4 Penyebab Motor Susah di Hidupkan

Sudah bangun kesiangan, motor di hidupin ga idup idup, di panasin pakai korek malah takut kebakaran ,   …. Et….. pakai korek emang mau ngrokok he….
Kadang motor nyusahin banget saat pagi - pagi kagak mau menyala, dan ternyata usut punya usut ini di yang harus di perhatikan.




Penyebab Motor Susah Dihidupkan :


Cek setelan karborator / throtle body


Sering kali RPM ( revolution per minute / banyaknya putaran mesin dalam satu menit ) bahasa kerennya langsam terlalu kecil, tidak sesuai anjuran pabrikan.  Standart rpmnya sepeda motor:
matic 1700 +/- 100 rpm,  
bebek / cup 1300 +/- 100 rpm
sport 1500 +/- 100 rpm
Cara liatnya untuk tipe sport biasanya di odometer sudah techomater bawaan motor, tapi untuk matik dan bebek harus pakai techomater manual atau pasang yang variasi.



Spul pengapian dan accu


Ini sangat berpengaruh pada motor tipe pengapian ac ( tenaga mengandalkan spul) , dengan ciri lilitan spul terbungkus isolator / penghambat panas, nilai tahanan spul kurang lebih 250 – 400 ohm. Sedangkan tipe dc sangat tergantung dengan besarnya tegangan ( volt ) accu / aki, jika tegangan accu kurang 10 volt otomatis starter pasti mati dan motor akan susah di hidupkan.




Kondisi busi


Lakuakan pengecekan atau pembersihan busi per 2000 km, dan penggantian  per 8.000 km atau 10 bulan . Bersihkan kutub kutub busi dengan sikat kawat dan periksa isulator terhadap retak -  retak  atau kerusakan dan electrode terhadap keausan, pegotoran atau perubahan warna. Dan ukur jarak renggang antara kutup tengah dengan kutub samping busi menggunakan feeler guage, dengan jarak renggang busi 0,80 – 0,90 mm.



Kebocoran kompresi


Hal ini kerap terjadi pada motor yang  jam terbangnya tinggi, et… dah kaya pesawat aja, maksudnya motor sering di pakai. Kompresi bocor bisa disebabkan dari ring piston sudah mulai aus atau ada penumpukan karbon yang mengganjal klep untuk menutup secara sempurna. Solusinya paling dilakukan skir klep, tapi kalo ring seher sudah aus perlu dilakukan penggantian piston set.

Ok, bro sekian dulu ya untuk kali ini ngga ada chek it dot…..