Selamat datang kembali para bro semua, masih pada betah
nongkrong disinikan. Untuk kali ini kita ngomongin rem teromol, karena rem
cakram sudah dan ngga afdol kalau saudara dekatnya ngga di bahas... he....
Karena setiap pemakaian rem
kanvas pasti mulai habis secara bertahap. Untuk main bebas hendel rem atau rem
tangan 10 - 20 mm sedangkan untuk pedal rem / rem yang diinjak 25 - 35 mm.
Karat yang mengakibatkan rem
menjadi seret atau tidak balik, cukup amplas dan oleskan greas atau oli cam.
Pasang kembali sesuai marking atau tanda yang benar.
Karena kanvas rem asli terbuat dari material non-asbestos tekstur lebih padat,
mengandung tembaga, sementara kanvas rem palsu terbuat dari material asbestos,
tekstur rapuh dan tidak mengandung tembaga.
Terus putar baud
stopper ke arah dalam. Sedangkan untuk model bebek /cup dan sport bisa langsung
putar baud ring 14 mm kearah dalam.
Sekian dulu ya bro, ojo lali safety first salam
satu aspal, keep riding no arogan and keep smile …. Ja… ja…. untuk lebih
jelasnya video di bawah ini ada penyetelannya.
Di atas ini ada vidionya cek it dottt...
Buat para biker yang belum baca rem cakram, di bawah ini
linknya.
http://www.sejeworks.id/2017/03/kuras-minyak-rem-motor.html
http://www.sejeworks.id/2017/03/kuras-minyak-rem-motor.html
Rem teromol bekarja melalui brake shoes ( sepatu rem) yang
menekan pada bagian dalam brake drum ( tromol rem) untuk membangkitkan gaya
pengereman. Fungsi utama dari rem adalah untuk memperlambat laju kendaraan saat
pedal rem ditekan atau di injak, jadi bukan untuk menghentikan laju kendaraan
ya bro… karena fungsinya yang sangat penting maka rem harus dan sangat
diperhatikan
Rem teromol menurut cara kerja dan pemakainnya dibagi dua;
Dioprasikan oleh kabel
Cara kerjanya dari hendel rem yang ditarik kemudian
diteruskan oleh kabel rem terus ke tromol rem, conntoh : Yamaha mio series,
honda beat series, honda vario series. Kerusakan sering terjadi pada kabel rem,
dari mulai putus sampai berkarat sehingga rem terasa berat, sebaiknya lakukan penggantian
saat motor sudah berumur lebih dari 4 tahun. Dan problem lain juga terjadi pada
tuas pengungkit kanvas rem yang tidak bekerja secara lancar, akibatnya rem
tangan kiri atau rem belakang mengunci sehingga laju roda belakang seret.
Dioprasikan oleh tangkai
Cara kerjanya di injak pedal rem kemudian diteruskan ke
tromol , Contoh Honda Revo 110, Yamaha Jupiter z karbu, Suzuku Shogun 110.
Untuk jenis in jarang terjadi kerusakan, paling kerusakan yang terjadi karena
kecelakaan lalu lintas bukan karena umur part.
Cara merawat rem teromol :
- Perhatikan jarak main bebas
Karena setiap pemakaian rem
kanvas pasti mulai habis secara bertahap. Untuk main bebas hendel rem atau rem
tangan 10 - 20 mm sedangkan untuk pedal rem / rem yang diinjak 25 - 35 mm.
- Bersihkan tuas pengungkit
Karat yang mengakibatkan rem
menjadi seret atau tidak balik, cukup amplas dan oleskan greas atau oli cam.
Pasang kembali sesuai marking atau tanda yang benar.
Ini gambarnya bro...
- Cek juga keadaan saklar / switch rem dan lampu rem
berfungsi.
- Gunakan suku cadang asli agar pengereman lebih optimal
Karena kanvas rem asli terbuat dari material non-asbestos tekstur lebih padat,
mengandung tembaga, sementara kanvas rem palsu terbuat dari material asbestos,
tekstur rapuh dan tidak mengandung tembaga.
Untuk penjelasan apa itu asbestos dan non-asbetos kayaknya
lain waktu aja ya bro..
Penyetelan rem teromol :
- Pertama usahakan motor posisi standart dua.
- Dengan posisi kunci kontak off siapkan tang dan kunci 14 mm entah
itu kunci T, pas atau ring.
- Tahan kabel rem dengan tang untuk matik
Terus putar baud
stopper ke arah dalam. Sedangkan untuk model bebek /cup dan sport bisa langsung
putar baud ring 14 mm kearah dalam.
- Perhatikan jarak main bebas pedal rem setelah melakukan
penyetelan.
Di atas ini ada vidionya cek it dottt...