Oli Mesin Bukan Adu Mahal.

Oli mesin itu harus di perhatikan, kapan gantinya ? berapa volume takarannya ?, apa mereknya ? .... e.. salah kali ini lg ngga ngomongin mahal mahalan oli mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh lagi sebenarnya apa si oli mesin ?? Oli mesin adalah pelumas cair yang mampu mengurangi gesekan dan menentukan kinerja mesin.


Fungsi Oli Mesin Sepeda Motor :


Pelumasan, ya jelaslah namanya oli tentu buat pelumasan meminimalisir gesekan antar komponen mesin.

Pendinginan, sebagai pelepas panas dari mesin karena terjadi perputaran/ sirkulasi pada oli di jalur oli. Jadi kalo jalur oli mampet maka komponen yang seharusnya terjamah oleh oli akan cepat rusak dan cepat panas ( overheating).

Pembersihan, oi juga berguna untuk membersihkan mesin dari partikel asing, yang akan di endapkan di filter oli.

Pencegah karat, karena mesin terbuat dari besi maka oli harus terdapat zat anti karat.


Pembagian oli mesin berdasarkan kekentalan atau Viscositas SAE ( sociaty of automotive engineer) :

Oli singgle grade, oli yang cendrung encer dan mudah mengalir ketika panas, dan tidak mudah mengalir ketika dingin. contoh SAE 40, SAE 30, SAE 50


Oli Multigrade, oli yang kekentalannya tidak terpengaruh oleh adanya perubahan temperatur dan umum di gunakan sepanjang musim. Contoh 10W-30, 10W-50, 20W-50.





oli mesin terbaik



Pembagian oli berdasarkan API ( american petrolieum intitute) berdasarkan kualitas oli / urutan pembuatan.


Untuk mesin bensin memakai kode S yang merupakan kepanjangan darai Spark Engine, sedangkan diesel memakai kode C yang berarti “Compresion”

SA
Minyak pelumas ini dipakai pada mesin otto / bensin dan mesin diesel keluaran lama, minyak pelumas ini murni (minyak dasar dari hasil penyulingan minyak bumi) tanpa bahan aditif dipakai untuk kendaraan pada awal abad 20.

SB
Minyak pelumas yang sudah mengandung bahan aditif dan dipakai pada mesin bensin buatan tahun 1930, sekarang sudah tidak dipakai lagi.

SC
Minyak pelumas mesin bensin ini dipakai untuk mesin buatan 1964 – 1967 dibawah rekomendasi dari pabrikan. Minyak pelumas ini lebih baik dari SB karena mengendalikan terbentuknya deposit pada suhu rendah dan tinggi, korosi dan terjadinya karat.

SD
Pelumas jenis ini dipakai untuk mesin bensin buatan 1968 - 1970, di bawah rekomendasi pabrikan dan dibuat lebih baik dari  jenis SC karena melindungi mesin bensin terhadap pembentukan deposit pada suhu tinggi dan rendah.

SE
Pelumas jenis ini dipakai pada mesin bensin buatan 1972 – 1979, minyak pelumas ini dapat menggantikan SD dan SC dalam melindungi mesin.

SF
Minyak pelumas ini direkomendasikan untuk mesin buatan 1988 atau sebelumnya, sekaligus bisa menggantikan minyak pelumas jenis SE, SD dan SC.

SG
Jenis minyak pelumas mesin bensi ini diperuntukan mesin buatan 1993 atau sebelumnya.

SH
Minyak pelumas jenis SH untuk mesin buatan 1998 atau sebelumnya

SJ
Untuk mesin buatan 2001 sampai sekarang

SL
Untuk mesin buatan 2001

SN
Untuk mesin buatan 2004

Pembagian oli berdasarkan JASO ( Japan automobile standart)

MA, untuk mesin dengan kopling basah. Contoh motor bebek / cup, motor sport
MB, untuk motor dengan kopling kering, Contoh motor matik.


Oli sintesis


Banyak produsen oli yang menyebut oli mereka oli sintesis ?? pada tahukan bro, kalau tahu ya sukur. Nah yang belum tenang gua bisikin. Oli sintesis yaitu minyak pelumas mesin yang dibuat melalui prose kimiawi dengan menggabungkan beberapa jenis bahan aditif.

Jadi begini bro, pas ditemuin mesin bensin awal abad 20, pelumas yang dipakai minyak dasar dari hasil penyulingan minyak bumi / mineral bersih (straight mineral bersih) / base oli. Minyak ini langsung dipakai untuk melumasi mesin tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Tapi seiring perkembangan teknologi dibidang otomotif, dengan kontruksi mesin dan material bahan yang lebih rumit maka diperlukan perbaikan untuk campuran minyak pelumas sehingga ditambah dengan bahan kimia.

Ini postingan terkait, chek it dot..



Oli Samping

Berfungsi untuk melumasi head silinder dan bagian atas piston terutama pada langkah usaha. Oli samping biasanya dipakai untuk sepeda motor 2 tak, contoh Yamaha F1ZR, Yamaha Force 1, Honda NSR 150, Suzuki RGR 150.

Oli Grardan  Tranmisi

Minyak pelumas yang terdapat pada jenis sepeda motor tipe matik yang berfungsi untuk melumasi bagian taransmisi. Biar tambah mantep ini linknya bro…




Yang terpenting dari semua lakukan penggantian oli mesin per 2000 km atau kurang lebih dua bulan, lakukan secara berkala agar tidak menimbulkan keausan / keruskan pada mesin sepeda motor.   

Ok bro, chek this video cara ganti oli mesin dan oli gardan yang bener pada sepeda motor, jangan lupa subscribe ya he….





Akhir kata udah dulu ya, mata gua dah sepet soalnya kerjaan lagi numpuk. Next time lanjut, so safety first, keep riding noa arogan and salam satu aspal.