Musim Hujan Lakukan Kuras Tangki

Musim hujan, bagi para biker berarti siap bawa mantel buat nutupin badan, sementara motornya melibas segala medan, dari guyuran air yang tumpah dari langit... he.....  ditambah lagi kebiasaan melakukan parkir yang  asal - asalan motor akan mulai penyakitan  dari flu, masuk angin, masuk air, et.... dah.... kaya orang aja. Maksudnya mula rewel minta di servis, dari mogok mendadak, mrebet, ngempos dan akibatnya harus pakai bensin campur, campur dorong maksudnya he…. He….
Maka dari itu lakukan kuras tangki motor secara berkala, agar performa motor tetap terjaga dan pastinya ngga ngambekan, berikut keuntungan kurasnya.

Penyebab kenapa wajib kuras tangki :

Tangki motor ngga cepet keropos

Karena korosi yang disebabkan oleh air hujan dapat membuat tangka cepet keropos, dan akhirnya rogoh saku lagi buat beli tangki motor baru.

Motor Suka Mogok / Mati Mendadak

Hal ini yang paling dibenci, motor secara tiba – tiba mati mendadak, ditandai dengan mbrebet saat gas ditarik. Biasanya motor bisa dihidupkan kembali, tapi saat gas ditarik motor akan ngempos ( ngga ada tenaganya ) kemudian akan mogok lagi. Dan itu cukup membuat emosi memuncak…. He…. Slow baelah… mending minum mijon dulu bro…

Busi Cepet Mati

Karena pembakaran yang ngga sempurna, seharusnya hanya ada bahan bakar dan udara yang tercampur di ruang bakar tetapi ternyata ada air yang ikut nimbrung dan parahnya lagi air tak ikut terbakar diruang bakar.

Fuel Pump Cepet Rusak

Ini khusus motor injeksi, karena untuk jenis karburator tidak ada fuel pump di tangki bahan bakar. Dan parahnya lagi harga fuel pump cukup bikin bengep saku celana he… he…

Konsentrasi Berkendara Menjadi Pecah


Yang seharusnya biker focus ke jalan raya melah mikirin laju motor yang tersendak – sendak, dan ini cukup berbahaya.





kuras tangki bensin


Tips Menghadapinya :

 

Pertolongan pertamanya, khusus motor batangan / sport, tutup kran bensin biarkan motor hidup kemudian buka  / putar baud pembuangan karbu dengan obeng min sampai semua bensin di karbu habis dan motor akan mati sendiri. Setelah itu buka kembali kran bensin usahakan di posisi ON bukan REST, Karna kalo posisi rest, air yang berat massanya lebih besar dari bensin yang akan pertama turun ke karburator.


Untuk penyelesaiannya lakukan kuras tangki, per 10.000 km atau 1 tahun,ini di bawah gua siapin barang bukti dua mangkok, satu berisi bensin dan  air endapan yang ada di dalam tangka bahan bakar. Ok bro sekian dulu ya jangan lupa safety first, keep riding no arogan, salam satu aspal…. 




kuras tangki