Sepeda Motor Pertama di Dunia

Selamat datang semua di blog yang cukup keren tapi masih tetep keren yang baca, he…. Karena ini postingan pertama gua, kalau masih acak – acakan, gua ngga mnta maaf cuman harap maklum he… bagi para biker ngga afdol kalau ngga paham siapa yang bikin motor pertama ? siapa yang punya motor pertama di Indonesia ? beli dimana ? casa tau kredit ? siapa salesnya ? ha…. ngga sesaklek itu kali bro…. dan pertanyaan terakhir dimana pabrik sepeda motor terbesar didunia  ? semua pertanyaan itu akan kita jawab setajam grenda he…..


Motor pertama di buat pada tahun 1895, penemu motor ini adalah Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah jerman. Sepeda motor butan  mereka mengunakan mesin otto / mesin 4 langkah  temuan Nicolaus Otto yang telah di patenkan dan dipasarkan sejak tahun 1876. Setelah Nicolaus Otto menyelesaikan mesin temuannya tersebut, Gottlieb Daimler yang pernah menjadi karyawan otto mengembangkannya menjadi sebuah mesin baru dan juga menciptakan karburator pertama di dunia.

Kemudian Wilhelm Maybach menempelkan mesin dan karburator tersebut ke sepeda Daimler maka jadilah sepeda motor, bentuk sepeda motor petroleum Reitwagon buatan Daimler dan Maybach memiliki sepasang roda di tengah mirip seperti roda pengaman agar sepeda tetap tegak lurus. Dari sinilah awal mula perusahaan Merchedes-Benz, tapi et…. Tunggu dulu ini blog motor woy…


Motor pertama di dunia sudah pakai twin cylinder, 4 valve, water cooler dan bermesin 1.500 cc. kalo motor lu masih 150 cc ga pakai water cooler, berartidah ketinggalan he....  tapi tenaga yang di hasilkan hanya 2.5 hp pada 240 rpm. sepeda ini kendaraan pertama di dunia yang memakai bahan bakar minyak bumi. Tahun 1893 sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmuller di muenchen jerman.


Semetara itu pada tahun 1895 di amerika  EJ Penington memperlihatkan motor bikinannya, yang akhirnya di kenal sebagai istilah motorcycle. Pada tahun yang sama Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor, di  tahun 1902 perusahaan tersebut memproduksi sepeda motornya yang pertama.


Sepeda motor pertama kali dimilki oleh seorang berkebangsaan inggris bernama John C.Potter pada tahun 1893, sampai sekarang belum di ketahui dealer mana yang menjual motor tersebut dan entah siapa salesnya, ngga tau linda atau desi wk…. wk… becanda bro.. Dalam buku kreta setan (de duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya Hildebrand und Wolfmuller di muenchen jerman.


Untuk pabrik sepeda motor terbesar di dunia hingga saat ini di pegang oleh Astra HondaMotor (AHM) dengan total kapasitas produksi mencapai 5,3 juta unit pertahun, yang terdiri dari beberapa pabrik di berbagai lokasi diantaranya sunter, pegangsaan dua , cikarang dan terakhir di karawang.


Ok bro demikin dulu tulisan singkat gua, dan tidak ketinggalan salam satu aspal keep riding no arogan… 






sepeda motor pertama didunia