Motor Mogok Karena dicuci

Motor mogok setelah di cuci, lho kok bisa .....  niatnya mau mandiin motor malah mandi kringat... wk... wk... sue banget pokoknya dah, tapi mau gimana lagi kalau apes ya kaya gitu. Tapi tenang bro, disambi ngopi biar pikiran ngga pening, sambil di pikir tadi apa aja yang di siram. Sampai - sampai motor mogok alias ngambek, di tambah lagi bengkel jauh di ujung lorong jalan he....  
langsung aja ya bro biar cepet beres segera di bongkar dan dicek.


  • Cek kunci kontak



Kenapa kunci kontak ?? karena ini yang paling simpel, apa ada arus / beban dari accu menuju kunci kontak yang kemudian disalurkan ke beban entah itu lampu sen kanan kiri, klakson, lampu senja, dan indikator gigi. Kalau semua nyala berarti ngga ada masalah, tapi kalau ngga nyala kemungkinan besar soket kunci kontak lepas karena disemprot pakai air kran saat mencuci motor tadi. Biasanya terjadi pada motor yang covernya sudah dicopot atau di pretelin.

  • Cek busi



Nah ini paket paling komplit, kenapa gua bilang komplit karena insting, visual, kemudian penciuman bukan ciuman bro.. he..  harus bener – bener prima.

  • Caranya lepas dulu cop busi, dari busi dan kabel menuju koil, yang akan di cek pertama percikan api dari kabel koil menuju busi dan pastikan ada percikan apinya kalau ngga ada berarti buka postingan gua yang ngebahas motor mogok.


  • Setelah itu pasang cop busi ke kabel hitam dari koil dan lepaskan busi dari head silinder, cek secara visual dan penciuman medeng ngga nih gua ngomong panjang lebar, maksudnya liat apakah busi basah karena air atau dari bensin. Kalau dari bensin akan ada bau menyengat dan keadaan bensin yang menyatu dengan ulir busi, sementara kalau basah karena air keadaan basahnya tidak menyatu dengan ulir busi karena air tidak bisa meresap ke partikel logam.


  • Pengecekan percikan api dari busi, usahakan lubang busi yang berada di head silinder tutup dengan busi yang lain (entah busi baru / bekas) supaya saat posisi menghidupkan mesin entah pakai starter elektrik / kick starter bahan bakar yang di semprotkan dari karburator tidak menyambar ke percikan busi tersebut agar tidak terjadi kebakaran. Pastiakan busi memercikan api kalau tidak segera ganti busi baru.


  • Lepas knalpot



Nah kalau busi yang berada di sepeda motor tersebut terdapat air maka dapat di simpulkan bahwa air tersebut berasal dari knalpot yang di grujuk air saat mencuci motor. Segera lakukan pembongkaran agar semuanya cepat selesai, dan lu ngga mandi keringet lagi wk... wk...



 

Ok jon udahan dulu trik kali ini, moga berguna buat yang membacanya, jangan lupa safety firts, keep riding no arogan, salam satu aspal....