Baud kaliper patah atau dol

Rem berfungsi untuk mengurangi laju putaran roda agar sepeda motor bisa berhenti saat pedal rem ditarik / diinjek, ini salah satu part safety sepeda motor. Memang topic ini sudah pernah di bahas tapi karena problem pada rem itu banyak sekali apalagi rem cakram diantaranya :

  • Kanvas rem habis.
  • Piringan cakram aus.
  • Rem mbagel.
  • Rem ngelos / blong.
  • Baud caliper slek.
  • Braket oleng / bengkok. Dsb

kanvas rem kemakan sebelah


Tapi yang akan kita bahas kali ini tentang baud caliper yang slek, terutama untuk jenis rem cakram KR3 yang banyak diaplikasikan ke berbagai merk dari Honda, Suzuki, Kawasaki. Dari jamannya supra, shogun, satria, sampai ninja rem jenis ini bisa saling substitusi, dan problemnya sama saja sering kali baud L 5 caliper pengganjal kanvas rem slek.

Penyelesaiannya emang agak ekstrim dengan cara di pukul pakai palu pada baud tersebut kemudian pakai L 5 lagi, kalau cara ini masih gagal. Jalan terakhir memakai jurus pamungkas yaitu jurus bango warisan abah owo, dengan cara dibor dan lakukan tap ulang pada ulir atau drat tersebut, agar lebih gampang bawa saja ke tukang bubut. Tapi caliper body harus dilepas dulu dari selang rem untuk memudahkan proses pengerjaan.

Ini penampakannya.




Agar lebih mantep baud caliper rem ganti baru keduanya, dan lumasi breket caliper supaya tidak seret dan berkarat .

rem seret

 Ok bro sekian dulunya, tidak ketinggalan ini vidionya chek it dot…
Salam satu aspal …. Safety first….



Posting Komentar

0 Komentar