5 Bahan Kanvas Rem, Wajib Tahu

Ngelanjutin postingan sebelumnya yang menyinggung tentang kanvas rem, dan gua keceplosan ngomong asbestos dan non-asbestos jadi ngga keren kalau ngga di ungkapin secara jelas takutnya malah menjadi kekasih bayangan seperti lagunya cakra khan…..  woy ngelindurnya jauh amat bro…. he…

Kembali lagi kanvas tadi, jadi kanvas rem sepeda motor entah cakram atau teromol menurut bahan pembuatannya di bagi menjadi 5, apa saja langsung check it dot bro :


  • Asbestos



Bahan ini menjadi bahan pertama yang digunakan untuk membuat kanvas rem, hal ini karena harganya yang murah dengan kualitas yang cukup baik untuk pengereman. Namun bahan jens asbes sangat berbahaya bagi kesehatan, karena bersifat karsinogenik ketika masuk kedalam tubuh. Biasanya berbentuk debu yang mencemari udara sehingga dapat dihirup oleh semua orang, hal ini terjadi saat pembersihan kanvas rem tersebut dan saat proses pengereman yang mengikis bahan asbes dari kanvas rem tersebut.

Untuk kanvas rem asbestos biasanya pakem diawal pemakain saja, setelah itu akan mengeras lantaran resin lebih enggak kuat panas karena kanvas asbestos hanya mampu bertahan pada temperature 250 derajat celcius lebih dari itu maka akan menyebabkan rem blong.



bahan kanvas rem


  • Non-asbestos / Organic  / OEM



Kanvas rem jenis ini mengunakan material organik seperti serbuk kaca, karbon, Kevlar, pabrikan sepeda motor banyak yang memakai bahan ini sebagai suku cadang asli ( part genuine). Kanvas non-asbestos mampu bertahan sampaisuhu 400 derajat celcius, hal ini karena terdapat material vermi culate yang tampak berkilauan di permukaan kanvas rem, berfungsi untuk melepas panas. Efeknya di pengereman dengan kecepatan tinggi 80 km/jam cendrung lebih stabil, kelebihan lainnya kanvas ini lebih pakam ketika berkendara saat hujan karena terdapat banyak pori – pori di kanvas tersebut.

Selain itu kanvas rem ini tidak berisik atau silent, berbahan lunak sehingga tidak merusak disck brake, kekurangannya kanvas ini gampang sekali habis bila dibandingkan dengan kanvas rem jenis metal, keramik, kanvas ini diperuntukan untuk jalanan perkotaan bukan untuk kebut – kebutan / balapan.


  • Kanvas Rem Semi – Metal / Semi Organic



Kanvas rem berbahan semi metal atau disebut juga semi organic yang artinya kanvas rem ini perpaduan dari bahan organic dan metal seperti serbuk besi, serbuk tembaga,serbuk aluminium dan serbuk metal lainnya. Kanvas ini  memiliki kemampuan yang baik untuk mendinginkan disck / cakram ataupun brum brake, sehingga cocok untuk pecinta off road. Tapi harus sering dibersihkan karena terlalu banyak debu dari hasil pengereman, sehingga menimbulkan berisik.


  • Kanvas Rem Bahan Keramik



Sebelumnya kalau yang dibanyangin keramik lantai berarti, lu benar ! ya benar – benar ngawur, he… tapi ngga apa lah gua maklumin kok he… he…  Ok balik lagi ke topik, material kanvas ini terdiri dari keramik, karbon silicon dan serat tembaga, kanvas ini sebenarnya perbaikan dari kanvas rem semi metal karena suaranya yang terlalu berisik. Kanvas ini cukup tahanan suhu panas dan memiliki debu yang sedikit, untuk umur pemakain lebih awet dari jenis  kanvas organic dan semi metal. Sementara kekurangannya tidak cocok untuk suhu dingin dan harga yang lumayan mahal.

  • Kanvas Rem Sinter / Full Metal


Yang terakhr jenis kanvas rem metal, karena namanya juga metal otomatis materal yang dipakai berasal ari serbuk metal, graffiti dan karbon. Kanvas jenis ini mampu mempertahankan kinerjanya secara maksimal dalam kondisi apapun, dan tahan terhadap suhu panas maupun hujan. Makanya harganya lumayan, tapi ada kekurangannya biasanya disc / cakram atau teromol cepat rusak karena kanvas ini sangat keras, sebenarnya bisa di cari solusinya dengan mengganti disc / cakram yang lebh keras

Tips sebelum membeli kanvas rem :


Perhatikan penyimpanan toko spare part yang dibeli, usahakan hindari part yang ditaruh di lantai tanpa alas, karena akan lembab dan menimbulkan jamur. Efeknya bisa menurunkan kualitas kanvas rem, karena jamur bisa mengurangi daya rekat lem, resiko paling fatal kanvas bisa terlepas dari dudukan besinya dan in sering kali terjadi.

Ok bro sekian dulu buat kali ini, jangan lupa safety first, keep riding no arogan salam satu aspal. Gau tambahin video paling keren yang pasti bukan bok** check it dot selalu…