Penyebab & Solusi Knalpot Motor Nembak

Dor… dor .. bukan bunyi suara tembakan atau malah petasan tapi bunyi motor yang nembak saat mengurangi kecepata dengan cara melepas gas (deselerasi). Kadang suara letupan ini terjadi pada saat posisi motor dalam keadaan langsam / stasioner. Apakah ada efeknya ? palingan uman bikin budge kuping doang.. et tunggu dulu. Suara letupan itu terjadi karena adanya backfire bahasa lainnya after burn alias pembakaran kedua.
                                    
Back fire merupakan pembakaran yang terlalu awal atau mendahului timing waktu pengapian sehingga mengakibatkan sebagian api berbalik masuk kesaluran intake manifold. Resiko yang paling ringan adalah overheating / suhu mesin yang terlalu panas, sedangkan resiko paling berat stang seher / piston bengkok dan patah. Jadi jangan dibiarkan terlalu lama jika sepeda motor lu mengalami hal ini.


Berikut Penyebab Terjadinya Knalpot Nembak :



Pemilihan Kode Busi yang salah

Busi part kecil yang sering kali terlupakan, karena pada umumnya para biker akan mengganti busi jika busi tersebut benar – benar tidak memercikan api. Padahal setiap pabrikan sepeda motor menyarankan melakukan penggantian busi pada setiap 8.000 km kurang lebih setahun sekali. Dan parahnya lagi para biker biasanya asal comot busi yang dipakai ke sepeda motornya, tapi tenang gua bisikin pemilihan kode busi yang benar ini linknya…



Knalpot Racing

Nah ini masalah umum bagi para biker, baru ganti knalpot racing e… malah knalpot nembak dar… dor ngga jelas. Hal ini sering kali terjadi karena penggantian knalpot racing, bisa berasal dari leher knalpot yang tidak rapat (bocor) dengan lubang exhaust, material knalpot yang kurang baik karena ternyata rego nggowo rupo (harga bawa rupa).

Solusinya  pertama lakukan cek pada leher knalpot jika ada kebecoran segera lakukan perbaikan dengan menambah paking knalpot, karena biasanya diameter lubang exhaust lebih kecil dari diameter lubang knalpot racing.   


akibat knalpot nembak


Kedua stel ulang karburator, bisa dengan memutar setelan angina dan stelan langsam saja atau dengan mengganti ukuran main dan pilot jet. Sementara untuk motor injeksi bisa melakukan seting CO. Jika knalpot masih tetap nembak berarti knalpot lu kurang cakep bro he….



Adanya Kerusakan di SAIS (Secondary Air Injaction System)


Ini sering kali terjadi pada sepeda motor jenis karburator yang kontruksi mesinnya terpasang sais, biasanya selang sais terpasang dibagian head silinder. Tapi ngomong – ngomong sudah pada tahu sais belum ? yang sadah tahu dia anaknya pak RT berarti salah besar, he….


Pengertian SAIS (Secondary Air Injaction System)
SAIS itu berfungsi untuk pengaturan emisi gas buang yang terdiri dari sistem penyaluran udara sekunder yang memasukan udara yang  telah di saring ke dalam gas pembuangan  di dalam lubang pembuangan. Udara segar tersedot tiap kali ada tekanan negative di dalam system pembuangan gas, biar lenih jelasnya gua kasih gambarnya. 





secondary air injaction system






Nah maksud ngga ?? bingung ya, apa mubeng? sama berarti gua juga bingung he… Simpelnya udara segar masuk lewat pair chek valve kemudian masuk kemesin lewat air supply pipe ( pipa besi) yang posisinya berdekatan dengan lubang knalpot, kemudian udara segar tersebut di campurkan dengan gas buang tujuanya untuk mengurangi polusi udara.

Kalo pair chek valve rusak maka akan terjadi afterburn (pembakaran susulan di dalam system pembuangan gas, maka terjadi dor… dor… (nembak). Untuk perbaikan bisa dilakukan penggantian part pada pair chek valve, harganya lumayan bro, bakalan bikin lu lumanyun he…

Tapi santai aja ada solusi untuk sementara / sementaun / selamanya… biasanya si gitu, cukup memakai baud tap oli ring 17. Cari dulu posisi pair chek valve dengan cara bongkar cover, karena terlalu banyak model jadi gua ngejelasin ngga spesifik, sorry bro...  




knalpot matic nembak


Cara Memperbaiki Sais :

  • Siapkan Baud 17 Ring
  • Sebenarnya baud ini befungsi untuk menyumbat jalur SAIS, agar seperti motor konvensional yang tak menggunakan SAIS.
  • Lepas selang SAIS yang menuju mesin. 
  • Setelah terlepas selang yang menyambung air supply pipe dan sumpelkan baud tap oli / bisa juga pakai busi bekas pada selang besar yang menuju air supply pipe. 

Gambar di atas hasil akhirnya 

Ok bro sekian dulu, next time kita lanjut lagi. ojo lali safety firts, keep riding no arogan, salam satu aspal...