Motor Ngga Bisa di Starter, Cari Tahu Sebabnya

Accu baru ganti  tapi motor ngga bisa distarter, pakai engkol jadinya kalo buat motor bebek atau sport ngga terlalu ribet tapi kalo buat motor matic baru ribet. Kenapa soalnya mesti pakai distandarin dua dulu, bagi kaum hawa kan lumanyan berat tuh  buat standarin dua. Agar bisa cek… greng … ya di benerin dulu semua he….


Penyebab Motor Ngga Bisa Starter :


  • Cek dulu swith starter

Sebelum main jamper / sambung, pada tahukan apa itu swith starter ? kalau sudah berarti sukur nah kalau belum ya DL he.... tapitenang bakalan gua bisikin. Swith starter yaitu tombol untuk menghidupkan motor secara elektrik. Cara mengecek tombol tersebut rusak atau tidak adalah dengan jamper / sambung pakai kabel pada bagian soket kabel body yang menempel ke swith starter tersebut, pastikan juga tegangan accu lebih dari 12,5 volt kalau kurang ya percuma karena kondisi accu yang tidak maksimal.


  • Relay starter

 Berbunyi cek.. cek… cek  …. saat starter, itu bisa di pastikan accu mulai lemah. Sebelumnya relay starter / bandix itu ada dua model : bentuk kotak dan bulat, cara pengecekannya untuk bentuk bulat tinggal jamper atau sambung langsung dengan obeng  / stelan angin tang sirklip, kalo pakai kabel gunakan yang lilitan kawatnya besar. Sedangkan untuk model kotak lepaskan dulu relay starter / bendix dari sokep 4p, kemudian jumper kabel dari accu cirinya kabelnya yang paling besar. Kalau dynamo starter berputar berarti yang rusak relay starter / bendix, tapi kalau dynamo ngga berputar lakukan pegecekan pada dynamo.


relay starter honda beat

bendix motor cb150r


  • Dinamo starter 

Pada umunya kerusakanya terdapat pada sikat starter / arang starter yang mulai habis, tapi untuk lebih jelasnya perlu di lakukan pembongkaran, terkadang magnet dan lilitan kawatnya rusak.  Kalau kerusakan ada pada magnet dan lilitan kawatnya mau gam au harus ganti dynamo, tapi kalau arang starter doang berarti masih bisa dibenerin.





  • Starter clutch ( roller dan spring ) 

Ini terjadi biasanya untuk motor yang sudang berumur. Cirinya saat kunci kontak on dan starter di tekan dynamo starter akan ikut berputar tapi putaran dynamo tidak memutar magnet karna tidak ada daya buat gerak balik dari roller dan  spring.



one way starter


  • Pinion starter 

Ini di khususkan buat motor matic Honda yang belum esp. Kerusakannya cirinya hamper sama dengan Starter clutch, coman bentuknya doang yang berbeda.

Ok jon demikian penjelasan simpelnya, moga berguna buat pembaca.



pinion starter honda beat





Thank udah mampir dimari, jangan lupa safety first, keep riding no arogan bro...