Sudah bangun
kesiangan, motor di hidupin ga idup idup, di panasin pakai korek malah takut
kebakaran , …. Et….. pakai korek emang
mau ngrokok he….
Kadang motor
nyusahin banget saat pagi - pagi kagak mau menyala, dan ternyata usut punya
usut ini di yang harus di perhatikan.
Sering kali RPM
( revolution per minute / banyaknya putaran mesin dalam satu menit ) bahasa
kerennya langsam terlalu kecil, tidak sesuai anjuran pabrikan. Standart rpmnya sepeda motor:
matic 1700
+/- 100 rpm,
bebek / cup
1300 +/- 100 rpm
sport 1500
+/- 100 rpm
Cara liatnya
untuk tipe sport biasanya di odometer sudah techomater bawaan motor, tapi untuk
matik dan bebek harus pakai techomater manual atau pasang yang variasi.
Spul pengapian dan accu
Ini sangat
berpengaruh pada motor tipe pengapian ac ( tenaga mengandalkan spul) , dengan
ciri lilitan spul terbungkus isolator / penghambat panas, nilai tahanan spul
kurang lebih 250 – 400 ohm. Sedangkan tipe dc sangat tergantung dengan besarnya
tegangan ( volt ) accu / aki, jika tegangan accu kurang 10 volt otomatis
starter pasti mati dan motor akan susah di hidupkan.
Kondisi busi
Lakuakan
pengecekan atau pembersihan busi per 2000 km, dan penggantian per 8.000 km atau 10 bulan . Bersihkan kutub
kutub busi dengan sikat kawat dan periksa isulator terhadap retak - retak
atau kerusakan dan electrode terhadap keausan, pegotoran atau perubahan
warna. Dan ukur jarak renggang antara kutup tengah dengan kutub samping busi
menggunakan feeler guage, dengan jarak renggang busi 0,80 – 0,90 mm.
Kebocoran kompresi
Hal ini
kerap terjadi pada motor yang jam
terbangnya tinggi, et… dah kaya pesawat aja, maksudnya motor sering di pakai.
Kompresi bocor bisa disebabkan dari ring piston sudah mulai aus atau ada
penumpukan karbon yang mengganjal klep untuk menutup secara sempurna. Solusinya
paling dilakukan skir klep, tapi kalo ring seher sudah aus perlu dilakukan
penggantian piston set.
Ok, bro
sekian dulu ya untuk kali ini ngga ada chek it dot…..