Spul Motor Lemah dan Cara Mengeceknya

Alternator / spul bahasa kerennya, berupa lilitan kawat yang pasti bersebelahan dengan magnet sepeda motor, berfungsi untuk menghasilkan arus entah buat penerang, pengisian, pengapian atau  sebagai sensor untuk membeca posisi cranksaft. Jika mengalami kerusakan akan merembet kekomponen lain terutama performa motor yang biasanya starter langsung greng akhirnya perlu kick starter / engkol sampai keluar keringat segede jagung dan mantepnya lagi sampai pakai bensin campur…. Ya campur dorong maksudnya... he…..

Ini contoh gambarnya spul Jupiter mx , masih ok…



Beberapa kerusakan pada spull sepeda motor :

Spul pengisian 

Pada umumnya kabel berwarna putih, kalau spul ini rusak atau terbakar maka pengaruhnya aki akan ngedrop sampai habis 2 -3 kali, bahkan kalau ganti kiprok pun akan tetap sama Karena problemnya ada pada lilitan spul. Cara mengeceknya bisa dilihat kondisi fisik biasanya terbakar, atau lilitan kawat putus, untuk pengecekan secara akurat tanpa bongkar – bongkar pakai avometer.

Seting di ohm/ hambatan kondisi dingin suhu mesin sekitar 20 derajat, hubungkan soket marah avo dengan kabel putih spul dan soket hitam avo dengan kabel hitam maka akan terbaca 0,2 – 1,0 ohm, jika lebih dari 1,0 ohm maka dianjurkan ganti / kalau mau dililit ulang tapi tidak dianjurkan karena resiko tanggung pemakai.

spul jupiter mx


Spul penerangan

Kerusakan ekstrimnya lampu depan / lampu utama tidak menyala atau lampu sudah mulai redup, faktornya  sama dengan spul pengisian dari lilitan putus atau terbakar, cara pengecekannya dengan visual atau diukur dengan avometer suhu mesin 20 derajat kondisi dingin agar akurat.

Karena yang jadi contoh Jupiter mx maka warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah kemudian kabel hitam spul di hubungkan dengan soket avometer  warna hitam, sebelumnya seting avometer di ohm / hambatan , tahanan akuratnya 0,2 -1,0 ohm lebih dari spesifikasi dianjurkan penggantian.
Contoh sepul yang terbakar

yamaha jupiter mx


Pulser

Ini susah – susah sedap, karena biasanya motor susah hidupnya kalau mesin masih dingin tapi kalau sudah panas gampang hidupnya, cara pengecekannya ngga bisa di plototin doang / dilihat, mesti diukur pakai avometer. Dengan suhu biasa 20 derajat / keadaan mesin dingin seting avo di ohm  tahanan yang diperoleh 250 – 380 ohm .

cek spul memakai avometer




Biar ada sedikit gambaran ini gua kasih video terkait ya bro... tapi jangan lupa subscribe, ya itung - itung lo bantu gua biar tetep eksis di blog yang peling keren menurut emak gua ha... ha...




Ok bro gambar diatas untuk motor jupite mx dari old dan new, sekian dulu ya… Don’t you forget, safety first, salam satu aspal no arogan. Chek it dotnya lagi ngga ada he…