Sejeworks – Selamat datang para bro semua long time no
see, sering kali kita membiarkan dan kurang tanggap terhadap oli mesin atau oli
gardan yang rembes dari mesin. Entah dari blok kopling, blok magnet, head
silinder, atau malah dari mesin tengah, sedangkan untuk oli gardan pada motor
matic juga sering rembes bisa dari buad pembuangan, sil cvt belakang dan sil as
roda belakang.
Nah dari hal yang kadang orang anggap sepele ini akan
menimbulkan masalah yang lumayan parah, salah satunya bongkar mesin total dan
yang paling ringan jumlah oli mesin akan berkurang secara terus menerus
sehingga motor terlihat kotor, jorok dan tidak terawat. Maka dari itu segera
lakukan perbaikan bro, jika oli yang rembes itu masih ringan sebaiknya lo
langsung sikat saja tapi jika sudah kategori berat sebaiknya jangan nekat he...
biarkan ahlinya yang mengerjakan.
Penyebab dan Mengatasi Oli Mesin Rembes
Oli mesin atau oli gardan (transmisi) mengalami
kebocoran atau rembes pada setiap motor mempunyai penyebab yang hampir sama.
Yaitu paking kertas / perpak yang sobek, paking besi yang aus, karet sil yang
haus, baud mesin yang slek / dol, kemudian satu lagi yang sangat penting adanya
retakan atau blok mesin yang pecah.
Dari sekian banyaknya penyebab kebocoran oli mesin bisa
di kategorikan menjadi dua yaitu rembes ringan dan rembes berat. Kenapa dibeda
– bedakan bro ? sebab hal ini mengkondisikan dimana letak dan penyebab oli
tersebut rembes.
Bocor Ringan
Untuk oli mesin yang bocor / rembes secara ringan
biasanya diakibatkan oleh karet sil pada bagian blok luar mesin yang mulai aus
contohnya sil tutup klep, sil perseneling, sil kick starter, sil gear depan.
Kemudian penyebab lainnya dari paking / perpak yang sobek atau rusak, biasanya
hal ini terjadi disekitar bagian blok kopling, blok magnet dan tutup sentrik.
Tapi jika terjadi di bagian silinder comp dengan crank case mesin tengah maka
solusinya bongkar mesin atas karena ini termasuk kategori berat untuk
pengerjaannya.
Bocor Berat
Semetara itu oli mesin yang rembes dalam kategori berat
untuk memperbaikinya adalah adanya oli mesin yang rembes dari blok mesin tengah
bisa karena baud tap oli yang slek atau
dol. Lem perekat pada crank case / blok mesin tengah sudah mulai aus, sil cvt
matic yang bocor, paking cylinder comp yang sobek atau aus. Ini semua harus
ahlinya bro karena letaknya berada didalam mesin bukan pada posisi luar seperti
pada oli mesin yang bocor ringan.
Penyebab Oli Gardan Rembes
Nah kalau yang ini buat motor matic ya bro, oli gardan
rembes sering kali disebabkan oleh sil cvt belakang yang rusak, sil as roda
belakang dan baud pembungan oli gardan yang kurang rapet atau ulirnya slek.
Untuk sil karet yang rusak solusinya hanya menggantinya
dengan ang baru atau memberinya lem tree bond / siler. Sementara jika
penyebabnya berasal dari baud pembuangan oli gardan sering kali diakibatkan
karena adanya celah antara baud dengan ring atau ulir baud pada crank case
yangg slek.
Jika akibat adanya celah pada baud dengan ring bisa di
tandai dengan baud pembungan yang masih bisa dikencengin, solusinya dengan
melapisi sil tape antara baud dengan ring. Tapi jika baud pembuangan tidak bisa
dikencengin menggunakan baud 12 ring bawaan motor, solusi pertamanya bisa
memakai baud 12 ring yang lebih panjang ulirnya agar bisa terulir dengan
sempurna di crank case cvt.
Cara Mengatasi Oli Mesin Rembes
Setiap oli mesin yang rembes / bocor penyebab dan cara
penyelesaiannya pun berbeda, walapun pada intinya mengganti dengan part yang
sama. Yaitu sil karet, paking, baud slek atau hanya memberi lem tree bond atau
siler pada bagian yang rembes tersebut dan jika semua tidak selesai kemungkinan
besar komponen dimana oli rembes tersebut rusak, oleng atau berubah bentuk
sehingga tidak presisi . Untuk lebih jelasnya langsung saja pantengin artikel
ini samapai kelar ya bro he....
Oli Rembes Dari Tutup Oli
Ini masalah klasik yang dialami oleh hampir tipe motor
dan ngga pandang merk, strata sosial, golongan darah ningrat atau umum, buset
nglindur ni bocah.... Penyebabnya terjadi karena sil karet ditutup oli yang
kurang rapat atau hilang, bisa juga karena ulir pada tutup oli mesin yang slek
karena saat pemasangan yang tidak sejajar dan dipaksakan.
Penyelesainnya jika penyebabnya karena karet sil yang
kurang rapat bisa melapisinya dengan sil tape (solasi pipa paralon), poisinya
ada dibagian dalam antara tutup oli mesin dengan oli mesin. Tapi jika
penyebabnya karena ulir tutup oli mesin yang rusak sehingga tutup oli tidak
rapat dan sejajar, solusinya dengan mengganti tutup oli tersebut atau
memperbaiki ulir yang rusak pada bagian tutup oli mesin.
Oli Mesin Rembes ke Radiator
Hal ini hanya terjadi pada sepeda motor dengan pendingin
radiator bukan pendingin angin, contoh sepeda motornya Honda Vario 110 karbu,
Vario 125, Vario 150, Honda CB150R, CBR150R, sementara Yamaha yaitu Jupiter MX,
Vixion, N-MAX, R15, R25. Oli mesin yang bercampur dengan air radiator disebabkan
karena sil mekanical / pembatas antara oli mesin dan air radiator rusak. Dan
ini sangat berbahaya bro untuk umur kendaraan
Oli Rembes Dari Blok Magnet dan Blok Kopling
Penyebabnya biasanya paking / gasket kopling atau magnet
yang sobek karena proses bongkar blok mesin tanpa mengganti gasket. Solusinya
cukup mudah yaitu dengan mengganti gasket baru, tapi prosesnya ngga semudah
tulisan ini bro. Karena kadang harus copot footstep, knalpot dan hal tersusah
lainnya yaitu dengan mengelupas gasket lama yang memakan waktu.
Penyebab lainnya bisa berasal dari adanya retakan pada
salah satu blok mesin karena motor bekas jatuh dan tabrakan, bisa juga dari
baud blok kopling yang kendor atau bahkan slek. Jika ada retakan kecil pada
blok mesin bisa menutupnya dengan lem campur (lem besi), tapi kalau pecah parah
mau ngga mau harus diganti baru atau dilas babet.
Oli Rembes Dari Baut
Lain cara jika oli rembes berasal dari baud yang kendor
solusinya yaitu cukup dengan mengencenginya saja, ingat torsinya jangan lebih
dari 30 newton bro. Sebab kalau terlalu kenceng akibatnya baud akan patah dan
nambah kerjaan lagi dengan mencopot baud patahan tersebut dan membuat ulir
baru.
Oli Rembes Dari Bawah Mesin Motor
Oli yang menetes dari bawah mesin penyebabnya ada banyak
dan harus sangat cermat mencari asal kebocoran oli tersebut. Karena oli yang
rembes pasti akan mengalir ke bagian terendah mesin kemudian jatuh ke lantai,
tapi biasanya oli mesin yang rembes tepat dibawah mesin disebabkan karena baud
pembungan oli mesin (baud tap oli) slek. Kemudian baud foot step terlalu
panjang sehingga menembus / menjebol crank case, maka dari itu hati – mati
memilih baud foot step ke mesin walaupun sama – sama ring 12 tapi harus dilihat
panjang ulirnya usahakan sama.
Solusi permanennya dengan las babet atau mengganti crank
case baru tapi harus bongkar mesin total, beh... sangar kan bro. Intinya saat
mengganti baud dibagian mesin harus hati – hati perhatikan betul – betul
panjang ulirnya dan torsi pengencangannya.
Oli Rembes ke Busi
Nah kalau oli mesin rembes ke busi itu lain lagi bro,
penyebabnya berasal dari ring piston yang lemah, piston dan cylinder comp yang
aus dan sil klep yang rusak. Dari semua penyebabnya solusinya hanya satu dengan
ganti piston set dan gasket top (paking atas), dan jika sudah parah asap
knalpot akan bberwarna putih bau sangit. Dan dalam jangka panjang akan merembet
ke komponen lain seperti stang piston, bearing mesin dan lain – lainnya.
Baca Juga,
Oli Rembes Dari Tutup Klep
Untuk motor keluaran lama oli mesin yang rembes melalui
tutup klep ngga perlu paranoid karena biasanya hanya sedikit yang rembes, tapi
untuk motor keluaran terbaru yang sil tutup klepnya besar berbentuk kotak harus
cepat ambil tindakan karena jika sil tutup klep bocor oli mesin bisa habis tak
tersisia. Contoh motor dengan sil tutup klep berbentuk kotak besar, seperti
Honda Revo 110, CBR150, CB150R, New Megapro, Beat, Vario, Verza dan Yamaha
Jupiter Z1, Vixion, Mio j, N-MAX .
Efek Oli Rembes
Untuk akibat dari oli mesin yang rembes sebenarnya
beraneka ragam tergantung jenis motornya, tapi untuk lebih jelasnya check it
dot langsung ya bro...
Volume atau takaran oli mesin akan berkurang, sehingga
akan mempengaruhi sistem pelumasn mesin dan usia pakai mesin.
Motor terlihat kotor dan tak terurus karena disekitar
mesin belepotan oli.
Jika oli mesin bercampur dengan air radiator, maka
sangat berbahaya untuk usia mesin.
Timbulnya slip kopling pada motor matic jika kebocoran
terjadi di sekitar cvt.
Biaya Perbaikan Oli Mesin yang Rembes
Ngomongin biaya berarti UUD (ujung – ujungnya duit) dan
setiap bengkel pasti mempunyai biaya yang berbeda, tapi sebagai gambaran saja
ya bro... he...
Untuk rembes ringan seperti sil tutup klep bocor, sil
perseneling bocor, sil gear depan bocor biayanya kurang lebih Rp 50.000, semantara
untuk rembes berat paling ekstream belah mesin total dengan perkiraan biaya
sekitar 1 juta.
Ok bro sekian dulu ya, next bakalin gua kasih videonya
biar agak – agak gimana gitu he..., tapi jangan lupa subscribe ya. Akhir kata
safety first & keep riding no arogan salam satu aspal...
Apa penyebab oli gardan bocor dan terjadi ban kesat
BalasHapusMotor manual vega zr gimana
BalasHapusbocor berat
tolong sertakan jyga harganya
Kakak kalau motor saya parkir aja olinya keluar .dari sebelah kanan di dekat kipas kak . Itu solusinya apa ya ka 082236085764 itu nmor WA saya
BalasHapusKAK
Keluar dari seblah knan di bagian kipar
BalasHapusItu motor fino kendala nya apa ya ada keluar oli di bagian di tarikan rem belakan.
BalasHapusKak mau nanya dong motor saya fino karbu , kenapa dibagian blok head nya sering rembes oli yaa? Padahal sudah 3x ganti seal tutup klep dan dengan bengkel yg berbeda juga, dan baru kemarin lusa baru ganti seal tutup klep dan sekarang sudah rembes lagi olinya .. Mohon pencerahannya kak. Terima kasih
BalasHapusOli motor beat karbu sya sering netes pada bagian kipas kanan/dekat kipas magnet.. Mohon solusinya mas. Mksh
BalasHapus