Cvt Motor Matik Ngorok

Bagi para biker pemakai sepeda motor matik kadang risih malah was - was kalau mendengar motornya berbunyi ngorok, bukan berarti motornya lagi tidur lho ya…. Tapi efek bagi  bikers malah ngga bisa tidur mikirin motornya. Kalau bikernya peka pasti akan mulai cari tahu, dan mungkin terdampar di blog paling keren ini he… he….  Kalau ngga peka lanjut tidur lagi,untuk problem ngorok ini langsung aja kita kupas setajam silet baru beli diwarung he…..



Ini hasil jepretannya karena greas cvt bocor




Motor matik ngorok terjadi bisa berasal dari :


  • Bearing yang menempel di blok cvt,

  • Bearing rasio / tranmisi atau malah gear tranmisi yang mulai runcing

  • Bisa juga dari bearing driven face ( pulley belakang).









honda beat



Maka dari itu perlu perawatan berkala, agar bagian cvt tetap keadaan baik dan ngga rewel, selain itu suara kasar dari bagian cvt bisa berasal dari oli garden yang bercampur dengan air, air masuk ke tranmisi (final reduction) lewat saluran udara / selang pernafasan.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini linknya.

ini akibatnya oli gardan bercampur air


Sementara bearing  blok cvt rusak karena as shaft drive berputar oleng sehingga bearing tergerus, bearing blok cvt ini khusus Karene terdapat tembaga pada diameter dalam bering tersebut makanya harganya lumayan bikin lu mayun sekitar Rp 130 ribu belum ongkos pasang. Untuk bearing driven face  suara ngorok berasal dari bearing / laher bambu yang langsung bergesekan dengan as drive. Untuk masalah bearing di cvt nanti gua bikinin tulisannya, kalau ngga lupa… he…. Karena ditulisan ini memfokuskan pada masalah penggantian greas cvt yang sering disepelekan, mamang kedengaranya em… sadisssss kata al di iklan indom***.

Itu semua suara ngorok di bagian cvt  yang di sebabkan oleh bearing, tapi ada juga yang di sebabkan karena motor tidak pernah melakukan penggantian greas/gemuk cvt yang letaknya di pulley belakang. Lebih tepatnya di bagian movable driven face, tapi biasanya jangka panjang baru terasa kurang lebih km 30.000 an baru bunyi ngorok yang teramat sangat meyakitkan telinga.

Fungsi greas cvt untuk melumasi pergerakan movable driven face dengan driven face karena ada dorongan dari v-belt, untuk mendorong clutch spring / peer cvt. Untuk greas yang di pakai jenis greas khusus yang tingkat panasnya tinggi.

Jenis greas yang di pakai ;

  • Shell alvania r3.

  • Idemitsu autorex b.

  • Nippon oi powernoc wb3 dan sejenisnya.



Tapi dari pada pusing keliling bengkel ngga ketemu merk - merk diatas maka mendingan pakai greas cvt bawaan pabrikan yang banyak dijual dipasaran.

Kapan waktu yang tepat penggantian greas  ?


Penggantian greas sebaiknya dilakukan saat penggantian v-belt set yaitu km 24.000 atau dua tahun, dan perhatiakan juga sil driven face bocor atau tidak, lebih bagus lagi ganti sil driven face ( o-ring ) untuk mengantisipasi  kebocoran pada greas tersebut biar ngga sia – sia dan sekali bongkar.


Akibat Greas Tidak Pernah di Ganti / Dibiarkan Bocor :


  • Slip kopling ( untuk penjelasanya postingan yang lain).


  • Suara cvt kasar.


  • Movable driven  face dan drive face cepet rusak atau aus.


  • V-belt cepet putus  / rusak, karena gerakan movable drive face tidak sejajar / oleng.


Sekian dulu ya bro, tetep terus stay disini, jangan lupa keep riding no arogan, safety first salam satu aspal….

   







pelumasan cvt