Motor Matic Slip Kopling ? Kok bisa

Apa kabarnya para bro sekalian, entah mba bro atau pun mas bro yang pasti yang berkunjung disini pasti orangnyaa kece dan keren, baik hati suka menabung he….  Sekarang sudah eranya motor matik karena simple buat jalan di trek perkotaan, motor bergigi sudah mulai di tinggalkan oleh para biker. Tapi ada beberapa kendala yang sering di keluhkan oleh pera biker tentang motor metiknya mulai dari cvt yang geter saat tarikan pertama, ngga ada tenaganya. Untuk cvt geter its ok lah, masalah clasik yang sering di jumpai, nah yang ngga ada tenaganya itu butuh cek dan ricek yang ekstra untuk menemukannya.

Sebenarnya untuk pengecekan pertama ngga perlu langsung main bongkar kanan, kiri, atas, bawah, cukup dilihat dulu, cari kondisi abnormal dari motortersebut. Contohnya lampu depan ngga menyala saat posisi switch / saklar on untuk non aho, atau ada rembesan oli di bagian shock depan, mungkin juga ada rembesan oli di bagian cvt. Karena yang lagi diomongin sekarang tenaga / power, maka urusan lampu dan shock depan dikesampingkan dulu. Untuk penjelasan mengenai Aho ada di link ini




Setelah dilkukan pembongkaran yang terjadi tara kejutan, oli mesin yang membasahi seluruh bagian cvt dimulai dari v-belt, pulley depan dan belakang. Jadi langsung ketemukan sumber masalahnya, dimulai dari mencari jejek  oli mesin yang menetes di bagian cvt. Ini yang menyebabkan motor matic slip kopling ??  ya memang terdengar aneh, tapi itu terjadi bila bagian cvt terdapat rembesan oli entah oli mesin atau oli gardan bisa juga berasal dari bekas cipratan grease ( gemuk ) yang menempel paga v-belt. 








Seharusnya bagian cvt itu kering tak ada oli atau grease dan debu, tapi karana usia pakai jarak tempuh dari gunung yang di daki, lautan yang di sebrangi…  sory sory rada nglindur. Intinya karna usia pakai, untuk itu perlu perawatan secara berkala, tiap kilometer 8.000 dan 16.000 lakukan cuci cvt / overhuol cvt, kemudian tiap km 24.000 lakukan penggantian v-belt set disertai dengan penggantian greas, sukur sekalian dengan sil driven face dan pice slide.

Agar memastikan tidak ada greas yang bocor saat motor dijalankan, jadi sekali kerja langsung beres ngga perlu bongkar pasang sampai apal posisi buad dan ujung – ujungnya ada baud yang ilang he… he… Ngomong ngomong pada tahu ngga ni slip kopling ?? he…. Rasanya kaya pakai motor ditanah dengan kubangan air, walaupun sudah di gas full motor tetep aja ngga bergerak kurang responsive alias Cuma ngeden doang.

Nah ini contoh gambarnya bagian cvt penuh dengan oli mesin, penyebab utamanya sil cvt depan bocor, akhirnya oli mesin rembes ke bagian cvt, dan terjadilah slip kopling.










Ok bro sekian dulu buat postingan kali ini, salam satu aspal, keep riding no arogan, dan tak lupa ketinggalan gua siapin video yang ngga keren di bawah ini he.....