksudnya... he…..
Ini contoh gambarnya spul Jupiter mx , masih ok…
Beberapa kerusakan pada spull sepeda motor :
Spul pengisian
Pada umumnya kabel berwarna putih, kalau spul
ini rusak atau terbakar maka pengaruhnya aki akan ngedrop sampai habis 2 -3
kali, bahkan kalau ganti kiprok pun akan tetap sama Karena problemnya ada pada
lilitan spul. Cara mengeceknya bisa dilihat kondisi fisik biasanya terbakar,
atau lilitan kawat putus, untuk pengecekan secara akurat tanpa bongkar – bongkar
pakai avometer.
Seting di ohm/ hambatan kondisi dingin suhu mesin sekitar 20 derajat, hubungkan soket marah avo dengan kabel putih spul dan soket hitam avo dengan kabel hitam maka akan terbaca 0,2 – 1,0 ohm, jika lebih dari 1,0 ohm maka dianjurkan ganti / kalau mau dililit ulang tapi tidak dianjurkan karena resiko tanggung pemakai.
Seting di ohm/ hambatan kondisi dingin suhu mesin sekitar 20 derajat, hubungkan soket marah avo dengan kabel putih spul dan soket hitam avo dengan kabel hitam maka akan terbaca 0,2 – 1,0 ohm, jika lebih dari 1,0 ohm maka dianjurkan ganti / kalau mau dililit ulang tapi tidak dianjurkan karena resiko tanggung pemakai.
Spul penerangan
Kerusakan ekstrimnya lampu depan / lampu utama tidak menyala
atau lampu sudah mulai redup, faktornya sama
dengan spul pengisian dari lilitan putus atau terbakar, cara pengecekannya
dengan visual atau diukur dengan avometer suhu mesin 20 derajat kondisi dingin
agar akurat.
Karena yang jadi contoh Jupiter mx maka warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah kemudian kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer warna hitam, sebelumnya seting avometer di ohm / hambatan , tahanan akuratnya 0,2 -1,0 ohm lebih dari spesifikasi dianjurkan penggantian.
Karena yang jadi contoh Jupiter mx maka warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah kemudian kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer warna hitam, sebelumnya seting avometer di ohm / hambatan , tahanan akuratnya 0,2 -1,0 ohm lebih dari spesifikasi dianjurkan penggantian.
Artikel Terkait
Cara Mengecek Kerusakan Pada Sepeda Motor Injeksi
Tips Agar Pompa Bahan Bakar Awet
5 Penyebab Rem Sepeda Motor Blong atau Nggak Pakam
Pulser
Ini susah – susah sedap, karena biasanya motor susah
hidupnya kalau mesin masih dingin tapi kalau sudah panas gampang hidupnya, cara
pengecekannya ngga bisa di plototin doang / dilihat, mesti diukur pakai avometer.
Dengan suhu biasa 20 derajat / keadaan mesin dingin seting avo di ohm tahanan yang diperoleh 250 – 380 ohm .
Biar ada sedikit gambaran ini gua kasih video terkait ya bro... tapi jangan lupa subscribe, ya itung - itung lo bantu gua biar tetep eksis di blog yang peling keren menurut emak gua ha... ha...