Ban merupakan komponen penting sepeda motor yang berfungsi sebagai:
- menyerap goncangan dari permukaan jalan.
- mengubah dan mempertahankan arah jalan
- meneruskan gaya pengereman.
Ban pada motor di bagi menjadi dua:
- Tube tires ( ban dengan ban dalam).
- Tubeless tires ( ban tanpa ban dalam)
Nah ini bagian bagiannya
Treads : telapak ban
Breaker : mencegah pemisahan antara thread dan carcass.
Carcass : menaha beban dan kejutan dari ban.
Sidewall : dinding samping ban/ melindungi carcass dari permukaan jalan.
Rim line : garis pelek/ memeriksa bahwa beads telah duduk pada posisi yang benar saat di pasang di pelek.
Beads : kawat baja
Inner liner: lapisan paling dalam dari ban tubless.
Cara baca ban sepeda motor :
Satuan metrik
80/90 - 14 - M/C 46 P
80 : Lebar ban
90 : Rasio perbandingan lebar dan tinggi ban %
14 : Diameter velg dalam (inchi)
M/C : Jenis komponen ban.
46 : Beban max.
P ; Kecepatan max.
Satuan inchi
250 - 17 - 4 PR
250 : lebar ban ( inchi)
17 : Diameter velg ( bag dalam).
4 : tingkat lapiasan ban.
P : batas kecepatan.
Lambang batas kecepatan ban:
Lambang batas kecepatan ban:
- J : 100 Km /Jam
- N : 140 Km / Jam
- P : 150 Km / Jam
- S : 180 Km / Jam
- H : 210 Km / Jam
Sedangkan untuk tekanan udara ban depan 200 kpa ( 29 psi) sementara
ban belakang 225 kpa ( 33 psi ). Sekian dulu ya bro, thk dah mampir.....