Cara Merawat Rantai Motor

Apa kabar anda hari ini ?? untuk kali ini yang akan kita bahas seputar komponen / part penggerak sepada motor, dan lebih tepatnya gear set. Part ini sangat harus di perhatikan karena berhungan dengan safety dalam berkendara, jangan sampai di sepelekan karena berakibat fatal.


 Gear set terdari dari :


  • Drive chain ( rantai sepeda motor ).

  • Sprocket drive ( gear depan yang langsung berhubungan dengan transmisi  / rasio ).

  • Sprocket driven ( gear roda belakang).



Karena harga gearset cukup lumanyan dan kadang bikin kantong bolong, padahal empunya kalau jajan masih mikir karena banyak cicilan dari anak orang yang belum dikasih makan belum yang lainnya.. et dah… nglindur ni bocah…  langsung aja bro di simak baik – baik ya…..

Berikut beberapa tips agar gearset motor jadi awet :


  • Pelumasan Rantai (drive chain)


Pastikan rantai sepeda motor selalu dalam keadaan terlumasi entah memakai  oli gear dan chain lube yang banyak terdapat di took spare part. Untuk oil gear bisa berasal dari tirisan oli mesin yang baru atau memakai oli transmisi motor matik, dan jangan memakai oli bekas dan gemuk. Karena oli bekas pasti terdapat serpihan – serpihan gram yang mengendap dalam oli bekas tersebut, sedangkan graes  / gemuk akan membuat  debu – debu menempel pada rantai tersebut.

Ini gambarnya rantai yang tidak ada pelumasan.


  • Penyetelan


Lakukan penyetelan secara rutin apa lagi kalau melakukan perjalanan jauh, karena jika dibiarkan secara terus menerus rantai ( drive chain ) akan lompat dari gear,  paling tidak sebulan sekali melakukan penyetelan. Ukur  kekenduran rantai  (drive chain) diposis bagian tengah jarak antara gear depan (sprocket drive) dengan gear roda belakang (sprocket driven), jarak kekenduran rantai 20 – 30 mm. Bagaimana  kalau setelan rantai terlalu kecang, akibatnya rantai akan tertarik biasanya di tandai dengan suara saat tek … tek.. saat sepeda motor posisi di dorong kedepan, akibatnya rantai cepet rusak, malah dikhawatirkan akan putus.

Ini gambarnya rantai (drive chain) yang terlalu kendor…


  • Penggantian part


Periksalah rantai (drive chain) dari kemungkinan adanya kerusakan atau keausan, ganti rantai yang mempunyai roller yang rusak, links yang terpasang longgar. Pemasangan rantai baru diatas sprocket  yang sudah sangat aus akan mengakibatkan keausan cepat pada rantai baru.

Periksa gigi – gigi gear depan (drive sprocket) dan gear roda belakang (driven sprocket)  dari keausan atau kerusakan, jangan memakai sebuah  rantai baru diatas gear yang sudah aus. Karena menimbulkan keasuan / kerusakan  yang cepat pada part yang baru, baik rantai maupun gear harus dalam keadaan baru.

Periksa juga karet tromol (dumper rubber) karena part ini sering kali tak dianggap tapi malah penting untuk usia pakai rantai (drive chain), akibat yang terjadi jika part ini rusak maka gear roda belakang (sprocket driven) akan oleng  sehinga gear depan dan gear roda tidak lurus sejajar.



  • Pemakaian


Yang terakhir kembali lagi ke pemakai motor tersebut, lalukan perpindahan gigi yang halus dan jangan di hentak – hentakan, akibatnya rantai akan kenceng dan kendor  kalau sudah begini akan lebih sulit melakukan penyetelan.



Ok bro, sekian dulu postingan kali ini moga berguna , o…. ya tidak ketinggalan juga tutorial stel rantai chek it dot, ojo lali yo safety first, quality must, salam satu aspal…