Selamat Pagi para bro
semua dari mas bro dan mba bro, dan buat para bro yang baru nyasar di blog ini
gara – gara bingung dengan takaran oli shocknya, berarti ngga nyesel nyasar
disini he… he… semuanya akan di kupas setajam silet baru beli ha…. ha…
Ok langsung saja bro
biar ngga kesuen (kelamaan), postingan kali ini mau membahas tentang ukuran oli
shock depan, shock belakang dikesampingkan dulu ya bro... Oli shock berfungsi
untuk melumasi shockbreaker, agar membantu pegas / per shock meredam guncangan
yang disebabkan karena medan jalan yang terjal. Disamping itu oli shock juga
harus mempunyai syarat atau sifat khusus untuk menjaga kinerja shockbreaker
agar tetap optimal.
Syarat atau Sifat Oli Shock
Anti Karat : oli shock
harus mempunyai zat anti karat.
Anti Panas : gesekan komponen part dari shock depan yang diakibatkan karena
adanya benturan dengan medan jalan yang terjal akan mengakibatkan panas pada
komponen / part tersebut, maka oli shock harus bisa menurunkan suhu panas
tersebut.
Kekentalan / viscositas
: hal ini mempengaruhi gaya pegas (lenting pulih) dari per shock.
Pelumasan : oli shock
harus bisa melumasi part – part dari shock depan agar, umur pakai dan kinerja
pert tersebut menjadi maksimal.
Jadi dari keterangan
diatas oli shock berupa cairan khusus yang memang dibuat untuk memaksimalkan
kinerja shockbreaker, dan mempunyai karakter yang berbeda dengan oli mesin dan
oli gardan apalagi minyak goreng. Lho…. Kok minyak goreng, memang ada sebagian
modifikator yang menggunakan minyak goreng sebagai pengganti oli shock. Itu sih
sah – sah saja dan ngga ada yang melarang tapi takutnya ada pindang atau ceker
ayam yang tertinggal diminyak goreng tersebut… he….
Volume atau Takaran Oli Shock Depan
Berikut takaran oli
shock depan dari beberapa pabrikan sepeda motor yang biasa berseliweran
dijalanan, untuk kenyaman yang suspensi yang dihasilkan usahakan sesuai dengan
takaran yang dianjurkan. Batas ketelitian atau kesalahan +/- 3 ml, tapi lebih
baik diisi lebih atau pas sesuai takaran
jangan dikurangi, langsung aja bro chek it dot….
Takaran Oli Shok Depan Motor Honda :
Astrea Grand 52 ml
Legenda / Impresa 52 ml
Beat Karbu 76 ml
Beat FI lama 65 ml
Beat Esp / Pop 62 ml
Cs1 54,5 ml
CB150R lama 178 ml
CB150R led 177 ml
CBR150R Thailand 221 ml
CBR150R local 197 ml
CBR250R Thailand 331 ml
CBR250RR kanan 368
ml
CRF 150L kanan 337
ml
Karisma 68 ml
Kirana 70 ml
Supra X / Fit 64 ml
Supra X 125 / Fit
S 72 ml
Supra X Helm In 62 ml
Scoopy Karbu 67 ml
Scoopy FI 62 ml
Scoopy ESP 62 ml
SH150i 100 ml
Spacy Karb 58 ml
Spacy FI 59 ml
Sonic 89 ml
Revo 100 72 ml
Revo / Blade 110 65,5 ml
Revo FI 62 ml
Vario 110 karbu 75 ml
Vario 110 FI 62 ml
Vario 110 ESP 62 ml
Vario 125 lama 62 ml
Vario Led 125, 150 62 ml
PCX 150 116 ml
Gl 100 / 125 80 ml
Gl Max / Megapro 159 ml
Mega pro primus 159 ml
Megapro New 163 ml
Tiger 126 ml
Tiger New 135 ml
Win 100 81 ml
Verza 159 ml
Takaran Oli Shock Yamaha :
Mio Lama 53
ml
Mio Soul 53
ml
Mio Smille 60
ml
Mio J 60
ml
Mio GT 60
ml
Soul GT 60
ml
GT 125 60
ml
Fino 62
ml
Force 1 66
ml
Nouvo 63
ml
Vega R 62
ml
Vega ZR 67
ml
Jupiter Z 61
ml
Jupiter MX 64
ml
Vixion 230 ml
Scorpio 244
ml
RX king 177
ml
Byson 487
ml
R 15 244
ml
R 25 487
ml
Ukuran Oli Shock Depan Motor Suzuki :
Spin 55
ml
Skywave 53
ml
Skydrive 53
ml
Shogun 125 60
ml
Shogun 125 New 51
ml
Smash 51
ml
Smash New 69
ml
Satra R 120 51,5
ml
Satria F 103,5
ml
Thunder 125 150
ml
Thunder 250 396
ml
FXR 150 R 219
ml
RGR 150 R 175
ml
TS 125 125
ml
Ukuran Oli Shock Depan Kawasaki
Ninja 250 310
ml
Blitz 52,7
ml
Kaze 52,3
ml
Kaze R 64
ml
Ninja KR 150 M 220
ml
Ninja KR 150 L 235
ml
KLX 250 530
ml
KLX 150 225
ml
Kapan Melakukan Penggantian Oli Shock :
Saat terjadi kebocoran / rembesaan oli pada shock depan,
karena sil shock yang rusak atau aus. Ini bro link terkait…
http://www.sejeworks.id/2017/04/shock-depan-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/04/shock-depan-motor.html
Penggantian rutin per km 24.000, walaupun tidak adanya
kebocoran oli pada shock depan.
Ini bro, videonya chek it dot….
Udahan dulu ya bro, jangan lupa safety first, keep
riding no arogan, salam satu aspal…