Diagram Kelistrikan Honda Vario 110 Karbu Lama yang Mati Total

Sejeworks – Salam oprex dan salam satu asphal, para bikers yang budiman sebelum kita ngerumpi bareng masalah pada motor Honda Vario 110 karbu lama alangkah baiknya pada subscribe di channel gua. Dan jangan lupa pada follow IG “ asphal team “ tujuannya apa ? supaya blog dan channel ini tetap bisa bertahan dari gempuran para asing, aseng dan asong he... he...


kelistrikan vario 110



Ok bro langsung saja ke pokok dari masalah ya, sorry buat pembukaannya yang absurd dan ngga jelas itu. Honda Vario 110 karbu dikeluarkan oleh AHM (Astra Honda Motor) sekitar tahun 2006, tujuannya untuk menyaingi kesuksesan kompetitornya dari pabrikan sebelah. Dan memang pada jamannya Honda ini termasuk istimewa karena motor matic yang memakai sistem pendingin liquid atau radiator. Selain itu sistem kelistrikan motor ini juga lebih rumit jika dibandingkan dengan motor karburator pada jamannya. Ada beberapa tambahan sensor pada motor karburator ini seperti sensor suhu dan choke otomatis.
Sensor suhu terletak disekitar cylinnder comp bagian kanan berdekatan dengan radiator, sementara choke otomatis terletak disekitar karburator. Kedua part ini sangat berpengaruh pada performa motor Honda Vario 110 karbu, contohnya jika choke otomatis rusak maka langsam / stasioner motor akan terganggu.

Kelistrikan Honda Vario 110 Karbu

Sebelum kita ngomongg serius dan untuk menghindari salah pengertian gua sarankan baca semuanya sampai selesai ya bro, pada sepeda motor sering kali bikers nyebutin ini arusnya AC apa DC. Pertanyaan seperti itu yang bikin bundet ? kenapa ? karena yang jadi pertanyaan itu sistem pengapian atau sistem penerangan ? nah lho ...

Kalau ngomong “ pengapian ” berarti ngomong api dari busi, koil, CDI dan pulser, selain itu masalah yang sering dihadapi biasanya motornya mogok. Berbeda kalau ngomongin “ penerangan “ karena yang diomongin itu lampu depan kurang terang dan kemungkinan besar lo mau pasang lampu LED atau variasi lainnya. Sampai sini ada gambaran bro ? yang dipertanyakan pengapian atau penerangan ? tapi karena gua baik hati, tidak sombong, suka menabung jadi gua akan bahas semuanya. Dan gua minta tolong sama lo bro, jangan lupa subscribe channel gua supaya blog dan channel yang sangat cukup berfaedah ini bisa tetap bertahan dari gempuran para asing, asong dan aseng he... he..

Pengapian Honda Vario 110 Lama AC atau DC

Apa pengapian Honda Vario 110 karburator lama ? Ini yang sering kali dipertanyakan oleh para bikers Honda Vario 110 karburator. Pengapian pada motor ini sudah DC (direct current) atau arus searah, maksudnya jenis arus listrik ini akan terus menerus mengalir ke satu arah, nilai arusnya bisa tetap atau berubah tapi arah dari tujuan arus ini tidak pernah berubah. Dan sumber pada arus ini adalah batrey alias accu atau lebih dikenal aki, tapi bukan aki – aki ya bro.. 

Jadi kalau aki Honda Vario 110 karbu ngedrop atau soak maka akan berdampak pada pengapian motor tersebut, jika aki Vario masih mempunyai tegangan 10 volt akan berasa pada elektrik starter yang tidak berfungsi. Saat tegangan aki Vario berkisar antara 5 – 4 volt maka motor Vario akan mati total, mulai dari sistem beban (klakson, lampu sen, lampu rem, lampu senja) tidak berfungsi dan tidak ada api yang dipercikan dari busi, koil dan CDI.
Setelah mengetahui betapa pentingnya aki bagi motor dengan pengapian DC, jadi jangan biarkan berlama – lama aki motor ngedrop atau soak. Tanda – tanda aki motor ngedrop bisa diprediksi mulai dari tegangan aki yang lemah, suara klakson yang pelan, nyala lampu sen yang redup dan elektrik starter yang tidak berfungsi. Tapi saat mengganti aki dengan aki baru lakukan juga pengecekan arus pengisian, tujuannya untuk mendeteksi sistem pengisian yang bagus atau malah jelek.



diagram kelistrikan vario



Jika sistem pengisianya jelek maka kemungkinan besar aki tidak akan bertahan lama, paling hanya bertahan 1 bulan bahkan bisa 1 minggu. Dan berarti ada komponen pengisian yang rusak, bisa kiprok atau spul pengisiannya dan bisa juga kedua part tersebut rusak.

Letak Kiprok Honda Vario 110 Karbu Lama

Posisi kiprok Honda Vario 110 karbu dari body techno dan CW terletak dibawah stang kemudi, tepatnya berdekatan dengan aki. Untuk mengganti kiprok Honda Vario 110 karbu harus membuka cover depan dan mencopot plat nomor. Kunci yang dibutuhkan adalah T10, obeng plus dan pas 10. Saat mengganti kiprok usahakan ganti dengan barang original / asli bukan merk kw, selain itu pilih juga kiprok untuk motor Honda Vario 110 karbu atau beat karbu dengan kode KVB. Dan jika sudah nyari keliling ngga nemu bisa memakai kiprok Honda Revo 110 absolute atau Blade 110 dengan kode KWB. Tapi jangan pernah memakai kiprok Honda Supra 100, Grand, Supra Fit, Revo 100 dan sejenisnya, yang memakai kode part KTM.    

Penerangan Honda Vario 110 Lama AC atau DC

Bicara penerangan berarti fokus kita disini lampu utama dan kemungkinan besar lo mau pasang lampu LED atau lampu – lampu variasi lainnya. Kebetulan penerangan Honda Vario 110 karbu masih AC (alternating current) atau jenis aris listrik yang alirannya terus menerus bolak – balik. Dan sumber tenaga dari sistem penerangan Honda Vario 110 karbu lama adalah spul penerangan dengan warna kabel kuning.

Hal ini yang membuat cahaya lampu sangat terpengaruh oleh kecepatan sepeda motor, jadi kalau motor dalam RPM bawah cahaya lampu tidak begitu terang. Tapi kalau motor dalam RPM tinggi maka nyala lampu akan lebih terang, ya walaupun ngga seterang Honda Vario 125 dan 150 LED. Masalah yang sering dikeluhkan pada Honda Vario 110 karbu lama, yaitu bikersnya ngga puas dengan lampu utamanya yang masih memakai bohlam pijar biasa. Dan agak sirik ke adik – adiknya yaitu Vario 110, 125 dan 150 LED he... he...

Jika lo mau pasang lampu LED pada Honda Vario 110 karbu sebaiknya pasang juga volt meter, agar tegangan dari accu dapat dipantau. Usahakan sistem pengisian dan sistem penerangan bekerja secara maksimal, ngga ada aki ngedrop, kiprok rusak dan spul yang lemah.  

Warna Kabel Spul Honda Vario 110

Spul Honda Vario berada dibalik magnet, jika mau mengganti atau memperbaiki spul harus membongkar radiatordan kipas radiator. Warna spul Honda Vario terdiri dari 3 warna , dimana putih sebagai sumber pengisian, kuning sumber penerangan dan biru / kuning sebagai pulser. Masalah yang sering terjadi pada spul Honda Vario 110 yaitu kabel warna putih dan kuning sering konslet ke crank case / bak mesin, sehingga sistem penerangan dan pengisian motor Honda Vario 110 bermasalah.

Untuk lebih jelasnya tonton video berikut ini ya bro, tapi jangan lupa subscribe dulu ya bro.




Akhir kata dari gua tetep keep riding no arogan, hormati para pejalan kaki, salam oprex dan salam satu asphal.

Posting Komentar

27 Komentar

  1. MANTAP penjelasannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Punya saya jika umur hampir 1 tahun pasti kiprok diganti,
    Gejalanya pasti klistrikan mulai melemah dari starter ,lampu depan, lampu sen hingga klakson tau" mesin mati gak mau jalan.
    Awalnya saya kira akinya sdh soak/ sdh lama, tp gigiliran diganti aki yg baru belum seminggu sdh kaya gitu lagi mesin sampe mati, pas di cek kiproknya yg saya ganti dan aki cukup di ces ssh normal lagi.

    BalasHapus
  3. Kontak on kok setater nya hidup terus apnya ya minta solusi nya

    BalasHapus
  4. Banh maap gw dah cek semua mash normal cuma gk ada keluaran api

    Trus udh gw bongkar juga tu spulny malah ancur selang.a wkwkw sue emang ..

    Gmna bang saran.a

    BalasHapus
  5. Mantapp om.. hatur nuhun ilmunya...

    BalasHapus
  6. Mantap bro..terima kasih banyak infonya

    BalasHapus
  7. Bro, tiba" Lagu jalan mati total, ga ada api dari busi,
    No kunci kontak, aki
    Kira" Apanya nya ya bro?

    BalasHapus
  8. Selamat pagi, suhu mau tanya motor sy vario tehkno karbu 110 cc akinya ngedrop wae, kiprok dh di ganti tapi aki ngedrop lg kira2 apa penyebabnya ,( 2x ganti aki)

    BalasHapus
  9. selamat soree bang, mau tanya dong.. motor Vario Cw 110 saya lampu rem belakang nya mati yg saat on trus.. tapi klo di switch rem depan belakang nya jalan.. itu apa yg putus ya bang. cara mengatasi lampu rem belakang mati, saat dinyalakan? makasih bang

    BalasHapus
  10. Bang minta bantuannya , Vario karbu saya kelakson nya hidup aki baru kiprok baru , tp lampunya redup banget bang cuma nyala sedikit doang ga terang kira" apa yg perlu di perbaiki terimakasih bang , semoga sukses amiin

    BalasHapus
  11. Terima kasih infonya....top bgt dah

    BalasHapus
  12. Kontak on starter sendiri, mesin on msh cetak cetek, alhasil swicth starter dilepas. (Stater pakai engkol). Dan langsam tdk bisa stabil. Setelah ganti spul dan aki,sampai motor skg mati total. Dan ganti cdi(oem), aki dan switch starter baru. Kontak starter msh error, dan langsam msh tdk bisa stabil.masalah dimana nya lagi ya,, tolong pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah cek ke bendik stater blm kalo bendik masih bagus berarti areng staternya musti di lem biru

      Hapus
  13. Kontak on starter sendiri, mesin on msh cetak cetek, alhasil swicth starter dilepas. (Stater pakai engkol). Dan langsam tdk bisa stabil. Setelah ganti spul dan aki,sampai motor skg mati total. Dan ganti cdi(oem), aki dan switch starter baru. Kontak starter msh error, dan langsam msh tdk bisa stabil.masalah dimana nya lagi ya,, tolong pencerahannya. Terima kasih

    BalasHapus
  14. Bang minta penjelasannya motor saya vario 110 cw saat konci kontak on ga bisa starter sein ga nyala klakson ga nyala padahal aki baru kira2 apaan ya ya

    BalasHapus
  15. Mas aku baru aja ganti soket kiprok awal nya aku g tau klu alur kabel nya berbeda yg masuk ke kiprok trs aku cek alur kabel nya aku sesuaikan dgn soket yg lama timbul penyakit baru begitu motor nyala masa yg di accu aku cabut mesin mati..(sebelumnya normal karena ad lubang soket yg gosong akhirnya aku ganti tanpa melihat alur kabel nya ....eh ternyata soket yg aku beli punya Supra x ) yg mau aku tanya apakah hal tersebut berpengaruh ke soul ... terimakasih

    BalasHapus
  16. Aa kalo penyebab kabel body sering konslet itu kenapa yaa?
    Terimakasih atas sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi ada kabel body yg tersambung...

      silahkan ganti kabel body aj ya

      Hapus
  17. Mamang,, tulisannya hebta bagus bermanfaat dan bernutrisi

    BalasHapus
  18. Maaf gan saya mau sedikit curhat,,eaaaa🤣🤣 awalnya motor varla saya pengapiannya kecil terus ngempos kaya abis bensin padahal bensin full,,terus mati saya beli aki baru hidup lagi tuh motor ehh cuman bertahan 2 hari lalu mati lagi ada yang ngomong itu kiprok saya beli kiprok eh malah gk nyala sama sekali mohon infonya ngab🙏

    BalasHapus
  19. Gan mau tanya , varla saya kelistrikan mati total ,. Awalnya ada kabel area spidometer yang kebakar sampe sikring juga meleleh dua dua nya , sudah di ganti tapi masih ga ada kelistrikan. Kira-kira apanya ya

    BalasHapus
  20. motor saya vario 110 karbu keluaran tahun 2010.ketika sedang pelan motor suka ndrut ndrut seperti mau mati .CDI dan kiprok sudah diganti.setelah hampir satu bulan gejala tersebut kembali berulang. mohon solusinya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek bagian sekitaran bensin seperti karburator,selang hisap dan membran

      Hapus