Tips agar kopling motor manual tidak cepat aus atau
terbakar, sakarang motor sport sudah mulai menjadi primadona. Karene terkesan
manly, tapi ribet ngga kaya matic tinggal bejek gas, tapi sesuai stiker di
angkot yang gua baca, he….. real man use three pedal, du ileh ada jargonnya
juga. Sering kali motor baru mengalami kopling yang aus atau terbakar, kalo mau
di omongin keselahan pabrikan tapi realistisnya hanya beberapa tidak dominan.
Dan dapat di simpulkan bahwa itu style berkendara bagi si biker, ndi bawah ini
beberapa tips agar kanvas kopling awet :
Atur jarak main bebas
Jarak main bebas / clerence, posisi dimana kabel kopling
tidak tertarik saat posisi motor berjalan lurus ataupun berbelok sehingga tuas
kopling tidak menekan. Jadi intinya jarak main bebas itu penting sekali, kalo
terlalu tegang / tidak ada main bebasnya,
tenaga yang tersalurkan akan kurang maksimal dan kanvas kopling cepet terbakar
karena terlalu sering adanya gesekan
yang tidak di sadari dari biker, tanpa menarik kopling tangan ( handel kopling
). Sementara kalau terlalu dalam setelan
kopling ( handel kopling) maka biker akan sering kali melakukan setengah
kopling. Jarak main bebas yang benar 10 –
20 ml.
Posisi saat bermacet ria / lampu merah
Sebenarnya ini yang sering jadi masalah klasik, saat lampu
merah atau mecet ria yang memaksa motor harus berhanti total, lebih baik
lakukan perpindahan gigi ke posisi
netral. Kenapa itu dilakukan, tujuannya tetep untuk meminimalisir gesekan yang
di akibatkan kalau menggunakan gigi satu kemudian handel kopling ditekem/tekan.
Sukur sukur mesin motor motor di off kan biar irit bensin, wk wk wk…
Cek kondisi kabel kopling
Kabel kopling biasanya kalau ga putus ga bakalan di ganti,
ini part yang penting tapi ngga di anggap, kasian bener emang dia apaan…. Sory sory bro rada nglindur, kabel kopling yang sudah
berumur akan penuh dengan karat dan biasanya ada airnya, ini yang menimbulkan
kopling terasa keras. Baiknya di ganti per 24.000 km / dua tahun, kalu masih saying
ya di bersihkan / dilimasi dengan oli atau cairan penetran penghilang karat.
Baca juga ya bro....
Motor injeksi tanpa aki / accu,apa bisa hidup ??
Baca juga ya bro....
Motor injeksi tanpa aki / accu,apa bisa hidup ??
Oli mesin
Yang terpenting lakukan penggantian oli mesin secara rutin
dan pakai oli yang dianjurkan, jangan pakai oli metic ( jaso MB ) dimasukan ke
dalam motorsport atau oli diesel ntar ujug ujungnya slip kopling. Tapi ya ngga
apa - apa si, kan motor lu bukan motor gua… he….
Oya bersihkan juga saringan / filter oli biar aliran oli
mesin lancar, seperti biasa di bawah ini gua kasih video stel kopling manual,
chek it dot….