Sistem Elektronik Sepeda Motor

Buat para bro semua, yang gemar otak atik motor, terutama motor ? ya iyalah masa motor kucing. Kali ini akan sedikit gua omongin tentang sistem elektronik sepeda motor, karena ini hal dasar bisa paham sukur – sukur jago di ilmu rengka gunung yang paling bikin mumet kepala , biar ngga kepanjangan omong langsung aja sikat.

System elektronik sepeda motor di bagi menjadi :



  • Sistem Pengapian.


  • Sistem Pengisian dan penerangan.


  • Sistem Tanda tanda ( beban ).



  • System Pengapian

Alur kerja pada sepeda motor yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi yang di perlukan oleh busi untuk memercikan bunga api. Pada sepeda motor system pengapian dibagi menjadi 3 yaitu :  

  • Pengapian DC ( karbu )

Komponennya yaitu Accu ( aki ), fuse ( sikring ), kunci kontak, Spull magnet ( pulser ), CDI, koil, cop busi / cangklong, busi.
ciri cirinya  socket kunci kontak terdiri dari dua kabel, tidak ada spull pengapian ( hitam/merah), biasanya sepul magnet basah oleh oli ( kecuali matic), pengapian bersumber dari accu.

  • Pengapian AC ( karbu ).

Spull magnet ( pengapian dan pulser ), kunci kontak, cdi, koil, cop busi / cangklong busi, busi.
Ciri ciri soket kunci kontak terdiri dari 4 kabel minim , pengapian bersumber dari spull ( spull pengapian warna kabel untuk motor Honda hitam/merah tahanan 100 – 400 ohm pada suhu 20 derajat celcius . Sedangkan tahanan pulser biru/kuning tahanannya 180 – 280 ohm suhu 20.

  • Motor injeksi (full  transistor.

Accu ( aki ), fuse ( sikring ), kunci kontak, Sensor CKP, ECM, Koil,cop busi/ cangklong, busi.
Ciri pengkabutan bahan bakar sudah system elektronik, ccu sebagai sumber tenaga.

  • Sistem kelistrikan atau baban.

Bersumber dari accu / aki / batrey, jika accu lemah  semua lampu akan redup, sementara klakson tidak nyaring suaranya, starter elektrik juga tidak berfungsi.

Klakson / horn
Sen / winker
Lampu rem
Lampu kota / senja
Indicator bensin
Indikator gigi, dll

  • Sistem penerangan dan pengisian

Komponen utamanya adalah spull penerangan dan spull pengisian, accu, kiprok / rectifier, spull pengisian berfungsi untuk menyuplai arus pengsian ke accu yang dihasilkan oleh perputaran magnet, agar accu tidak cepat ngedrop. Sementara untuk spull penerangan berfungsi sebagai pembangkit arus penerangan yang menuju lampu utama jika menggunakan system penerangan AC, sebaliknya jika system penerangan DC mengandalkan arus langsung dari accu.

Untuk pengecekan tahanan spull penerangan umumnya 0,1 – 0,8 ohm, sedangkan pengisian 0,2 – 1,0 ohm pada suhu 20 derajat. Untuk tahanan spull jika lebih besar dari standart berarti abnormal, lakukan penggantian atau gulung ulang spull ( untung untungan/ posisi boke) he…. 








kelistrikan injeksi



Ngga kumplit rasanya kalau ngga sekalian tahu warna kabelnya, karena semua merk motor memakai warna kabel yang berbeda memang ada yang sama tapi sedikit, berikut arti warna kabel dari motor pebrikan jepang yang sering nongol di jalan raya.
 Warna kabel ini warna dasar, biasanya untuk rangkain lama atau pada motor jenis karburator, sedangkan untuk jenis injeksi ada beberapa tambahan dan sayangnya gua belum menemukan polanya he…. Next time aja kalau udah punya mental dikit soalnya mulu sama Valentine Rossi?? Apa hubungannya? Bingungkan pada, sama gua juga bingung mending langsung check aja n bro.

Arti Warna Kabel Sepeda motor :


Warna Kabel Yamaha


Hitam : massa berlaku untuk semua negative (-) pada rangkaian.
Hijau : arus beban penerangan.
Merah : arus positif dari accu.
Kuning : lampu jarak jauh.
Coklat : lampu sein / riting..
Hijau : arus beban ( penerangan  dll)
Putih merah : pulser cdi
Hijau / hitam : rem
Pink : klaokson
Biru / Hitam : lampu kota atau senja.
Hitam / Putih : kontak motor.

Warna Kabel Honda


Hijau : massa berlaku untuk semua negative pada sepeda rangkaian.
Merah : arus dari accu.
Hitam : kunci kontak.
Putih : spull pengisian atau arus pengisian, dan lampu dekat.
Kuning : spull penerangan dan arus beban ke lampu utama.
Biru : lampu jauh.
Abu – abu : flasher
Biru muda : lampu sein / riting kanan.
Orange : lampu sein / riting kiri.
Coklat : lampu senja / kota.
Merah / Hitam : spul CDI.
Hitam / Putih : kunci kontak.
Hitam / Kuning : koil.
Biru / Kuning : pulser CDI.
Hijau / Kuning : lampu rem.

Warna Kabel Suzuki


Hitam / Putih : massa berlaku untuk semua negative ( - ) pada rangkaian.
Putih / Merah : spull pengisian di magnet.
Putih / Biru : koil ke CDI.
Putih / Hitam : lampu rem.
Kuning  / putih : penerangan lampu.
Biru / Kuning : pulser ke CDI.
Merah : accu.
Orange : kunci kontak.
Abu – abu : lampu belakang.
Hijau muda : lampu sein / riting kanan.
Hitam : lampu sein / riting kiri.

Warna Kabel Kawasaki


Hitam / Kuning : massa berlaku untuk semua negative di rangkaian.
Putih / Merah : accu.
Merah / Hitam : Lampu jauh.
Merah / kuning : lampu dekat.
Abu – abu : lampu sein / riting kanan.
Hijau : lampu sein / riting kiri.
Biru : lampu rem.
Merah : lampu belakang.
Coklat : klakson.


Ok bro demikian jenis warna kabel pada sepeda motor pabrikan jepang, nah untuk warna kabel sensor pada motor injeksi sangat ngejelimet jadi gua angkat tangan dulu, besok baru angkat kaki. Sekia dulu postingan dari gua, don’t forget safety first, keep ridig no arogan salam satu aspal… 








kelistrikan honda