4 Cara Supaya Kanvas kopling Awet

Tips agar kopling motor manual tidak cepat aus atau terbakar, sakarang motor sport sudah mulai menjadi primadona. Karene terkesan manly, tapi ribet ngga kaya matic tinggal bejek gas, tapi sesuai stiker di angkot yang gua baca, he….. real man use three pedal, du ileh ada jargonnya juga. Sering kali motor baru mengalami kopling yang aus atau terbakar, kalo mau di omongin keselahan pabrikan tapi realistisnya hanya beberapa tidak dominan. Dan dapat di simpulkan bahwa itu style berkendara bagi si biker, ndi bawah ini beberapa tips agar kanvas kopling awet :






Tips Agar Kanvas Kopling Awet

Atur jarak main bebas

Jarak main bebas / clerence, posisi dimana kabel kopling tidak tertarik saat posisi motor berjalan lurus ataupun berbelok sehingga tuas kopling tidak menekan. Jadi intinya jarak main bebas itu penting sekali, kalo terlalu tegang  / tidak ada main bebasnya, tenaga yang tersalurkan akan kurang maksimal dan kanvas kopling cepet terbakar karena terlalu sering adanya  gesekan yang tidak di sadari dari biker, tanpa menarik kopling tangan ( handel kopling ).  Sementara kalau terlalu dalam setelan kopling ( handel kopling) maka biker akan sering kali melakukan setengah kopling. Jarak main bebas yang benar  10 – 20 ml.


Posisi saat bermacet ria / lampu merah

Sebenarnya ini yang sering jadi masalah klasik, saat lampu merah atau mecet ria yang memaksa motor harus berhanti total, lebih baik lakukan  perpindahan gigi ke posisi netral. Kenapa itu dilakukan, tujuannya tetep untuk meminimalisir gesekan yang di akibatkan kalau menggunakan gigi satu kemudian handel kopling ditekem/tekan. Sukur sukur mesin motor motor di off kan  biar irit bensin, wk wk wk…


Cek kondisi kabel kopling

Kabel kopling biasanya kalau ga putus ga bakalan di ganti, ini part yang penting tapi ngga di anggap, kasian bener  emang dia apaan….  Sory sory  bro rada nglindur, kabel kopling yang sudah berumur akan penuh dengan karat dan biasanya ada airnya, ini yang menimbulkan kopling terasa keras. Baiknya di ganti per 24.000 km / dua tahun, kalu masih saying ya di bersihkan / dilimasi dengan oli atau cairan penetran penghilang karat.


Baca juga ya bro....

Motor injeksi tanpa aki / accu,apa bisa hidup ??


Oli mesin

Yang terpenting lakukan penggantian oli mesin secara rutin dan pakai oli yang dianjurkan, jangan pakai oli metic ( jaso MB ) dimasukan ke dalam motorsport atau oli diesel ntar ujug ujungnya slip kopling. Tapi ya ngga apa - apa si, kan motor lu bukan motor gua… he….

Oya bersihkan juga saringan / filter oli biar aliran oli mesin lancar, seperti biasa di bawah ini gua kasih video stel kopling manual, chek it dot….