Agar Baut Tap Oli Tidak Slek

Ring tap oli, part yang kecil, murah  dan sering kali tak dianggap, tapi besar manfaatnya untuk mesin motor anda. Karena bahannya terbuat dari almuminium  bukan besi atau tembaga,  part ini sering terbengkalai saat penggantian oli mesin. Sebenarnya funngsi dari ring tap oli sebagai part yang yang kalah?? Maksudnya penengah antara crankcase dengan baud tap oli ( oil bolt drain ), saat pengencangan baud tap oli secara otomatis yang ditekan pertama kali adalah ring tap oli bukan crankcase, sehingga ulir baud tap oli yang ada  crankcase tidak slek atau rusak.


baud oli slek


Kenapa gua bilang sering terlupakan, karena saat penggantian oli mesin  ring tap oli sering ikut terjatuh kedalam bak oli sehingga ikut terbuang dan akhirnya saat pemasangan tidak memakai ring tap oli lagi. Sebenarnya akibatnya jangka lama sih, tapi kalau ngga mau jadi korban baud slek … cie korban he.. he…. Lakukan pengecekan kalau ngga ada ring tap olinya ya dipasang dang anti kalau ring tap oli sudah mulai rusak biasanya bentuknya sudah tipis, dan itu normal karena bahannya terbuat dari aluminium.

ring tap oli motor



Sedikit selingan ya jon, saat gua di pabrik otomotif roda 4, ada part yang baud yang tidak terpasang ring, yang turun tangan langsung kepala departemen dan satu  pabrik geger Cuma gara gara ring. Gue aja nyampe bengong ternyata segitu berartinya, oya ya ni gua kasih video penggantian oli mesin…

Chek it dot, salam satu aspal, safety yes….. pokelah….