Cara Stel Klep Sepeda Motor

Selamat pagi, pembaca setia pokoknya yang sering nongkrong di page ini, kali ini yang mau di omongin tentang stel klep. Bukannya gua merasa jago karna yang lebih ahli banyak yang berbagi ngga tau dah, e…. sukur sukur jadi rejeki…. Aamiin , makacih ya gua jadi terharu, wk wk…  

Nah langsung kepokok pembahasan, karna jenis motor banyak dari tipe matic, bebek, sport, dari pakai stelan klep sampai pakai shim. Tapi kita ambil garis besarnya sajanya untuk yang pakai shim di sampingkan dulu.

klep motor


Langkah pertama siapin motor dulu, kalo sudah ada tinggal tool/kunci – kunci, fuller guage ( untuk ukuran nanti liat di list bawahnya) wrench/kunci ring 8-9 mm ( 8=suzuki,Yamaha bebek/ metic ) ( 9=honda bebek metic) sedangkan sport pakai ring 10-11 mm, kunci L ( adjuster wrench) buat menahan adjuter screew/stelan klep.

Berikut urutan kerjanya


Motor pada posisi standar dua, suhu mesin dibawah 40 derajat/kondisi dingin, kalo dipaksakan saat mesin posisi panas biasanya ulir stelan klep akan slek parahnya lagi patah, dan keakuratan setelan klep kurang maksimal.

  • Buka tutup klep 

Nah ini tiap motor beda beda jadi penjalasan kurang spesifik jadi sorry ya bro, karna susah diungkapin dah.  Untuk supra x 125 pakai ring 8, keluarga bebek Suzuki ring 10, Yamaha bebek lama dur klep 19-24, Honda sport lama, supra 100 dur klep 17-22. Untuk model lainnya biasanya pakai L Hexagonal 6,

  • Posisikan Top kompresi 

Caranya gimana bisa buka tutup magnet dan lubang intip pengapian (tanda T) putar magnet ke kiri sampai merasa berat , sambil liat posisi rocker arm ( platuk klep) IN posisiny ada di atas, bergerak masuk kemudian keluar lagi. Saat posisi platuk bergerak keluar tetap putar tapi secara perlahan sambil liat kearah magnet paskan tanda T. Gerakan platuk klep IN dan EX ke atas bawah berarti klep tidak tertekan noken as, bukan kanan kiri, kalau bisa digerakan  platuknya dapat dipastikan langkah anda benar.

  • Kendorkan mur pengunci setelan klep

Dan tahan adjuster screw dengan L  adjester, cari stelan yang yang pas sesuai ukuran celah standar motor. Kemudian kencangkan  mur pengunci, lakukan pengecekan ulang, dengan langkah pertama dari pengecekan Top kompresi.

Type motor                                  

Supra 100, grand, legenda, suprax 125, kirana  in/ex  0,05/0,05 mm batas tolerasi +/-  0,02
Reo 110, blade 110, in/ex 0,10/0,10 mm batas toleransi  +/- 0,02
Tiger, megapro in /ex 0,10/0,10 mm batas toleransi +/- 0,02
Beat, scoopy, spacy karbu in/ex 0,15/0,15 mm batas toleransi +/- 0,02
Beat, scoopy, esp in/ex 0,12/0,18 mm batas toleransi +/-0,02
Jupiter mx in/ex 0,10/0,15 batas toleransi +/- 0,02


Untuk klep in usahakan agak seret dan klep ex agak longgar, karena semakin tinggi suhu mesin maka celah klep akan menyempit karna pemuaian komponen. Untuk ukuran seret sesuai anjuran celah klep tapi posisi fuller guide bisa di tarik tak bisa didorong, sedangkan celah seret fuller bisa ditarik dan di dorong.

Akibat dari penyetelan klep:


Jika celah  klep terlalu rapat

  • klep tidak dapat menutup secara sempurna akibatnya mesin tidak bertenaga karena kompresi motor akan bocor.
  • Motor susah dihidupkan
  • Mesin cepet panas
  • Tenaga kurang/ lemot


Jika celah  terlalu renggang


  • Klep akan terlambat membuka menutup kembali, dan mesin akan menggelitik /noise. 
  • Komponen ( klep, rocker arm, noken as) akan cepat aus.

Jadi ukuran celah klep terbaik motor standar adalah sesuai ketentuan standar pabrikan, lakukan pemeriksaan kerenggangan klep per 4.000 km.

Terima kasih telah menyimak sampai habis, nah seperti biasa bro ni gua kasih video klip, check it dot…. He…