Cara Merawat & Bongkar Komponen CVT Sepeda Motor Matik


Sebelumnya gue ucapin selamat datang dulu, buat para bro semua dari mbekayu bro sampai kang bro. Gue ramal dulu, nanti kita akan ketemu di bengkel ?? et…. Ngomong opo iki bocah (ngomong apa ini bocah) ?? maklum lah bro lagi demam dilan, biar kekinian. Tapi kali ini bukan mau ngomongin dilan sama motor CB 100 nya tapi mau ngomongin motor matik, ya memang ngga nyambung tapi sambung – sambungin aja he…
Sekarang ini sepeda motor matik seperti kacang goreng, yang selalu hilir mudik di jalanan, ngga percaya hitung saja sendiri. Kalau percaya kita lanjut lagi he…. Sepeda motor tipe matik mempunyai perbedaan dengan tipe sport ataupun cup / bebek, karena perbedaan itu terletak jelas di kontruksi mesin hal itu bisa dilihat dari system penggerak roda belakang, transmisi, jenis kopling dan masih banyak lagi, sampai – sampai oli pelumas mesin juga berbeda. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro.


Pengertian CVT

Pengertian CVT secara umum adalah jenis transmisi yang dapat mengubah perbandingan gigi (gear ratio) setiap saat. Sedangkan secara khususnya, lho kok secara khusus, la iya bro karena ini blog tentang motor. Sedangkan teknologi cvt bukan hanya dipakai pada sepeda motor, tapi mobil, truk, bus dan lainnya. Transmisi otomatis atau CVT, pertama kali ditemukan oleh Van der Doorne dari belanda pada tahun 1959, tapi dikembangkan oleh produsen mobil jepang pada tahun 1994 – 1995.


cvt rusak


CVT alias Continuos Variable Tranmission pada sepeda motor adalah sebuah system perpindahan tenaga / kecepatan secara otomatis yang langsung mengikuti perputaran poros engkol (crank shaft) kemudian tenaga putaran disalurkan ke pulley depan dan dihubungkan oleh vbelt untuk menyalurkan tenaga kebagian pulley belakang.
Keunggulan dari CVT yaitu mempunyai kontruksi mesin yang sederhana dan adanya perubahan perbandingan gigi tidak memaksa perputaran mesin untuk turun setiap pergantian gigi transmisi. Maksudnya saat melawati medan jalan datar, nanjak / turun tidak perlu melakukan penggantian gigi dengan menggunakan perseneling seperti tipe sepeda motor sport dan cub.

Dalam kontruksi mesin sepeda motor matik, roda gigi / gear transmisi terletak terpisah dengan poros engkol, sehingga transmisi membutuhakan minyak pelumas sendiri. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro..  

Cara Kerja Mesin Motor Matik (CVT) :

Tenaga yang dihasilkan dari langkah usaha akan memutar poros engkol (crank shaft) kemudian disalurkan ke pulley depan, putaran tenaga tersebut akan disalurkan oleh vbelt ke pulley belakang kemudian sampai ke roda belakang.

Perpindahan tenaga tersebut akan sangat ditentukan oleh mengembang dan menutupnya antara pulley depan dan pulley belakang. Untuk lebih jelasnya berikut posisi saat motor kecepatan rendah, sedang dan tinggi :

Saat pertama start diameter pulley depan (drive face) akan kecil sedangkan diameter pulley belakang (driven pulley) akan mengembang / membesar.
Saat kecepatan menengah, diameter pulley depan dan pulley belakang akan sama – sama mengembang.

Saat kecepatan tinggi, diameter pulley depan (drive face) akan membesar sedangkan diameter pulley belakang (driven pulley) akan mengecil. Perubahan seperti diatas akan terjadi secara terus menerus tanpa adanya perubahan / perpindahan gigi. Sedangkan vbelt berguna untuk menghubungkan antara pulley depan dan pulley belakang.

Komponen CVT Sepeda Motor Metik : 

Pulley Depan

Primary Fixed Sheave / Drive Pulley Face
Yaitu bagian pulley depan yang berhung langsug dengan poros engkol dan bersifat tetap tidak bergerak karena terjepit oleh mur pulley depan. Berfungsi sebagai tempat Vbelt untuk mengikat pulley depan, bagian ini jarang sekali mengalami karusakan, dan berada disisi terluar dari pulley depan.

Sliding Primary Sheeve / Movable Drive Face
Bagian dari pulley depan yang terhubung ke poros engkol dan bisa bergerak maju mundur karena adanya dorongan dari roller akibat dari gaya sentrifugal. Moveble drive face sekaligus sebagai dudukan roller atau rumah roller, sering kali mengalami kerusakan satu paket dengan bosh roller.

Kerusakannya biasanya ditandai pada bagian vbelt terdapat serbuk pecahan karat yang berwarna merah kecoklatan, adanya gap / jarak antara bosh roller dan rumah roller atau dengan bahasa simpelnya bosh roller dan rumah roller oblak.

Apakah perlu diganti kedua part tersebut ?? jelas iya jika dibiarkankan lama roller akan cepat aus / rusak walaupun baru ganti roller selama satu bulan. Penyebab dari kerusakan pada rumah roller dan bosh roller karena usia pakai dari komponen tersebut atau pemakaian part roller variasi / aftermarket yang tidak presisi.      

Roller
Pemberat yang berfungsi untuk menggerakan moveble drive face karena gaya sentrifugal, roller pada sepeda motor metik biasanya terdapat 6 buah dan mempunyai berat yang beragam. Roller bergerak karena gaya sentrifugal (gaya yang menjauhi pusatnya / sumbernya) dalam hal ini poros engkol sebagai pusat dari gaya terebut.
Roller akan mengalami aus atau kerusakan ditandai adanya bagian yang terkikis atau sudah tidak bulat lagi. Sehingga tenaga dari poros engkol tidak akan sepenuhnya tersalurkan, pabrikan menganjurkan penggantian roller per 24.000 km dibarengi dengan penggantian vbelt.

Vbelt atau Van Belt
Tali kipas atau Vbelt alias Van Belt berfungsi sebagai penerus putaran dari pulley depan menuju pulley belakang dan terbuat dari serat baja yang telah dicampur dengan karet. Pada sepeda motor matik kebanyakan memakai jenis vbelt bergerigi, agar vbelt bekerja secara sempurna maka harus diperhatikan ketegannya. Jika terlalu tegang, maka putaran cvt akan terasa berat, sebaliknya jika terlalu kendur maka vbelt tidak bisa menyalurkan putaran dengan baik dan terjadi slip. Maka dari itu jangan asal comot vbelt saat melakukan penggantian, karena efeknya akan sangat besar ke sepeda motor.

Pulley Belakang

Clutch Housing atau Outer Clutch
Berbentuk seperti teromol atau mangkuk yang berfungsi sebagai penerima putaran dari kanvas kopling sentrifugal yang kemudian akan dikirimkan ke bagian transmisi hingga akhirnya ke roda belakang.

cvt motor honda



Centrifugal Clucth atau Kanvas Kopling Ganda
Kanvas kopling matik atau kopling ganda berfungsi untuk menghubungkan tenaga dari secondary sliding sheave ke rumah kopling kemudian diteruskan ke bagian transmisi.
Ketika grip gas diplintir pada kecepatan rendah atau RPM bawah maka gaya sentrifugal dari kanvas kopling juga kecil. Sehingga roda belakang akan berputar pelan, tapi sebaliknya jika grip gas diplintir pada kecepatan tinggi. Maka kanvas kopling akan menggesek rumah kopling sehingga terjadi perpindahan tenaga dari kanvas kopling ke rumah kopling.
Kerusakan pada kanvas kopling biasanya disebabkan karena umur pemakaian dan cara pakai atau cara berkendara dari biker tersebut. Lho maksudnya ?? jadi gini bro, semisal motor lu sudah km 24.000 dan kanvas koplingnya habis / aus ya wajar lah. Tapi kalau motor lu baru km 4.000 kemudian kanvas kopling habis / aus atau malah pecah, itu 90 % penyebabnya dari cara pakai biker tersebut. Nah yang 10 % itu rahasia Tuhan, he…. He…

Untuk lebih jelasnya ini linknya bro….

Sebab Kanvas Kopling Matic Pecah atau Rusak
  
Primary Fixed Sheave atau Driven Face
Adalah bagian dari pulley belakang yang tidak bergerak / tetap dan terdapat bearing / laher bambu dan bearing driven face. Kerusakan pada primary fixed sheave / driven face terdapat pada kedua bearing yang berada di belakang driven face, sehingga akan terdengar suara kasar pada bagian cvt yang di sebabkan karena bearing tersebut. Untuk lebih jelasnya ini linknya bro…


Secondary Sliding Sheave atau Movable Driven Face
Berfungsi untuk mengatur besar dan kecil diameter pada pulley belakang, pada komponen ini terdapat peer / pegas yang berfungsi menggerakan secondary sliding sheave. Kalau di pulley depan roller sebagai penggerak sementara pulley belakang digerakan oleh peer cvt (driven face spring / secondary sheeve spring).

Kerusakan pada secondary sliding sheave / movable driven face biasanya karena hal sepele, yaitu tidak melakukan penggantian grease cvt dalam jangka lama atau lebih dari 2 tahun sekitar 24.000 km. Seharusnya saat penggantian vbelt dan roller dibarengi dengan penggantian grease dan lebih bagus lagi 4 buah sil O-ring / sil driven face diganti agar lebih mantep tidak adanya kebocoran grease.
Akibat dari tak pernah mengganti grease cvt ada pada gambar pertama.

Cara Mengganti Vbelt Motor Honda Beat, Vario, Spacy, Scoopy :

Buka blok cvt dengan menggunakan kunci T8, dan lepaskan blok cvt tersebut.

Pasang special tool ( Clucth Center Holder atau Universal Holder) di pulley depan, buka mur ring 22 dengan kunci shock / kunci momen 22.

Pasang Fly Wheel Holder di pulley belakang, kemudian kendorkan mur ring 19 dengan kunci shock / kunci momen 22.

Setelah itu lepaskan pulley depan, belakang dan vbelt terserah urutannya.

Cara memasangnya

Susun 6 buah roller pada rumah roller dan bosh roller.

Kemudian pasang ramp plate dan 3 piece slide pada susunan rumah roller tadi.

Setelah itu pasang susunan tersebut pada poros engkol (crankshaft) dan pasang vbelt dibagian bosh roller.

Tutup vbelt dengan drive face dan pasang mur 22 beserta ringnya terlebih dahulu, jangan lupa kencangkan mur tersebut dengan memakai treaker tadi, nah ini fotonya….

treaker cvt



Selanjutnya pasang pulley belakang beserta outer clutch dan kencangkan mur 19 mm.

Cara Merawat CVT Sepeda Motor Matic


Lakukan pembersihan setiap 8.000 km agar tidak ada debu, kotoran atau bahkan adanya rembesan oli dan grease, hal ini bisa dilakukan dengan membongkar semua komponen cvt atau hanya menyemprotnya dengan spray gun (angin) jika tidak memiliki treaker.

Saat membongkar komponen cvt, lebih mantep cuci pakai air sabun bisa memakai bensin asal bisa dipastikan bahwa di dalam bensin tidak tercampur dengan oli mesin dan grease. Sementara vbelt harus memakai air sabun.

Hal yang murah sering dilupakan tapi sangat fatal untuk jangka panjang, yaitu penggantian grease cvt saat bebarengan dengan penggantian vbelt dan roller. Sebelum main ganti – ganti, sebaiknya cek dulu kondisi sil O-ring atau sil driven face. Apakah sil tersebut bocor ?? jika bocor, dan hanya grease saja yang diganti maka bisa dipastikan grease tersebut akan bocor lagi. Maka sebaiknya sil o – ring diganti sekalian biar mantep.

biar ada gambaran tonton video ini sampai selasai ya bro dan jangn lupa subscribe, kalau mau nanya di channel aja biar gua gampang jawabnya he.. he..






Ok bro sekian dulu, next videonya meluncur, jangan lupa safety first and keep riding no arogan. Salam satu aspal  

Posting Komentar

0 Komentar