Ini lho, Takaran Oli Shock Depan Sepeda Motor

Selamat Pagi para bro semua dari mas bro dan mba bro, dan buat para bro yang baru nyasar di blog ini gara – gara bingung dengan takaran oli shocknya, berarti ngga nyesel nyasar disini he… he… semuanya akan di kupas setajam silet baru beli ha…. ha…

Ok langsung saja bro biar ngga kesuen (kelamaan), postingan kali ini mau membahas tentang ukuran oli shock depan, shock belakang dikesampingkan dulu ya bro... Oli shock berfungsi untuk melumasi shockbreaker, agar membantu pegas / per shock meredam guncangan yang disebabkan karena medan jalan yang terjal. Disamping itu oli shock juga harus mempunyai syarat atau sifat khusus untuk menjaga kinerja shockbreaker agar tetap optimal.


oli shock motor



Syarat atau Sifat Oli Shock

Anti Karat : oli shock harus mempunyai zat anti karat.

Anti Panas : gesekan komponen  part dari shock depan yang diakibatkan karena adanya benturan dengan medan jalan yang terjal akan mengakibatkan panas pada komponen / part tersebut, maka oli shock harus bisa menurunkan suhu panas tersebut.

Kekentalan / viscositas : hal ini mempengaruhi gaya pegas (lenting pulih) dari per shock.

Pelumasan : oli shock harus bisa melumasi part – part dari shock depan agar, umur pakai dan kinerja pert tersebut menjadi maksimal.

Jadi dari keterangan diatas oli shock berupa cairan khusus yang memang dibuat untuk memaksimalkan kinerja shockbreaker, dan mempunyai karakter yang berbeda dengan oli mesin dan oli gardan apalagi minyak goreng. Lho…. Kok minyak goreng, memang ada sebagian modifikator yang menggunakan minyak goreng sebagai pengganti oli shock. Itu sih sah – sah saja dan ngga ada yang melarang tapi takutnya ada pindang atau ceker ayam yang tertinggal diminyak goreng tersebut… he….

Volume atau Takaran Oli Shock Depan

Berikut takaran oli shock depan dari beberapa pabrikan sepeda motor yang biasa berseliweran dijalanan, untuk kenyaman yang suspensi yang dihasilkan usahakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Batas ketelitian atau kesalahan +/- 3 ml, tapi lebih baik diisi lebih atau pas sesuai takaran  jangan dikurangi, langsung aja bro chek it dot….
 

Takaran Oli Shok Depan Motor Honda :

Astrea Grand          52 ml
Legenda / Impresa  52 ml
Beat Karbu              76 ml
Beat FI lama           65 ml
Beat Esp / Pop        62 ml          
Cs1                        54,5 ml
CB150R lama          178 ml
CB150R led            177 ml
CBR150R Thailand   221 ml        
CBR150R local        197 ml
CBR250R Thailand   331 ml
CBR250RR    kanan 368 ml
CRF 150L      kanan 337 ml
Karisma                  68 ml
Kirana                    70 ml
Supra X / Fit           64 ml
Supra X 125 /  Fit S 72 ml
Supra X Helm In      62 ml
Scoopy Karbu          67 ml
Scoopy FI               62 ml
Scoopy ESP            62 ml
SH150i                   100 ml
Spacy Karb             58 ml
Spacy FI                 59 ml
Sonic                     89 ml          
Revo 100               72 ml
Revo / Blade 110     65,5 ml
Revo FI                  62 ml
Vario 110 karbu      75 ml
Vario 110 FI           62 ml
Vario 110 ESP         62 ml
Vario 125 lama       62 ml
Vario Led 125, 150  62 ml
PCX 150                 116 ml
Gl 100 / 125           80 ml
Gl Max / Megapro    159 ml
Mega pro primus     159 ml
Megapro New         163 ml
Tiger                      126 ml
Tiger New              135 ml
Win 100                 81 ml
Verza                     159 ml

Takaran Oli Shock Yamaha :


Mio Lama               53 ml
Mio Soul                 53 ml
Mio Smille              60 ml
Mio J                     60 ml
Mio GT                   60 ml
Soul GT                  60 ml
GT 125                  60 ml
Fino                       62 ml
Force 1                  66 ml
Nouvo                    63 ml
Vega R                   62 ml
Vega ZR                 67 ml
Jupiter Z                61 ml
Jupiter MX              64 ml
Vixion                   230 ml
Scorpio                  244 ml
RX king                  177 ml
Byson                    487 ml
R 15                      244 ml
R 25                      487 ml

Ukuran Oli Shock Depan Motor Suzuki :


Spin                       55 ml                    
Skywave                 53 ml
Skydrive                 53 ml
Shogun 125            60 ml
Shogun 125 New     51 ml
Smash                    51 ml
Smash New            69 ml
Satra R 120            51,5 ml
Satria F                  103,5 ml
Thunder 125           150 ml
Thunder 250           396 ml
FXR 150 R              219 ml
RGR 150 R             175 ml
TS 125                   125 ml

Ukuran Oli Shock Depan Kawasaki

Ninja 250               310 ml
Blitz                       52,7 ml
Kaze                      52,3 ml
Kaze R                   64 ml
Ninja KR 150 M       220 ml
Ninja KR 150 L        235 ml
KLX 250                 530 ml
KLX 150                 225 ml


Kapan Melakukan Penggantian Oli Shock :

Saat terjadi kebocoran / rembesaan oli pada shock depan, karena sil shock yang rusak atau aus. Ini bro link terkait…

http://www.sejeworks.id/2017/04/shock-depan-motor.html


Penggantian rutin per km 24.000, walaupun tidak adanya kebocoran oli pada shock depan.

Ini bro, videonya chek it dot….






Udahan dulu ya bro, jangan lupa safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal…