Wajib Tahu bro, Efek dan Penyebab Stang Seher Rusak


Sejeworks – Long time’s no see bro ? akhirnya bisa nongol lagi di blog yang biasa aja tapi sangat spesial for you, because you always read my article, ya .. kan jujur aja he.... he... Sory ya bro kalau pembukanya ngga banget, ok langsung saja kali ini kita mau ngomongin stang seher atau batang torak / batang piston alias Connecting rod dan masih banyak lagi sebutannya. Yang mau kita bahas apa sih fungsi stang seher ?, apa gejala kerusakannya ?, apa efek kerusakannya ? dan bagaimana cara memperbaikinya ?

Pengertian Stang Seher

Stang seher alias connecting rod adalah komponen atau part yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol (kruk as). Stang seher bekerja dengan  gerakan naik turun yang diakibatkan karena dorongan dari piston dan diteruskan ke kruk as. Karena dorongan dari piston dengan tekanan yang berubah – ubah, maksudnya saat piston bergerak ke Titik Mati Atas (TMA) seher akan bekerja lebih berat mendapat tekanan dari piston. Sebaliknya saat piston bergerak ke Titik Mati Bawah (TMB), stang seher akan berkerja lebih ringan.


setang piston


Contoh sederhana saat mesin sepeda motor berada pada putaran 6.000 rpm, maka steng seher akan menerima beban 2.440 gram saat bergerak menuju TMA tapi saat menuju TMB stang seher akan menerima beban 1.300 gram. Karena kerja yang sangat berat maka connecting rod atau stang seher perlu dibuat dengan bahan baja campuran yang berkualitas tinggi dan tak mudah bengkok atau terpelintir.  

Penyebab Stang Seher Oblak atau Rusak

Penggantian Oli Mesin
Oli mesin alias minyak pelumas mesin adalah hal yang sangat penting bagi performa mesin sepeda motor. Maka sangat diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara teratur, setiap 2.000 km atau 2 bulan (patokannya dari batasan tersebut mana yang tercapai terlebih dulu). Jika melebihi dari batasan diatas biasanya volume / kapasitas oli mesin akan berkurang dan yang paling berbahaya adalah oli mesin tersebut habis, hal ini sering kali terjadi pada sepeda motor tipe matik dan sepeda motor yang memakai oli palsu.

Motor Ngebul Putih
Untuk sepeda motor 4 tak yang knalpotnya mengeluarkan asap putih dengan bau sangit, hal ini kemungkinan besar piston atau seher mengalami keausan / rusak atau berasal dari sil tutup klep yang mngelami kerusakan. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu lama maka akan merembet ke stang seher, maka jika sepeda motor ngebul (mengeluarkan asap putih) harus cepat – cepat memperbaikinya.  

Menerobos Banjir
Saat musim hujan banyak sekali para biker yang nekat dan menganggap gampang banjir yang tingginya dibawah lutut, et .... jangan salah hal nekat tersebut akan membuat babak belur kantong lo bro. Kok bisa ya bisa lah, dari water hammmer atau pukulan air yang sering kali membuat bengkok stang seher. Water hammer seringkali terjadi pada sepeda motor dengan perbandingan kompresi yang tinggi, hal ini terjadi pada saat biker menerobos banjir dan dengan posisi grip gas setengah full atau kecepatan 60 km/jam kemudian hanya sepersekian detik menurunkan posisi grip gas atau kecepatan dan menariknya rip gas lagi. Nah pada saat posisi gas turun tersebut akan berbunyi besi yang yang diadau dan sepeda motor akan mati total karena posisi stang seher yang bengkok. Sebaiknya saat menerjang banjir jangan sekali – kali menurunkan kecepatan atau posisi grip gas karena hal ini akan memungkinkan terjadinya water hammer.

Oli Mesin Yang Tercampur dengan Zat Asing
Disini kita ambil contoh air saja karena kalau mencontohkan zat lain akan ngajarin yang ngga bener he.... inget dosa ya bro... Air yang dimasksud bisa air karena banjir atau air hujan yang masuk kedalam mesin melalui saluran pernafasan mesin, apa setiap mesin sepeda motor mempunyai saluran pernafasan ? jelas iya. Dan biasanya saluran pernafasan mesin akan masuk kedalam filter udara, jadi kalau sepeda motor yang lo miliki mempunyai filter udara dengan jarak ketanah yang tidak terlalu jauh harus berhati – hati bro.

Usia Pakai
Nah kalau hal ini tidak bisa diprediksi secara matang bro, jika lo rutin ganti oli mesin dan tidak pernah menerjang banjir atau olimesin tidak tercampur dengan zat asing maka bisa dipastikan penyebab stang seher rusak karena usia pakai part / komponen tersebut.    

Modifikasi Mesin
Bagi para pengila kecepatan sering kali memodifikasi mesin adalah hal wajib, tapi sayangnya part atau komponen yang dipakai adalah part bawaan pabrikan sepeda motor bukan part spesial yang diperuntukan untuk kompetisi. Padahal setiap pabrikan membatasi kecepatan pada tiap komponen bawaan motor tersebut.

Efek Stang Seher Rusak

Stang Seher Oblak atau Aus
Untuk stang seher yang oblak atau aus biasanya akan menimbulkan suara mesin manjadi kasar atau bunyi tek, tek, tek pada bagian tengah mesin sepeda motor tersebut.
Tenaga mesin menjadi berkurang atau ngempos saat dipakai.
Jika stang seher oblak dan dibiarkan secara terus menerus maka akan merembet ke komponen lain yang terkait.

Efek Stang Seher Bengkok
Kalau stang seher bengkok maka piston akan mengunci biasa dikenal ceket dan sepeda motor akan mati total.

Cara Memperbaiki Stang Seher yang Rusak

Cara satu satunya adalah menggantinya dengan part yang baru dan tidak ada cara lain, tapi saat melakukan penggantian ada dua pilihan mau mengganti sacara pretelan atau sacara assy. Jika mengganti sacara peretelan kelebihannya harga lebih murah karena komponen tersebut dirakit dibengkel bubut tanpa mengganti bandul Kruk as, tapi kekurangannya terkadang tidak balance dan paling apesnya tidak bertahan lama.

Jika mengganti secara assy harga part lebih mahal bisa 3 kali lipat harga stang seher pretelan, tapi kelebihannya lebih balance dan untuk keawatan part lebih tahan lama.
Contoh gambar ada dibawah ya bro...

honda connecting rod

Cara Mengetahui Stang Seher Rusak

Stang seher yang rusak biasanya akan menimbulkan suara mesin yang kasar, dengan posisi sumber suara tersebut berada ditengah mesin. Dan suara tersebut akan terdengar tambah kencang saat gas ditarik pada kondisi mesin hidup.

Tenaga motor berkurang atau ngedrop.

Jika dibongkar mesin bagian atas atau secara keseluruhan, stang seher yang rusak dapat dirasakan dengan cara pegang bagian ujung stang seher dan pukul secara perlahan. Jika adanya suara bluk – bluk dan stang seher dalam kondisi oblak maka setang seher tersebut rusak. Untuk lebih jelasnya ini videonya bro chek it dot... jang lpa subscribe...







Ok bro sekian dulunya buat postingan kali ini, jika bermanfaat sebarkan bro buat komunitas lo. Jangan pinter sendiri he.... berbagilah walaupun hanya satu alif .. et dah ... ngomong apa gua. Seperti biasa safety firts keep riding no arogan dan salam satu aspal.

Posting Komentar

4 Komentar