Ini Bro, Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Rembes Serta Biaya Perbaikannya


Sejeworks – Selamat datang para bro semua long time no see, sering kali kita membiarkan dan kurang tanggap terhadap oli mesin atau oli gardan yang rembes dari mesin. Entah dari blok kopling, blok magnet, head silinder, atau malah dari mesin tengah, sedangkan untuk oli gardan pada motor matic juga sering rembes bisa dari buad pembuangan, sil cvt belakang dan sil as roda belakang.


oili mesin rembes



Nah dari hal yang kadang orang anggap sepele ini akan menimbulkan masalah yang lumayan parah, salah satunya bongkar mesin total dan yang paling ringan jumlah oli mesin akan berkurang secara terus menerus sehingga motor terlihat kotor, jorok dan tidak terawat. Maka dari itu segera lakukan perbaikan bro, jika oli yang rembes itu masih ringan sebaiknya lo langsung sikat saja tapi jika sudah kategori berat sebaiknya jangan nekat he... biarkan ahlinya yang mengerjakan.

Penyebab dan Mengatasi Oli Mesin Rembes

Oli mesin atau oli gardan (transmisi) mengalami kebocoran atau rembes pada setiap motor mempunyai penyebab yang hampir sama. Yaitu paking kertas / perpak yang sobek, paking besi yang aus, karet sil yang haus, baud mesin yang slek / dol, kemudian satu lagi yang sangat penting adanya retakan atau blok mesin yang pecah.

Dari sekian banyaknya penyebab kebocoran oli mesin bisa di kategorikan menjadi dua yaitu rembes ringan dan rembes berat. Kenapa dibeda – bedakan bro ? sebab hal ini mengkondisikan dimana letak dan penyebab oli tersebut rembes.

Bocor Ringan

Untuk oli mesin yang bocor / rembes secara ringan biasanya diakibatkan oleh karet sil pada bagian blok luar mesin yang mulai aus contohnya sil tutup klep, sil perseneling, sil kick starter, sil gear depan. Kemudian penyebab lainnya dari paking / perpak yang sobek atau rusak, biasanya hal ini terjadi disekitar bagian blok kopling, blok magnet dan tutup sentrik. Tapi jika terjadi di bagian silinder comp dengan crank case mesin tengah maka solusinya bongkar mesin atas karena ini termasuk kategori berat untuk pengerjaannya.

Bocor Berat

Semetara itu oli mesin yang rembes dalam kategori berat untuk memperbaikinya adalah adanya oli mesin yang rembes dari blok mesin tengah bisa  karena baud tap oli yang slek atau dol. Lem perekat pada crank case / blok mesin tengah sudah mulai aus, sil cvt matic yang bocor, paking cylinder comp yang sobek atau aus. Ini semua harus ahlinya bro karena letaknya berada didalam mesin bukan pada posisi luar seperti pada oli mesin yang bocor ringan.

Penyebab Oli Gardan Rembes

Nah kalau yang ini buat motor matic ya bro, oli gardan rembes sering kali disebabkan oleh sil cvt belakang yang rusak, sil as roda belakang dan baud pembungan oli gardan yang kurang rapet atau ulirnya slek.

Untuk sil karet yang rusak solusinya hanya menggantinya dengan ang baru atau memberinya lem tree bond / siler. Sementara jika penyebabnya berasal dari baud pembuangan oli gardan sering kali diakibatkan karena adanya celah antara baud dengan ring atau ulir baud pada crank case yangg slek.




oli gardan rembes



Jika akibat adanya celah pada baud dengan ring bisa di tandai dengan baud pembungan yang masih bisa dikencengin, solusinya dengan melapisi sil tape antara baud dengan ring. Tapi jika baud pembuangan tidak bisa dikencengin menggunakan baud 12 ring bawaan motor, solusi pertamanya bisa memakai baud 12 ring yang lebih panjang ulirnya agar bisa terulir dengan sempurna di crank case cvt.

Cara Mengatasi Oli Mesin Rembes

Setiap oli mesin yang rembes / bocor penyebab dan cara penyelesaiannya pun berbeda, walapun pada intinya mengganti dengan part yang sama. Yaitu sil karet, paking, baud slek atau hanya memberi lem tree bond atau siler pada bagian yang rembes tersebut dan jika semua tidak selesai kemungkinan besar komponen dimana oli rembes tersebut rusak, oleng atau berubah bentuk sehingga tidak presisi . Untuk lebih jelasnya langsung saja pantengin artikel ini samapai kelar ya bro he....


Oli Rembes Dari Tutup Oli

Ini masalah klasik yang dialami oleh hampir tipe motor dan ngga pandang merk, strata sosial, golongan darah ningrat atau umum, buset nglindur ni bocah.... Penyebabnya terjadi karena sil karet ditutup oli yang kurang rapat atau hilang, bisa juga karena ulir pada tutup oli mesin yang slek karena saat pemasangan yang tidak sejajar dan dipaksakan.


oli bocor



Penyelesainnya jika penyebabnya karena karet sil yang kurang rapat bisa melapisinya dengan sil tape (solasi pipa paralon), poisinya ada dibagian dalam antara tutup oli mesin dengan oli mesin. Tapi jika penyebabnya karena ulir tutup oli mesin yang rusak sehingga tutup oli tidak rapat dan sejajar, solusinya dengan mengganti tutup oli tersebut atau memperbaiki ulir yang rusak pada bagian tutup oli mesin.

Oli Mesin Rembes ke Radiator

Hal ini hanya terjadi pada sepeda motor dengan pendingin radiator bukan pendingin angin, contoh sepeda motornya Honda Vario 110 karbu, Vario 125, Vario 150, Honda CB150R, CBR150R, sementara Yamaha yaitu Jupiter MX, Vixion, N-MAX, R15, R25. Oli mesin yang bercampur dengan air radiator disebabkan karena sil mekanical / pembatas antara oli mesin dan air radiator rusak. Dan ini sangat berbahaya bro untuk umur kendaraan


Oli Rembes Dari Blok Magnet dan Blok Kopling

Penyebabnya biasanya paking / gasket kopling atau magnet yang sobek karena proses bongkar blok mesin tanpa mengganti gasket. Solusinya cukup mudah yaitu dengan mengganti gasket baru, tapi prosesnya ngga semudah tulisan ini bro. Karena kadang harus copot footstep, knalpot dan hal tersusah lainnya yaitu dengan mengelupas gasket lama yang memakan waktu.

Penyebab lainnya bisa berasal dari adanya retakan pada salah satu blok mesin karena motor bekas jatuh dan tabrakan, bisa juga dari baud blok kopling yang kendor atau bahkan slek. Jika ada retakan kecil pada blok mesin bisa menutupnya dengan lem campur (lem besi), tapi kalau pecah parah mau ngga mau harus diganti baru atau dilas babet.

Oli Rembes Dari Baut

Lain cara jika oli rembes berasal dari baud yang kendor solusinya yaitu cukup dengan mengencenginya saja, ingat torsinya jangan lebih dari 30 newton bro. Sebab kalau terlalu kenceng akibatnya baud akan patah dan nambah kerjaan lagi dengan mencopot baud patahan tersebut dan membuat ulir baru.

Oli Rembes Dari Bawah Mesin Motor

Oli yang menetes dari bawah mesin penyebabnya ada banyak dan harus sangat cermat mencari asal kebocoran oli tersebut. Karena oli yang rembes pasti akan mengalir ke bagian terendah mesin kemudian jatuh ke lantai, tapi biasanya oli mesin yang rembes tepat dibawah mesin disebabkan karena baud pembungan oli mesin (baud tap oli) slek. Kemudian baud foot step terlalu panjang sehingga menembus / menjebol crank case, maka dari itu hati – mati memilih baud foot step ke mesin walaupun sama – sama ring 12 tapi harus dilihat panjang ulirnya usahakan sama.

Solusi permanennya dengan las babet atau mengganti crank case baru tapi harus bongkar mesin total, beh... sangar kan bro. Intinya saat mengganti baud dibagian mesin harus hati – hati perhatikan betul – betul panjang ulirnya dan torsi pengencangannya. 

Oli Rembes ke Busi

Nah kalau oli mesin rembes ke busi itu lain lagi bro, penyebabnya berasal dari ring piston yang lemah, piston dan cylinder comp yang aus dan sil klep yang rusak. Dari semua penyebabnya solusinya hanya satu dengan ganti piston set dan gasket top (paking atas), dan jika sudah parah asap knalpot akan bberwarna putih bau sangit. Dan dalam jangka panjang akan merembet ke komponen lain seperti stang piston, bearing mesin dan lain – lainnya.

tutup klep bocor


Baca Juga,



Oli Rembes Dari Tutup Klep

Untuk motor keluaran lama oli mesin yang rembes melalui tutup klep ngga perlu paranoid karena biasanya hanya sedikit yang rembes, tapi untuk motor keluaran terbaru yang sil tutup klepnya besar berbentuk kotak harus cepat ambil tindakan karena jika sil tutup klep bocor oli mesin bisa habis tak tersisia. Contoh motor dengan sil tutup klep berbentuk kotak besar, seperti Honda Revo 110, CBR150, CB150R, New Megapro, Beat, Vario, Verza dan Yamaha Jupiter Z1, Vixion, Mio j, N-MAX . 

Efek Oli Rembes

Untuk akibat dari oli mesin yang rembes sebenarnya beraneka ragam tergantung jenis motornya, tapi untuk lebih jelasnya check it dot langsung ya bro...
Volume atau takaran oli mesin akan berkurang, sehingga akan mempengaruhi sistem pelumasn mesin dan usia pakai mesin.
Motor terlihat kotor dan tak terurus karena disekitar mesin belepotan oli.
Jika oli mesin bercampur dengan air radiator, maka sangat berbahaya untuk usia mesin.
Timbulnya slip kopling pada motor matic jika kebocoran terjadi di sekitar cvt.

Biaya Perbaikan Oli Mesin yang Rembes

Ngomongin biaya berarti UUD (ujung – ujungnya duit) dan setiap bengkel pasti mempunyai biaya yang berbeda, tapi sebagai gambaran saja ya bro... he...
Untuk rembes ringan seperti sil tutup klep bocor, sil perseneling bocor, sil gear depan bocor biayanya kurang lebih Rp 50.000, semantara untuk rembes berat paling ekstream belah mesin total dengan perkiraan biaya sekitar 1 juta.

Ok bro sekian dulu ya, next bakalin gua kasih videonya biar agak – agak gimana gitu he..., tapi jangan lupa subscribe ya. Akhir kata safety first & keep riding no arogan salam satu aspal...

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Apa penyebab oli gardan bocor dan terjadi ban kesat

    BalasHapus
  2. Motor manual vega zr gimana
    bocor berat
    tolong sertakan jyga harganya

    BalasHapus
  3. Kakak kalau motor saya parkir aja olinya keluar .dari sebelah kanan di dekat kipas kak . Itu solusinya apa ya ka 082236085764 itu nmor WA saya
    KAK

    BalasHapus
  4. Keluar dari seblah knan di bagian kipar

    BalasHapus
  5. Itu motor fino kendala nya apa ya ada keluar oli di bagian di tarikan rem belakan.

    BalasHapus
  6. Kak mau nanya dong motor saya fino karbu , kenapa dibagian blok head nya sering rembes oli yaa? Padahal sudah 3x ganti seal tutup klep dan dengan bengkel yg berbeda juga, dan baru kemarin lusa baru ganti seal tutup klep dan sekarang sudah rembes lagi olinya .. Mohon pencerahannya kak. Terima kasih

    BalasHapus
  7. Oli motor beat karbu sya sering netes pada bagian kipas kanan/dekat kipas magnet.. Mohon solusinya mas. Mksh

    BalasHapus