Cara Stel dan Merawat Rem Teromol

Selamat datang kembali para bro semua, masih pada betah nongkrong disinikan. Untuk kali ini kita ngomongin rem teromol, karena rem cakram sudah dan ngga afdol kalau saudara dekatnya ngga di bahas... he....

Buat para biker yang belum baca rem cakram, di bawah ini linknya.

http://www.sejeworks.id/2017/03/kuras-minyak-rem-motor.html


Rem teromol bekarja melalui brake shoes ( sepatu rem) yang menekan pada bagian dalam brake drum ( tromol rem) untuk membangkitkan gaya pengereman. Fungsi utama dari rem adalah untuk memperlambat laju kendaraan saat pedal rem ditekan atau di injak, jadi bukan untuk menghentikan laju kendaraan ya bro… karena fungsinya yang sangat penting maka rem harus dan sangat diperhatikan

Rem teromol menurut cara kerja dan pemakainnya dibagi dua;


Dioprasikan oleh kabel


Cara kerjanya dari hendel rem yang ditarik kemudian diteruskan oleh kabel rem terus ke tromol rem, conntoh : Yamaha mio series, honda beat series, honda vario series. Kerusakan sering terjadi pada kabel rem, dari mulai putus sampai berkarat sehingga rem terasa berat, sebaiknya lakukan penggantian saat motor sudah berumur lebih dari 4 tahun. Dan problem lain juga terjadi pada tuas pengungkit kanvas rem yang tidak bekerja secara lancar, akibatnya rem tangan kiri atau rem belakang mengunci sehingga laju roda belakang seret.


Dioprasikan oleh tangkai


Cara kerjanya di injak pedal rem kemudian diteruskan ke tromol , Contoh Honda Revo 110, Yamaha Jupiter z karbu, Suzuku Shogun 110. Untuk jenis in jarang terjadi kerusakan, paling kerusakan yang terjadi karena kecelakaan lalu lintas bukan karena umur part.


Cara merawat rem teromol :


  • Perhatikan jarak main bebas 

Karena setiap pemakaian rem kanvas pasti mulai habis secara bertahap. Untuk main bebas hendel rem atau rem tangan 10 - 20 mm sedangkan untuk pedal rem / rem yang diinjak 25 - 35 mm.


  • Bersihkan tuas pengungkit

Karat yang mengakibatkan rem menjadi seret atau tidak balik, cukup amplas dan oleskan greas atau oli cam. Pasang kembali sesuai marking atau tanda yang benar.


Ini gambarnya bro...

setelan rem



  • Cek juga keadaan saklar / switch rem dan lampu rem berfungsi.



  • Gunakan suku cadang asli agar pengereman lebih optimal 

Karena kanvas rem asli terbuat dari material non-asbestos tekstur lebih padat, mengandung tembaga, sementara kanvas rem palsu terbuat dari material asbestos, tekstur rapuh dan tidak mengandung tembaga.



Untuk penjelasan apa itu asbestos dan non-asbetos kayaknya lain waktu aja ya bro..


Penyetelan rem teromol :


  • Pertama usahakan motor posisi standart dua.



  • Dengan posisi kunci kontak off siapkan tang dan kunci 14 mm entah itu kunci T, pas atau ring.



  • Tahan kabel rem dengan tang untuk matik 

Terus putar baud stopper ke arah dalam. Sedangkan untuk model bebek /cup dan sport bisa langsung putar baud ring 14 mm kearah dalam.


  • Perhatikan jarak main bebas pedal rem setelah melakukan penyetelan.



Sekian dulu ya bro, ojo lali safety first salam satu aspal, keep riding no arogan and keep smile …. Ja… ja…. untuk lebih jelasnya video di bawah ini ada penyetelannya.










Di atas ini ada vidionya cek it dottt...