Fungsi Kiprok, Membedakan Ori dan KW

Hallo bro sekalian kembali lagi ke portal paling keren menurut gua dan menurut pengunjung setia kalau ada, yang membahas tentang dunia otomotif roda dua  dari pelek sampai ban gundulnya he…… He…. He…. Yang akan kita omongin kali ini tentang kiprok atau rectifier regulator, salah satu komponen elektronik yang sangat penting di sepeda motor, ok ngga usah basa basi lagi langsung sikat bro…

Fungsi kiprok atau rectifier regulator :


Pengisian


Yang dimaksud pengisian di sini bukan mengisi perut dengan makanan bro he….  Maklum lagi laper, tapi pengisian pada arus listrik yang menuju ke accu / aki. Maksudnya kiprok berfungi menyearahkan tegangan listrik yang dihasilkan oleh mesin dengan jeni AC (alternating current) diubah menjadi DC (direct current), setelah itu listrik baru bisa masuk ke accu / aki.

Selain sebagai penyearah kiprok juga berfungsi sebagai pengatur suplay arus yang masuk ke accu / aki, penjabarannya begini bro, kita sepeda motor baru dihidupkan maka arus dari accu akan terpakai entah digunakan sebagai elektrik starter, atau sumber pengapian dari sepeda motor tersebut. Maka setelah sepeda motor hidup, arus listrik akan dihasilkan dari putaran magnet yang kemudian diteruskan ke kiprok dan terakhir ke accu. Jika arus listrik accu / aki sudah penuh maka kiprok atau regulator akan mmenyimpanya sendiri atau membuangnya ke massa.

Diposisi inilah biasanya kiprok bisa di ketahui rusak atau tidaknya, karena tugas kiprok yang berat adalah menahan arus listrik berlebih jangan sampai terjadi over charge / pengisian berlebih pada accu / aki. Hampir semua pabrikan sepeda motor memberikan batas pengisian pada accu / aki kurang lebih 14,5 – 15,5 volt, jika lebih dari 15,5 maka disebut overcharge akibatnya accu / aki akan rusak dan parahnya meletus / keluar asap karena saking panasnya. Jika kurang dari 14,5 saat Rpm 8000 maka di pastikan kiprok lost charge, dan akibatnya accu akan cepat ngedrop karena tidak adanya suplay arus listrik yang disebabkan dari perputaran magnet. Setiap accu ada batas pengisian dan kecepatan pengisian untuk lebih jelasnya ini linknya..

Penerangan


Penjelasannya hampir sama bro, kiprok disini berfungsi untuk mengatur suplay arus listrik menuju lampu utama /head light. Pada dasarnya lampu utama membutuhkan tegangan 12 volt dengan kuat arus 35 watt / bisa lebih tergantung tipe sepeda motornya. Tapi untuk tegangan lampu paten 12 volt dan jika lebih paling cuman sampai 14 volt, kalau lebih dari 14 volt maka bisa di pastikan seluruh lampu entah lampu utama, lampu sen, lampu senja, lampu rem akan putus. Jika mempunya sikring yang sama biasanya 10 Ampere, tapi jika lampu depan mempunyai sikring sendiri berarti aman sebab yang putus hanya lampu depan lainnya tidak ikut merembet.

Maka dari itu jangan asal comot kiprok, untuk motor kesayangan… bro, mesti sedikit bijak dan mikir he….  Dari pada gonta - ganti ngga jelas, mending sekali ganti beres masalah kelar…  sekalian gua kasih tips biar tahu mana kiprok ori dan bukan ori bro..




kiprok motor



Cara Mengetahui Antara Kiprok  / Rectifier Regulator Original atau Bukan Original :


Merk  dan Kemasan

Nah ini paling gampang untuk ori tidak terdapat merk yang ada hanya kode part pada bagian kiprok tersebut, tapi kalau after market terdapat merk tertentu  yang mencolok di bagian kiprok dan kemasannya. Yang lebih parah lagi yaitu KW, dari bungkus dan kode sama plek dengan original pabrikan, ini yang membuat membeli kucing dalam karung dan harus teliti tapi tenang gua kasih solusi yang penting tetep simak aja.

Kalau original pabrikan biasanya buatan vendor yang sama entah itu Honda, Yamaha, Suzuki jadi kadang untuk tipe tertentu bisa dilakukan substitusi / kanibalan, contoh honda beat, revo 110, vario, blade 110, bisa memakai ymaha mio, Jupiter z, vega zr, atau pakai Suzuki shogun 110 contoh ini buat motor karburator loh bro….


Warna


Untuk warna kiprok original biasanya berwarna silver burem,sedangkan aftermarket punya warna tersendiri sesuai pabrikan masing – masing. Sedangkan KW mempunyai warna silver hampir mirip original cuman lebih terang.

Memakai Avometer

Cara ini yang paling ampuh dari segala cara di jamin ces pleng tanpa embel – embel lainnya, yaitu mengukur tegangan pengisian dari kiprok tersebut, syaratnya keadaan accu harus masih baru, bukan lama terpakai apalagi accu ngedrop… itu mah parah harus gantiaccu baru dulu baru bisa di praktekin.  Caranya sudah pernah gua bahas ini linknya..




Tapi santai bro ini video buktinya, soalnya ngomong kalau ngga ada bukti ntar dikira tong kosong…. He….. Karena gua udah bingung dan ngantuk jadi udahan dulu, jangan lupa safety first, keep riding no arogan…. And chek it dot…