Kuras Minyak Rem Sepeda Motor

Rem salah satu faktor safety pada sepeda motor, buat yang suka ngebut alias asoy geboy rem harus diperhatiin dari kondi kanvas remnya, piringan cakram, sil master rem dan minyak remnya apa dalam posisi upper ( batas atas) atau lower ( batas bawah). Sebenarnya bukan buat tukang ngebut doang tapi seluruh biker, Kali ini gau mau kasih tau dikit tentang minyak rem, standar penggunaan DOT 4, kenapa DOT 4 karana pabrikan motor menyarankanya. Itu jawaban sekenanya he....   karana titik didih dot 4 lebih dari 155 derajat.

Minyak rem harus menpunyai sifat sifat :


- Titik didih yang tinggi.
- Tidak menimbulkan karat dan kerusakan pada part dari logam dan karet.
- Viskositas yang cukup pada suhu tinggi dan rendah.
- Mempunyai performa pelumasan.
minyak rem honda


Sebaiknya lakukan penggantian atau kuras minyak rem 12.000 km, lakukan secara berkala, tapi lebih bagus saat penggantian kanvas rem. karena saat penggantian kanvas rem takaran minyak rem akan pas sesuai batas upper dengan kanvas yang masih baru dan tebel. Untuk harga minyak rem kurang lebih RP 7.000, sampai tulisan ini di posting.

Harga dah di omongin, sifat minyak rem udah, penggantian periodik udah, o.... ya akibatnya yang belum. kalo minyak rem ga di kuras minyak rem akan keruh berwarna hitam saat hendle rem di tarik terasa mbagel/ keras tapi roda ngga langsung terkunci oleh kanvas rem. 

buat biker yang mau otak atik sendiri siapin aja obeng plus/ obeng kembang, kunci ring 8 mm, selang buat bleeder kalo biasa berwarna tranparan. Bisa dari selang aki basah atau beli di toko bangunan selang air buat ngukur tembok..

Dan pertanyaan besarnya kalo minyak rem campur antar merk misal jumbe dengan sltp atau dengan ori bawaan pabrik ( maaf tidak menyebut merk spesifik). maka yang terjadi adalah vapor lock : peristiwa saat kanas rem memanas secara tidak normal karena menyeretnya rem. biasanya dimulai dari kanvas rem kemudian menjalar ke caliper dan komponen rem.



Dibawah ini udah gua siapin videonya jangan lupa subscribe ya bro...
buat kuras minyak rem, sendiri. Akhir kata dan akhir gaya safety firts and keep iding no arogan salam satu aspal bro...