Akibat Penyetelan Komstir Sepeda Motor

Motor terasa goyang dan keras buat belok, itu mengganggu kenyamanan berkendara. Bukannnya kita focus kejalan  raya malah mikirin motor yang kita naikin, soalnya motor pinginnya belok terus padahal jalannya lurus jangan sampai nungsub dah, ….
Atau malah stang terasa mau copot saat melakukan rem depan, hal ini menandakan ada kerusakan dibagian komstir.


Ngemeng – ngemeng sudah pada tahu komstir belum nih ? yang tahu jangan ngegas bro santai, yang belum tahu tenang gua bisikin pakai cinta wk….. wk….
Komstir ialah komponen penghubung antara kerangka/chasis  dengan  poros kemudi /segitiga  yang terdiri dari beberapa pelor/bearing dan  4 buah mangkok dudukan bearing.  Fungsinya untuk merubah arah laju motor, intinya supaya motor bisa belok dengan nyaman

Tanda-Tanda Komstir Rusak


Stang Mbanting

Setang terasa mbanting atau susah dikendalikan, stang inginnya belok terus, ini adalah tanda awal komstir abnormal. Biasanya hal ini akan sangat terasa saat posisi jalanan lurus kemudian sepeda motor terasa mau belok sendiri entah kekanan ataupun kekiri.


Stang Terasa Berat

Nah… yang ini kebalikan dari penjelasan diatas, kadang stang terasa kaku, susah untuk belok kanan atau kiri. Untuk sepeda motor harian seharusnya stang kemudi terasa ringan untuk berbelok dan tidak mbanting / goyang saat posisi jalan lurus.

Suara Cetok

Suara cetok – cetok terjadi saat sepeda motor melewati jalan berlubang, tanggul / polisi tidur dan saat melukan rem depan secara mendadak. suara ini terjadi karena posisi komstir yang terlalu kendor, sehingga posisi mangkok komstir kurang presisi.


Stang Oblak

Sebelumnya lakukan pengecekan dulu dari, tekanan roda depan belakang, kondisi bearing deban belakang, boshl ink hanger ( engine mounting), bosh bawah shok belakang ( matic ), baru komstirnya, abnormal apa ngga.


Apakah komstir bisa distel ? jawabannya bisa dilakukan penyetelan dengan cara mengencangkan atau mengendorkan stelan komstir.






substitusi part



Apakah akibat dari komstir rusak ? untuk ke komponen lain sacara langsung tidak ada, cuman untuk kenyamanan terutama safety berkendara sangat berpengaruh. Hal ini bisa menimbulkan konsentrasi yang pecah, berikut akibat stelan komstir yang tidak pas.


Akibat Penyetelan Komstir :


Komstir terlalu kenceng 

Mengakibatkan motor susah buat, belok tapi enak buat trek lurus, biasanya  setelan  kaya gini dipakai buat motor drag yang di pakai buakan buat harian.

Komstir terlalu longgar 

Mengakibatkan mangkok komstir cepat rusak karena terjadi benturan diantara mangkok komstir dengan pelor/bearing. , saat melakukan rem depan, bagian depan akan bunyi ….    CETOK

Stelan yang pas 

Pas ya berarti, otomatis yang nyaman buat nikung/belok, dan tidak ngebuang saat truk lurus dengan tangan lepas stang kemudi. Nah indikasi rusak gmana, saat trek lurus motor terasa mau ngebuang, dan rem depan bunyi     …..CETOK!!!! 

Segera lakukan penggantian, biasanya komstir mula rusak saat km 24.000 / dua tahunan, tp itu bukan patokannya . Karena medan yang terjal, jalan rusak, motor bekas jatuh /tabrakan juga factor utama. 

Tapi sebelum mengindikasikan bahwa penyebab utama dari sepeda motor yang goyang berasal dari komstir, maka lakukan pengecekan terlebih dahulu pada 4 komponen berikut :

Kondisi Permukaan Ban

Lihat kondisi permukan ban ? apakah aus atau habis sebelah, hal ini adalah cara yang paling mudah untuk melakukannya. Dan periksa juga tekanan angina ban apakah sesuai dengan anjuran dari pabrikan yaitu ban depan 29 psi dan ban belakang 33 psi, jika memakai jenis ban biasa atau memakai ban dalam. Banyaknya tambalan ban dan ban dalam yang yang sering kali dilapisi oleh tukang tambal ban juga sangat berpengaruh sepeda motor goyang.

Kondisi Velg Roda

Jika memakai jenis velg racing bisa dilakukan pengecekan, apakah ada keretakan atau bengkok pada velg tersebut ? atau ada bagian balancer roda yang terlepas atau hilang dari velg. Jika memakai velg biasa / jari – jari, periksa apakah ada bagian jari – jari yang patah dan apakah velg mengalami kebengkokan ?

Kondisi Shock Breaker

Untuk yang satu ini sudah sering kali diomongin jadi gua bagi linknya saja biar cepet…. Chek it bro….
volume atau takaran oli shock depan sepeda motor


Daftar komstir sepeda motor :

Komstir Honda
Komstir Honda Supra 100, Grand, Legenda, Supra X 125, Win 100, Vario 110 karbu, Vario 110 FI, Vario 125, Vario 150, Blade 110, Blade 125, Revo 110, Revo 100, CS1, Scoopy karbu, Scoopy FI, Beat Karbu, Beat FI, Beat ESP. Bisa memakai komstir yang sama dengan kode 06535-GN5-505

Komstir Honda Tiger semuanya, Megapro Primus, Megapro Lama, GL Max, GL pro, GL 100. Memakai komstir dengan Kode part yang sama yaitu 06535-041-010

Komstir Honda CB150R, CBR 150 thailand, CBR 150 lokal, MegaPro New, Megapro FI. Memakai kode part 06535-KTR-900

Komstir Yamaha
Komstir Yamaha Jupiter, Jupiter Z, Jupiter MX, Mio Sporty, Mio Smille, Mio J, Mio GT, Fino, Vega, Vega R, Vega ZR, F1ZR, F1Z, Crypton memakai kode yang sama yaitu 22F-WF234-00
Komstir Yamaha Soul GT, Xeon, Xeon RC memakai kode part 44D-W0054-00
Vixion memakai kode 3C1-WF0054-00

Komstir Suzuki
Komstir Suzuki Smash 110, Shogun 110, Spin, Axelo, Shogun 125, Skywave,

Ok bro sekian dulu ya …. Jangan lupa subcribe di channel youtube gua, he…..
Seperti biasa safety first keep riding no arogan salam satu aspal….

Ini videonya chek it dot…