Tips Agar Fuel Pump / Pompa Bahan Bakar Tidak Cepat Rusak

Selamat pagi bro sekalian, untuk kali ini yang akan kita bahas tentang Fuel pump, kanapa fuel pump sering di bahas ? karena part / onderdil / komponen ini sangat vital untuk sepeda motor injeksi. Tugas fuel pump untuk memompa bahan bakar dari tanki behan bakar ke injektor dengan melalui selang bahan bakar. Nah kalau fuel pump / pompa bahan bakar tidak bekerja atau rusak maka lu urusannya bisa berabe, dan membuat badan menjadi berkeringat karena mau tak mau kita harus mendorong sepeda motor kita.




Cara untuk mengetahui fuel pump bekerja apa ngga sebenarnya cukup mudah diantaranya :


  • Cukup putar kunci kontak on dan pasti akan ada bunyi dengung / getaran pada tangki bahan bakar, kalau sama sekali tidak ada bunyi dengung dan getaran pada tangki bahan bakar bakar berarti ada masalah pada fuel pump tersebut.


  • Yang kedua ini cukup sulit karena harus mempunya tool khusus ( fuel pressure guage) untuk mengukur preasure / tekanan pada fuel pump tersebut, dan harus tahu ukuran standar preasure / tekanan fuel pump pada sepeda motor yang akan di ukur. Contohnya honda beat fi lama standart preasure 294 kpa, yamaha mio j standart preasure 324 kpa. Tapi biar lebih gampang bawa saja motornya ke bengkel terdekat... he...


  • Pemeriksaan aliran bahan bakar, nah untuk cara ini juga lumayan sulit karena harus melepas fitting conect. Melepasnya harus sangat berhati – hati karena jika salah penanganan bahan bakar akan bocor, karena biasanya terjadi kerusakan di fitting connect tersebut. Setelah fitting connect di lepaskan turuh gelas ukur untuk mengukur jumlah bensin yang akan keluar dari fitting connect tersebut, kemudian putar kunci kontak ke ON. Bensin akan menyemprot sedikit sampai habis kemudian putar OFF lagi, lakukan proses tersebut 5 kali maka jumlah bensin yang keluar dari fitting connnect tersebut kurang lebih 70 cm kubik. 5 kali pertama jangan di jadikan acuan karena keadaan bensin sisa masih tersimpan / ada di dalam selang bahan bakar. Sebaiknya 5 kedua dan ketiga sebagai acauannya.





Tips agar fuel pump sepeda motor awet :



  • Lakukan kuras tangki bahan bakar secara rutin, terlebih untuk sepeda motor jenis batangan / sport. Karena biasanya terdapat air entah itu dari air ujan atau keseringan di cuci steam. Sebaiknya parkirkan sepeda motor di tempat yang terdapat atapnya untuk menghindari langsung dari air hujan. Hati hati saat mencuci sepeda motor entah itu di cuci sendiri atau cuci staem, usahakan jangan langsung menyemprot ke tutup tangki sepeda motor, karena air bisa masuk kedalam tangki bahan bakar melalui saluran pernafasan tutup tangki walaupun besar lubangnya sebesar jarum.


  • Pilih pilih bahan bakar, sebaiknya gunakan bahan bakar non timbal karena lebih bersih, dan meminimalisir penyumbatan pada filter bahan bakar karena kotoran / zat asing di bahan bakar tersebut.


Ok bro udahan dulu moga berguna buat yang baca, jangan lupa safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal......... tetot.......
Oh ya, gaua tambahi videonya kebetulan punya buat mengecek tekanan fuel pump chek it dot pokoke lah...