Kumplit Kode Busi Motor Honda Dari Standar Sampai Racing

Busi yang berfungsi sebagai bunga api yang menyalakan campuran bahan bakar dan udara, yang terpasang di ruang bakar sebuah mesin besin / sepeda motor, karena blog ini membahas sepeda motor bukan mobil ya bro…. he…. He…

Cara kerjanya :

Mesin sepeda motor memperoleh tenaga dengan mengkompresi / memadatkan campuran bahan bakar dan udara, setelah itu campuran tersebut akan diledakan  oleh percikan api dari busi yang berasal dari tenaga listrik yang masuk melalui koil pengapian. Jadi busi sangatlah penting untuk performa sepeda motor, karena dia adalah awal dari semua ini, ya elah…. Gitu amat. He….



busi motor



Cara Baca Kode Busi



Arti Kode Busi Denso

Jika di bagian busi ada tulisan U22FSU

Kode U 
berarti diameter ulir dan lebar  hexagonal dengan satuan mm
( U = 10 MM) ( X =  12 MM) ( W = 14 MM ).

Kode 22 
berarti tingkat panas busi 

Kode F 
berarti panjang ulir ( E = 19 MM) ( F = 12,7 MM)

Kode S 
berarti type ( S : standart) ( P : project)




Arti Kode Busi NGK


CPR6EA berarti:

C berarti diameter ulir dan lebar hexagonal

P projected isulator ( kontruksi internal )

R resistor ( kontruksi internal )

6 tingkat panas busi 

E panjang ulir

A kode suffix

9 celah busi




Diameter ulir dan lebar hexagonal busi:


NGK    Denso     Ulir diameter      Lebar hex
B            W               14,0                  20,6
C            U                10,0                  16,0
D            X                12,0                  18,0



busi racing


Menurut rentang panasnya busi dibagi menjadi dua yaitu:


  • Busi Dingin

Busi dengan tingkat penyebaran panasnya  tinggi. Cirinya memiliki bagian kaki isulator pendek, luas permukaan yang terpengaruh oleh nyala api dan kapasitas kantongnya besar.  
Suhu elektroda pusat yang tidak mudah naik, sehingga tidak mungkin mencapai suhu pre- ignition / pra pengapian (keadaan dimana bahan bakar menyala dengan sendirinya sebelum busi memercikan api) bahkan pada kecepatan tinggi. Busi jenis ini umunya digunakan untuk kecepatan tinggi, mesin output yang tinggi.
Busi dingin tidak diharapkan bekerja pada suhu ruang bakar rendah, jadi kalau salah pilih busi dingin motor akan susah dihidupkan saat kondisi mesin masih dingin. Lah terus gimana kalau mau pakai busi racing – racingan, santai gua sudah siapkan semuanya tapi untuk tipe honda dulu bro, merk lain nanti menyusul. Dan busi yang dipakai merk NGK yang lainnya belum he…., takut salah tulis soalnya valentine rossi juga ikut baca, ntar malah gua diketawain he… he….

  • Busi Panas

Busi dengan tingkat penyebran panas rendah (low heat range). Cirinya memiliki bagian isulator yang panjang, memiliki luas permukaan yang terpangaruh oleh nyala api dan kapasitas kantong gasnya besar, suhu elektroda pusat yang naik dengan mudah dan bahkan pada kecepatan rendah.

Busi panas ini tidak diharapkan bekerja pada suhu ruang bakar tinggi, bila temperature ruang bakar mencapai sekitar 850 derajat celcius, maka akan terjadi proses pre-ignition . jika terjadi pre-ignition maka kemungkinan besar akan menimbulkan over heating (pemanasan extrem) akibatnya klep, piston bahkan poros engkol akan rusak, warna busi putih pucat dan bahkan busi kadang meleleh.  

  • Rentang Panas Busi


NGK             | 5      | 6      | 7    |8      | 9      | 9.5   | 10    | 11
DENSO         | 16    | 20    | 22   |24     | 27    | 29    | 31    | 34
CHAMPION   | 12,11| 10,9          | 8,7   | 63,61         | 59    | 57    | 55
BOSCH         | 8      | 7,6   | 5     | 4      |3                | 2



Kode Busi Sepeda Motor Honda


Jenis Sepeda Motor Standart                 Gpower                   Iriduim

Honda astrea 800    C6HSA                   CR6HGP                 CR6HIX
Grand / Revo 100    C7HSA                   CR7HGP                 CR7HIX
Astrea Impresa       C7HSA                    CR7HGP                 CR7HIX
Astrea Legenda       C7HSA                   CR7HGP                 CR7HIX
Astrea Prima           C7HSA                   CR7HGP                 CR7HIX
Astrea Star             C7HSA                   CR7HGP                 CR7HIX
Beat Karbu              CPR8EA-9              CPR8EAGP-9          CPR8EAIX
Beat ESP                MR9C-9N               CPR9EAGP             CPR9EAIX-9
Beat ESP All New    MR9C-9N               CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Beat Pop                MR9C-9N               CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Beat FI                   CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Blade 110               CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR6EAIX-9S
Blade FI                 CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR6EAIX-9S
C90                       D6HS
CB150R Street Fire  CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
CBR150 lokal          CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
CBR150 Thailand     CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
CBR250 Thailand     SIMR8A-9               -                            SIMR8A9
CBR250RR              -                            -                            SILMAR8C-9
CSI / Nova Sonic     CR8E                     CR8EGP                  CR8EIX
Fit, Fit S, Fit X        C7HSA                    CR7HGP                 CR7HIX
GL Max,100, 125     DP8EA-9                DPR8EGP-9            DPR8EIX-9
GL, Megapro 160    DP8EA-9                DPR8EGP-9            DPR8EIX-9
CB, CG                   D8EA                     -                            DR8EIX
Karisma / Kirana      CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR7EAIX-9S
Mega Pro New        CPR8EA-9S             CPR8EAGP-9          CPR8EAIX-9S
Mega Pro New FI     CPR9EA-9S             CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9S
NSR150R               B8ES                      BR8EGP                 BR8EIX
PCX 125                 CPR7EA-9S             CPR7EAGP-9          CPR7EAIX-9S
PCX 150                 CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9 
Revo Absolute 110  CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR6EAIX-9S
Revo AT / CW         CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR6EAIX-9S
Revo FI                  CPR8EA-9S             CPR8EAGP-9          CPR8EAIX-9S
Scoopy Karbu          CPR8EA-9S             CPR8EAGP-9          CPR8EAIX-9S
Scoopy ESP            MR9C-9N               CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9S
Scoopy FI               CPR9EA-9S             CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9S
Spacy Karbu            CPR8EA-9S             CPR8EAGP-9          CPR8EAIX-9S
Spacy FI                 CPR9EA-9S             CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9S
Supra 100              C7HSA                    CR7HGP                CR7HIX
Supra GTR 150       MR9C-9N                CPR9EAGP-9           CPR9EAIX-9S
Supra X 125 Karbu   CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR7EAIX-9S
Supra Helm In         CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR7EAIX-9S
Supra 125 FI           CPR6EA-9S             CPR6EAGP-9          CPR7EAIX-9S
Tiger                      DP8EA-9                DPR8EGP-9            DPR8EIX-9
Vario Karbu            CR7EH-9                _                           CR8EHIX-9
Vario FI                  CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Vario 125 ESP New CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Vario 150 ESP         CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9
Verza                     CPR9EA-9              CPR9EAGP-9          CPR9EAIX-9




Ada banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan busi, suhu lingkungan tempat sepeda motor berada, besarnya kapasitas silinder (cc), besarnya perbandingan kompresi, dan desain mesin (modifikator mesin).

Tips Memilih Busi :


- Perhatikan hex size (diameter ring) dan panjang ulir busi, jika salah memilih panjang ulir akan berkibat pada piston yang jebol karena bertabrakan dengan busi.

- Pilih rentang panas busi sesuai anjuran pabrikan, biasanya kodenya berupa angka yang berada ditengah kode busi. Kesalahan memilih rentang panas busi akan berakibat, motor susah dihidupkan sehingga menimbulkan Carbon Fouling / penumpukan karbon karena proses pembakaran tidak sempurna.

- Untuk motor injeksi usahakan memakai busi yang terdapat kode ‘ R ‘ yang berarti resistor bukan racing. Contoh CPR9EA-9 atau memakai MR9C-9N untuk merk NGK, semtara untuk Denso U27EPR9.

- Saat penggantian busi, apakah perlu dilakukan penyetelan celah busi?? lebih baik diukur dulu celah busi apakah sesuai standart pabrikan, karena kadang kala celah busi terlalu rapat karena terjadi benturan yang tidak disengaja karena prosese pengiriman barang atau penyimpanan. celah busi 0,7 - 0,9 mm biasanya terdapat dikode busi tersebut.


Nah itu penjabaran sederhananya, next time lanjut buat merk motor lain bro kalau gua ngga lupa he….. dont forget safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal…