Musim hujan, bagi para biker berarti siap bawa mantel buat
nutupin badan, sementara motornya melibas segala medan, dari guyuran air yang
tumpah dari langit... he..... ditambah
lagi kebiasaan melakukan parkir yang asal - asalan motor akan mulai penyakitan dari flu, masuk angin, masuk air, et....
dah.... kaya orang aja. Maksudnya mula rewel minta di servis, dari mogok
mendadak, mrebet, ngempos dan akibatnya harus pakai bensin campur, campur
dorong maksudnya he…. He….
Maka dari itu lakukan kuras tangki motor secara berkala,
agar performa motor tetap terjaga dan pastinya ngga ngambekan, berikut
keuntungan kurasnya.
Penyebab kenapa wajib kuras tangki :
Tangki motor ngga cepet keropos
Karena korosi yang disebabkan oleh air hujan dapat membuat
tangka cepet keropos, dan akhirnya rogoh saku lagi buat beli tangki motor baru.
Motor Suka Mogok / Mati Mendadak
Hal ini yang paling dibenci, motor secara tiba – tiba mati
mendadak, ditandai dengan mbrebet saat gas ditarik. Biasanya motor bisa
dihidupkan kembali, tapi saat gas ditarik motor akan ngempos ( ngga ada
tenaganya ) kemudian akan mogok lagi. Dan itu cukup membuat emosi memuncak….
He…. Slow baelah… mending minum mijon dulu bro…
Busi Cepet Mati
Karena pembakaran yang ngga sempurna, seharusnya hanya ada bahan
bakar dan udara yang tercampur di ruang bakar tetapi ternyata ada air yang ikut
nimbrung dan parahnya lagi air tak ikut terbakar diruang bakar.
Fuel Pump Cepet Rusak
Ini khusus motor injeksi, karena untuk jenis karburator
tidak ada fuel pump di tangki bahan bakar. Dan parahnya lagi harga fuel pump
cukup bikin bengep saku celana he… he…
Konsentrasi Berkendara Menjadi Pecah
Yang seharusnya biker focus ke jalan raya melah mikirin laju
motor yang tersendak – sendak, dan ini cukup berbahaya.
Tips Menghadapinya :
Pertolongan pertamanya, khusus motor batangan / sport, tutup
kran bensin biarkan motor hidup kemudian buka
/ putar baud pembuangan karbu dengan obeng min sampai semua bensin di
karbu habis dan motor akan mati sendiri. Setelah itu buka kembali kran bensin
usahakan di posisi ON bukan REST, Karna kalo posisi rest, air yang berat
massanya lebih besar dari bensin yang akan pertama turun ke karburator.
Untuk penyelesaiannya lakukan kuras tangki, per 10.000 km
atau 1 tahun,ini di bawah gua siapin barang bukti dua mangkok, satu berisi
bensin dan air endapan yang ada di dalam
tangka bahan bakar. Ok bro sekian dulu ya jangan lupa safety first, keep riding
no arogan, salam satu aspal….