Kanvas Rem Habis Sebelah

Saat motor bergerak bunyi crek crek crek….. dari arah roda depan , setelah di cari cari ternyata ketemu juga, suara tersebut  berasal dari kanvas depan yang sudah habis sehingga yang tersisa hanya besi kanvas depan yang bergesekan langsung dengan piringan cakram.  Tapi ada sedikit problem karena kanvas rem yang habis hanya sebelah atau satu sisi, tapi sisi yang lain masih tebel.
Hal ini disebabkan part yang mulai aus atau kotor, maka lakukan pengecekan dan perbaikan berikut ini:

Disk brake ( piringan cakram )
Periksa ketebalan piringan cakram,  ketebalan standart 3,3 – 3,7 mm dan lakukan penggantian saat ketebalan 3,00 mm. Kalau ga punya alat ukur lihat saja secara visual kalau bagian lingkar luar mulai tergerus lakukan penggantian. Kemudian cek keolengan piringan cakram dengan dial indicator max 0,30 mm, jika ngga punya alat pakai feeling dial caranya jalankan motor lakukan rem depan . Jika merasakan ada tekanan balik ke hendel rem yang sedang di tekan berarti piringan cakram oleng, penyababnya bisa karena motor bekas tabrakan atau terjatuh.



Kaliper braket
Tekadang saat penggantian kanvas depan  memakai cara cepat, tanpa melakukan pembersihan caliper breket, padahal kanvas rem termasuk part yang punya usia pakai lama +/-  16.000. Jadi secara otomatis breket yang tak pernah di bongkar dan dibersihkan akan menimbulkan karat, sehingga breket akan seret  dan kinerja rem jadi tidak maksimal.



Piston caliper dan sil piston ( bag bawah )
Satu piston caliper terdiri dari dua sil yaitu sil debu untuk menahan debu  dan sil piston caliper yang berfungsi mencegah kebocoran minyak rem di area caliper body. Ciri sil piston rusak, piston caliper tidak bisa di dorong kedalam dan tidak bisa di putar.



Piston master rem ( bag. atas )
Ciri kerusakan jika saat hendle rem di tekan terasa keras / mbagel, atau bisa juga ada tetesan minyak rem dari tempat piston master. Kerusakan parahny rem blong karna minyak rem habis karna kebocoran tersebut.




Ok jon semuga tulisannya bermanfaat, o… ya gua kasih bobus biasa video… penggantian kanvas rem yang bener chek it dot….




Posting Komentar

0 Komentar