Apa itu Idling Stop?



Idling stop, ya kata ini sering kali muncul pada iklan motor berlogo sayap mengepak  pada motor motor injection metiknya. Yang dimaksud dari idling stop, adalah teknologi untuk mematikan mesin setelah kendaraan berhenti pada saat mesin sudah cukup di panaskan dan menghidupkan kembali mesin pada saat gas di buka. Maksudnya kalo biker sedang berjalan memakai motor trus ada lampu merah atau pingin berhenti mesin akan mati dengan sendirinya di tandai dengan lampu idling yang berkedip kedip, dan di hidupkan kembali dengan cara menarik gas doang tanpa menekan starter atau kick starter.

Syarat kerja sistem idling stop:

  • Tombol berada pada idling stop ( di tekan ).
  • Suhu mesin di atas 80 celcius.
  • Sensor VS (vehicle speed / sensor kecepatan)mendeteksi kendaraan sudah mencapai 10 km/jam. 
  • kemudian gas dalam posisi tidak tertarik ( tutup gas) atau sensor vs mendeteksi kecepatan sudah 0 km/jam. maka ECM memutus injeksi bahan bakar dan mematikan mesin kemudian idling stop mulai bekerja.
  • Dalam keadaan idling stop, mesin akan mati menghidupkannya dengan menarik gas. Tapi saat standar samping di turunan maka sistem idling stop akan di matikan,  dan mesin bener benar mati cara menghidupkannya di starter lagi.

So, motor jadi hemat bensin kan apalagi yang daerah macetnya kece baday....  he....