Ini Bro, Cara Reset ECU Honda New CB150R, New CBR150R, CBR150R FI, CB150R

Sejeworks – Selamat datang para bro semua !! long time ngga update blog ini berhubung lagi pada sibuk mudik dan balik edisi lebaran karena capeknya dalem banget euy.... Nah sekarang ini gua sempet – sempetin buat nengokin blog yang paling keren menurut emak gua he... he... Ngomong – ngomong sudah pada check up belum kuda besinya setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh pulang pergi, jika belum cepet – cepetlah biar performa motor lo top cer dan ngga ada kendala he..... he...


lampu injeksi



Sebenarnya reset ECM atau ECU pada sepeda motor injeksi Honda pernah kita bahas, tapi yang menjadi sampel motor matic beat. Nah sekarang ini yang mau kita bahas cara reset pada motor sport injeksi Honda mulai dari New CB150R, New CBR150R, CBR150R FI, CB150R, CBR250R, CBR250RR, Verza, Megapro FI, CB Verza 150, CRF 150 dan masih banyak lagi.

Untuk cara resetnya sama persis antara motor sport, matic dan bebek, tapi yang menjadi letak perbedaannya adalah posisi DLC atau soketam untuk melakukan reset tersebut. Sementara untuk motor Yamaha jika mau melakukan reset ECM atau ECU harus memakai alat khusus dan tidak bisa dilakukan dengan cara manual.


Fungsi Reset ECU Motor Injeksi

Menghapus kode kerusakan atau kegagalan proses yang tersimpan pada ECM / ECU selaku otak dari motor injeksi.

Mengontrol dan menjaga kesehatan ECM / ECU.

Memperbaiki akselarasi sepeda motor yang kurang responsif, brebet dan boros.

Kenapa Perlu Reset ECM / ECU Motor Injeksi

Sensor – sensor Injeksi yang Eror atau gagal proses.

Jalur kabel body menuju sensor putus nyambung.

Penggantian part / komponen pada sistem injeksi.

Adanya endapan karbon / kotoran pada sensor – sensor sistem injeksi.
Cara Reset Manual Honda New CB150R, New CBR150R, CBR150R FI, CB150R

Cara Reset Manual Motor Injeksi

Cari tahu dulu lokasi DLC dari motor lo bro karena setiap motor mempunyai perbedaan walaupun ada sebagian yang memiliki persamaan.

Kemudian siapkan DLC Short Connector atau bisa memakai kabel biasa dengan panjang 8 cm yang pada tiap ujungnya telah dikupas. Dan lebih bagus lagi bagian tengahnya telah dipotong dan dikupas.

Pertama – tama cek dulu kondisi motor apakah ada kode kerusakan yang tersimpan didalam ECU / ECM. Caranya cukup dengan menyambung atau jamper soket DLC saat kondisi kunci kontak OFF dengan kabel yang telah dipersiapkan tadi.

Sebelumnya lepas terlebih dahulu tutup DLC dan perhatikan betul - betul posisi lubang soketan tersebut karena jika salah sambung bisa gaswat paling tidak sikering / fuse putus atau bisa ekstream lagi. Jadi hati – hati bro, biar lebih jelas gambarnya ada dibawah ini....


cara reset manual motor injeksi



Tapi berhubung gua lagi baik hati gua jelasin pakai tulisan, video dan gambar, posisi soketan untuk reset ECM yang betul berada sebelah kiri dari cenilan atau pengunci tutup DLC pada bagian atas dan bawah.

Setelah soket DLC benar – benar tersambung dengan kabel, putar kunci kontak pada posisi ON dan perhatikan indikator lampu MIL yang terletak pada speedo meter. Jika lampu indikator injeksi (MIL) menyala terus berarti tidak ada masalah, tapi jika lampu berkedip – kedip berarti ada masalah pada sistem injeksi dan kode kerusakan tersebut tersimpan dalam ECM / ECU.

Perhatikan nyala lampu tersebut karena setiap kedipan mempunyai arti kode kerusakan sensor Injeksi yang berbeda, selain itu terdapat dua jenis kedipan dari kedipan pendek dengan nyala (0,3 detik) dibaca 1. Dan kedipan panjang dengan nyala lampu 1,3 detik dibaca 10, jika terdapat keruskan lebih dari sensor injeksi maka semua kode kerusakn akan menyala secara berulang – ulang.

Setelah pengecekan tersebut ternyata ECU tidak menyimpan kode kerusakan maka tak perlu melakukan reset manual, tapi jika ECU /ECM menyimpan kode kerusakan lakukan reset ECU.

Cara reset manual motor injeksi, posisi DLC masih tersambung dengan DLC Short Connector atau kebel dengan posis kunci kontak OFF.

Kemudian putar kunci kontak pada posis On dan cabut DLC Short Connector atau kabel tersebut dengan jeda waktu kurang dari 5 detik, segera sambung kembali DLC dengan DLC Short Connector atau kabel.

Setelah tersambung kembali DLC dengan kabel maka langkah selanjutnya putar kunci kontak pada posisi OFF. Dan cek hasil kerja apakah reset manual tersebut berhasil atau gagal, cara mengeceknya seperti langkah pertama diatas.

Catatan penting kode kerusakan bisa tersimpan lebih dari satu, reset berhasil jika kerusakan pada sensor – sensor injeksi sudah teratasi. Dan kode kerusakan tersebut akan muncul kembali jika kerusakan pada sensor belum terselasaikan secara tuntas.

Biar lebih jelasnya pantengin saja videonya bro sampai kelar, tapi jangan lupa subscribe dulu ya... he...





Akhir kata gue mau kabur dulu, jangan lupa safety first & keep riding no arogan dan salam satu aspal... Jika artikel ini berguna bagi lo dan orang lain atau komunitas lo, bagikan bro biar nambah pahala... he.... he.... 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. gun, saya sudah ciba dan beli kabel dlc ketika pemasangan sesuai ajaran gun tadi tapi tidak berkedik atau menyala lampu indikatornya iya gun tapi motor saya masih berebet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca artikel yang judulnya penyebab motor injeksi brebet. And subscribe channel this blog

      Hapus
  2. Bro..klo buat resset total kilometer cb150 r gmn cara nya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke dealer bro, beli motor baru skalian dapet gratis bpkb nya

      Hapus