Accu / Aki Motor Sering Ngedrop

Baru ganti accu / aki seminggu, motor sudah ngga bisa starter elektrik lagi. Padahal kemarin bisa…. Apanya  ya???? What wrong’s ….. kadang hal ini sering kali terjadi sama bikers.

Sebelum kita mengganti accu alangkah baiknya cek tanggal pembuatannya, et…. Dah kaya makanan aja , emeng iya semakin lama tanggal pembuatannya resiko aki cepet ngedrop saat dipakai makin banyak. Apa lagi untuk accu VRLA ( vale regulated lead acid ) / maintenance free, nah accu MF dibagi menjadi 2 kering dan basah. Accu kering air accunya sudah di campur oleh pabrikan, sementara basah cairannya di campur secara manual kemudian disegel. Sementara itu ada accu berfentali, maksudnya accu yang terdapat lubang buat isi ulang air accu secara berkala cirinya ada semacam mur plastic berjumlah 6 dibagian atas accu. Nah salah kaprahnya di sini orang mengganggap itu accu basah padahal itu accu berfentilasi, tapi ya gapapa suka suka aja he… he…

Kembali lagi ke pokok masalah, saat pemasangan cek dulu volt/tegangan accu dengan avo meter harus 12 volt untuk accu baru. 


Cara Mengecek Tegangan Pengisian :

  • Usahakan motor posisi standart dua, 

kemudian accu sudah terpasang dengan kabel accu, jangan kebalik pemasangannya warna merah untuk (+) accu, selanjutnya hitam/hijau (-). Seting avo di volt pada arus searah ( dc ) dengan range 50 volt.

  • Hidupkan motor dan nyalakan lampu jauh

Kemudian gas secara perlahan sambil lihat avo, tegangan yang semula sekitar 12 volt beranjak naik menjadi 14,5 volt saat rpm 5000 kalo ngga tau posisi rpmnya kira kira aja kecepatan 60 km/jam.

  • Cek angka kenaikan voltase

Kalo volt naik sampai 15 volt lebih bahkan sampai 18 volt, dipastiakan itu overcharge/ kelebihan arus biasanya lampu akan menyala sangat terang kemudian putus, dari mulai lampu depan, senja, indicator gigi.

  • Jangan Sampai Tegangan Avo Turun

Sementara kalau avo menunjukan angka 12 atau malah turun sampai 11 volt saat di gas, di pastikan bahwa tidak ada pengisian, perlu pegecekan lebih lanjut. Akibatnya kalo tidak ada pengisian untuk motor pengapian  DC, maka motor akan mati total karna tidak ada sumber tenaga untuk arus pengapian ke busi.


cek pengisian accu


Cek kebocoran arus


  • Kunci kontak harus posisi off 

jika tidak avometer akan rusak. Setel avometer pada posisi mA ( mii ampere ).  

  • Lepas kabel konektor accu

 Makudnya kabel yang menuju accu min ( - ) kemudian hubungkan kabel min (-) dengan plus  (+) avometer sementara kutup accu min (-) dengan kabel avometer (- ), maksimal 0,1 mA  kalau lebis berarti kemungkinan ada arus yang konslet.

accu ngedrop


Selanjutnya cek tahanan spul pengisian


Lepaskan soket konektor spul dengan kabel body, posisikan avometer pada posisi ohm dan hubungkan kabel putih ( Honda ) dengan kabel hijau ( massa negative ), sementara suzuki kabel putih/merah dengan kabel hitam/putih ( massa negative ), yamaha kabel putih. kalau di spul tidak ada kabel massa maka soket avometer min (-) hubungkan ke baud di blok mesin  Tahana maksimal 0,2 - 1 ohm. Jika lebih dari 1 ohm maka ganti baru atau lilit ulang spul.



Ok jon sekian dulu ya, mga berguna buat pembacanya……  ojo lali safety first, keep riding no arogan...