Sejeworks – Selamat datang para bro semua !! long time
ngga update blog ini berhubung lagi pada sibuk mudik dan balik edisi lebaran
karena capeknya dalem banget euy.... Nah sekarang ini gua sempet – sempetin
buat nengokin blog yang paling keren menurut emak gua he... he... Ngomong –
ngomong sudah pada check up belum kuda besinya setelah menempuh perjalanan yang
lumayan jauh pulang pergi, jika belum cepet – cepetlah biar performa motor lo
top cer dan ngga ada kendala he..... he...
Sebenarnya reset ECM atau ECU pada sepeda motor injeksi
Honda pernah kita bahas, tapi yang menjadi sampel motor matic beat. Nah
sekarang ini yang mau kita bahas cara reset pada motor sport injeksi Honda
mulai dari New CB150R, New CBR150R, CBR150R FI, CB150R, CBR250R, CBR250RR,
Verza, Megapro FI, CB Verza 150, CRF 150 dan masih banyak lagi.
Untuk cara resetnya sama persis antara motor sport,
matic dan bebek, tapi yang menjadi letak perbedaannya adalah posisi DLC atau
soketam untuk melakukan reset tersebut. Sementara untuk motor Yamaha jika mau
melakukan reset ECM atau ECU harus memakai alat khusus dan tidak bisa dilakukan
dengan cara manual.
Fungsi Reset ECU Motor Injeksi
Menghapus kode kerusakan atau kegagalan proses yang
tersimpan pada ECM / ECU selaku otak dari motor injeksi.
Mengontrol dan menjaga kesehatan ECM / ECU.
Memperbaiki akselarasi sepeda motor yang kurang
responsif, brebet dan boros.
Kenapa Perlu Reset ECM / ECU Motor Injeksi
Sensor – sensor Injeksi yang Eror atau gagal proses.
Jalur kabel body menuju sensor putus nyambung.
Penggantian part / komponen pada sistem injeksi.
Adanya endapan karbon / kotoran pada sensor – sensor
sistem injeksi.
Cara Reset Manual Honda New CB150R, New CBR150R, CBR150R
FI, CB150R
Cara Reset Manual Motor Injeksi
Cari tahu dulu lokasi DLC dari motor lo bro karena
setiap motor mempunyai perbedaan walaupun ada sebagian yang memiliki persamaan.
Kemudian siapkan DLC Short Connector atau bisa memakai
kabel biasa dengan panjang 8 cm yang pada tiap ujungnya telah dikupas. Dan
lebih bagus lagi bagian tengahnya telah dipotong dan dikupas.
Pertama – tama cek dulu kondisi motor apakah ada kode
kerusakan yang tersimpan didalam ECU / ECM. Caranya cukup dengan menyambung
atau jamper soket DLC saat kondisi kunci kontak OFF dengan kabel yang telah
dipersiapkan tadi.
Sebelumnya lepas terlebih dahulu tutup DLC dan
perhatikan betul - betul posisi lubang soketan tersebut karena jika salah
sambung bisa gaswat paling tidak sikering / fuse putus atau bisa ekstream lagi.
Jadi hati – hati bro, biar lebih jelas gambarnya ada dibawah ini....
Tapi berhubung gua lagi baik hati gua jelasin pakai
tulisan, video dan gambar, posisi soketan untuk reset ECM yang betul berada
sebelah kiri dari cenilan atau pengunci tutup DLC pada bagian atas dan bawah.
Setelah soket DLC benar – benar tersambung dengan kabel,
putar kunci kontak pada posisi ON dan perhatikan indikator lampu MIL yang
terletak pada speedo meter. Jika lampu indikator injeksi (MIL) menyala terus
berarti tidak ada masalah, tapi jika lampu berkedip – kedip berarti ada masalah
pada sistem injeksi dan kode kerusakan tersebut tersimpan dalam ECM / ECU.
Perhatikan nyala lampu tersebut karena setiap kedipan
mempunyai arti kode kerusakan sensor Injeksi yang berbeda, selain itu terdapat
dua jenis kedipan dari kedipan pendek dengan nyala (0,3 detik) dibaca 1. Dan
kedipan panjang dengan nyala lampu 1,3 detik dibaca 10, jika terdapat keruskan
lebih dari sensor injeksi maka semua kode kerusakn akan menyala secara berulang
– ulang.
Setelah pengecekan tersebut ternyata ECU tidak menyimpan
kode kerusakan maka tak perlu melakukan reset manual, tapi jika ECU /ECM
menyimpan kode kerusakan lakukan reset ECU.
Cara reset manual motor injeksi, posisi DLC masih
tersambung dengan DLC Short Connector atau kebel dengan posis kunci kontak OFF.
Kemudian putar kunci kontak pada posis On dan cabut DLC
Short Connector atau kabel tersebut dengan jeda waktu kurang dari 5 detik,
segera sambung kembali DLC dengan DLC Short Connector atau kabel.
Setelah tersambung kembali DLC dengan kabel maka langkah
selanjutnya putar kunci kontak pada posisi OFF. Dan cek hasil kerja apakah
reset manual tersebut berhasil atau gagal, cara mengeceknya seperti langkah
pertama diatas.
Catatan penting kode kerusakan bisa tersimpan lebih dari
satu, reset berhasil jika kerusakan pada sensor – sensor injeksi sudah
teratasi. Dan kode kerusakan tersebut akan muncul kembali jika kerusakan pada
sensor belum terselasaikan secara tuntas.
Biar lebih jelasnya pantengin saja videonya bro sampai
kelar, tapi jangan lupa subscribe dulu ya... he...
gun, saya sudah ciba dan beli kabel dlc ketika pemasangan sesuai ajaran gun tadi tapi tidak berkedik atau menyala lampu indikatornya iya gun tapi motor saya masih berebet
BalasHapusCoba baca artikel yang judulnya penyebab motor injeksi brebet. And subscribe channel this blog
HapusBro..klo buat resset total kilometer cb150 r gmn cara nya🙏
BalasHapusKe dealer bro, beli motor baru skalian dapet gratis bpkb nya
Hapus