Oli mesin itu harus di perhatikan,
kapan gantinya ? berapa volume takarannya ?, apa mereknya ? .... e.. salah kali
ini lg ngga ngomongin mahal mahalan oli mesin. Sebelum kita bahas lebih jauh
lagi sebenarnya apa si oli mesin ?? Oli mesin adalah pelumas cair yang mampu
mengurangi gesekan dan menentukan kinerja mesin.
Fungsi Oli Mesin Sepeda Motor :
Pelumasan, ya jelaslah namanya oli
tentu buat pelumasan meminimalisir gesekan antar komponen mesin.
Pendinginan, sebagai pelepas panas
dari mesin karena terjadi perputaran/ sirkulasi pada oli di jalur oli. Jadi
kalo jalur oli mampet maka komponen yang seharusnya terjamah oleh oli akan
cepat rusak dan cepat panas ( overheating).
Pembersihan, oi juga berguna untuk
membersihkan mesin dari partikel asing, yang akan di endapkan di filter oli.
Pencegah karat, karena mesin
terbuat dari besi maka oli harus terdapat zat anti karat.
Pembagian oli mesin berdasarkan
kekentalan atau Viscositas SAE ( sociaty of automotive engineer) :
Oli singgle grade, oli yang cendrung
encer dan mudah mengalir ketika panas, dan tidak mudah mengalir ketika dingin.
contoh SAE 40, SAE 30, SAE 50
Oli Multigrade, oli yang
kekentalannya tidak terpengaruh oleh adanya perubahan temperatur dan umum di
gunakan sepanjang musim. Contoh 10W-30, 10W-50, 20W-50.
Pembagian oli berdasarkan API ( american petrolieum intitute) berdasarkan kualitas oli / urutan pembuatan.
Untuk mesin bensin memakai kode S
yang merupakan kepanjangan darai Spark Engine, sedangkan diesel memakai kode C
yang berarti “Compresion”
SA
Minyak pelumas ini dipakai pada
mesin otto / bensin dan mesin diesel keluaran lama, minyak pelumas ini murni
(minyak dasar dari hasil penyulingan minyak bumi) tanpa bahan aditif dipakai
untuk kendaraan pada awal abad 20.
SB
Minyak pelumas yang sudah mengandung
bahan aditif dan dipakai pada mesin bensin buatan tahun 1930, sekarang sudah
tidak dipakai lagi.
SC
Minyak pelumas mesin bensin ini
dipakai untuk mesin buatan 1964 – 1967 dibawah rekomendasi dari pabrikan. Minyak
pelumas ini lebih baik dari SB karena mengendalikan terbentuknya deposit pada
suhu rendah dan tinggi, korosi dan terjadinya karat.
SD
Pelumas jenis ini dipakai untuk mesin
bensin buatan 1968 - 1970, di bawah rekomendasi pabrikan dan dibuat lebih baik
dari jenis SC karena melindungi mesin
bensin terhadap pembentukan deposit pada suhu tinggi dan rendah.
SE
Pelumas jenis ini dipakai pada mesin
bensin buatan 1972 – 1979, minyak pelumas ini dapat menggantikan SD dan SC
dalam melindungi mesin.
SF
Minyak pelumas ini direkomendasikan
untuk mesin buatan 1988 atau sebelumnya, sekaligus bisa menggantikan minyak
pelumas jenis SE, SD dan SC.
SG
Jenis minyak pelumas mesin bensi ini
diperuntukan mesin buatan 1993 atau sebelumnya.
SH
Minyak pelumas jenis SH untuk mesin
buatan 1998 atau sebelumnya
SJ
Untuk mesin buatan 2001 sampai
sekarang
SL
Untuk mesin buatan 2001
SN
Untuk mesin buatan 2004
Pembagian oli berdasarkan JASO ( Japan automobile standart)
MA, untuk mesin dengan kopling
basah. Contoh motor bebek / cup, motor sport
MB, untuk motor dengan kopling
kering, Contoh motor matik.
Oli sintesis
Banyak produsen oli yang menyebut
oli mereka oli sintesis ?? pada tahukan bro, kalau tahu ya sukur. Nah yang
belum tenang gua bisikin. Oli sintesis yaitu minyak pelumas mesin yang dibuat
melalui prose kimiawi dengan menggabungkan beberapa jenis bahan aditif.
Jadi begini bro, pas ditemuin mesin
bensin awal abad 20, pelumas yang dipakai minyak dasar dari hasil penyulingan
minyak bumi / mineral bersih (straight mineral bersih) / base oli. Minyak ini
langsung dipakai untuk melumasi mesin tanpa mengolahnya terlebih dahulu.
Tapi seiring perkembangan teknologi
dibidang otomotif, dengan kontruksi mesin dan material bahan yang lebih rumit
maka diperlukan perbaikan untuk campuran minyak pelumas sehingga ditambah
dengan bahan kimia.
Ini postingan terkait, chek it dot..
Oli Samping
Berfungsi untuk melumasi head
silinder dan bagian atas piston terutama pada langkah usaha. Oli samping
biasanya dipakai untuk sepeda motor 2 tak, contoh Yamaha F1ZR, Yamaha Force 1,
Honda NSR 150, Suzuki RGR 150.
Oli Grardan Tranmisi
Minyak pelumas yang terdapat pada
jenis sepeda motor tipe matik yang berfungsi untuk melumasi bagian taransmisi. Biar
tambah mantep ini linknya bro…
Yang terpenting dari semua lakukan
penggantian oli mesin per 2000 km atau kurang lebih dua bulan, lakukan secara
berkala agar tidak menimbulkan keausan / keruskan pada mesin sepeda motor.
Ok bro, chek this video cara ganti
oli mesin dan oli gardan yang bener pada sepeda motor, jangan lupa subscribe ya
he….
Akhir kata udah dulu ya, mata gua dah sepet
soalnya kerjaan lagi numpuk. Next time lanjut, so safety first, keep riding noa
arogan and salam satu aspal.