Bagi para biker pemakai sepeda motor matik kadang risih
malah was - was kalau mendengar motornya berbunyi ngorok, bukan berarti motornya
lagi tidur lho ya…. Tapi efek bagi
bikers malah ngga bisa tidur mikirin motornya. Kalau bikernya peka pasti
akan mulai cari tahu, dan mungkin terdampar di blog paling keren ini he…
he…. Kalau ngga peka lanjut tidur lagi,untuk
problem ngorok ini langsung aja kita kupas setajam silet baru beli diwarung
he…..
Motor matik ngorok terjadi bisa berasal dari :
- Bearing yang menempel di blok cvt,
- Bearing rasio / tranmisi atau malah gear tranmisi yang mulai
runcing
- Bisa juga dari bearing driven face ( pulley belakang).
Maka dari itu perlu perawatan berkala, agar bagian cvt tetap
keadaan baik dan ngga rewel, selain itu suara kasar dari bagian cvt bisa
berasal dari oli garden yang bercampur dengan air, air masuk ke tranmisi (final
reduction) lewat saluran udara / selang pernafasan.
Sementara bearing
blok cvt rusak karena as shaft drive berputar oleng sehingga bearing
tergerus, bearing blok cvt ini khusus Karene terdapat tembaga pada diameter
dalam bering tersebut makanya harganya lumayan bikin lu mayun sekitar Rp 130
ribu belum ongkos pasang. Untuk bearing driven face suara ngorok berasal dari bearing / laher bambu
yang langsung bergesekan dengan as drive. Untuk masalah bearing di cvt nanti
gua bikinin tulisannya, kalau ngga lupa… he…. Karena ditulisan ini memfokuskan
pada masalah penggantian greas cvt yang sering disepelekan, mamang kedengaranya
em… sadisssss kata al di iklan indom***.
Itu semua suara ngorok di bagian cvt yang di sebabkan oleh bearing, tapi ada juga
yang di sebabkan karena motor tidak pernah melakukan penggantian greas/gemuk
cvt yang letaknya di pulley belakang. Lebih tepatnya di bagian movable driven
face, tapi biasanya jangka panjang baru terasa kurang lebih km 30.000 an baru
bunyi ngorok yang teramat sangat meyakitkan telinga.
Fungsi greas cvt untuk melumasi pergerakan movable driven
face dengan driven face karena ada dorongan dari v-belt, untuk mendorong clutch
spring / peer cvt. Untuk greas yang di pakai jenis greas khusus yang tingkat
panasnya tinggi.
Jenis greas yang di pakai ;
- Shell alvania r3.
- Idemitsu autorex b.
- Nippon oi powernoc wb3 dan sejenisnya.
Tapi dari pada pusing keliling bengkel ngga ketemu merk - merk
diatas maka mendingan pakai greas cvt bawaan pabrikan yang banyak dijual
dipasaran.
Kapan waktu yang tepat penggantian greas ?
Penggantian greas sebaiknya dilakukan saat penggantian v-belt
set yaitu km 24.000 atau dua tahun, dan perhatiakan juga sil driven face bocor atau tidak, lebih bagus lagi
ganti sil driven face ( o-ring ) untuk mengantisipasi kebocoran pada greas tersebut biar ngga sia –
sia dan sekali bongkar.
Akibat Greas Tidak Pernah di Ganti / Dibiarkan Bocor :
- Slip kopling ( untuk penjelasanya postingan yang lain).
- Suara cvt kasar.
- Movable driven face dan drive face cepet rusak atau aus.
- V-belt cepet putus / rusak, karena gerakan movable drive face tidak sejajar / oleng.
Sekian dulu ya bro, tetep terus stay disini, jangan lupa
keep riding no arogan, safety first salam satu aspal….