Apa kabar anda hari ini ?? untuk kali ini yang akan kita
bahas seputar komponen / part penggerak sepada motor, dan lebih tepatnya gear
set. Part ini sangat harus di perhatikan karena berhungan dengan safety dalam
berkendara, jangan sampai di sepelekan karena berakibat fatal.
Gear set terdari dari :
- Drive chain ( rantai sepeda motor ).
- Sprocket drive ( gear depan yang langsung berhubungan dengan
transmisi / rasio ).
- Sprocket driven ( gear roda belakang).
Karena harga gearset cukup lumanyan dan kadang bikin kantong
bolong, padahal empunya kalau jajan masih mikir karena banyak cicilan dari anak
orang yang belum dikasih makan belum yang lainnya.. et dah… nglindur ni
bocah… langsung aja bro di simak baik –
baik ya…..
Berikut beberapa tips agar gearset motor jadi awet :
- Pelumasan Rantai (drive chain)
Pastikan rantai sepeda motor selalu dalam keadaan terlumasi entah
memakai oli gear dan chain lube yang
banyak terdapat di took spare part. Untuk oil gear bisa berasal dari tirisan
oli mesin yang baru atau memakai oli transmisi motor matik, dan jangan memakai
oli bekas dan gemuk. Karena oli bekas pasti terdapat serpihan – serpihan gram
yang mengendap dalam oli bekas tersebut, sedangkan graes / gemuk akan membuat debu – debu menempel pada rantai tersebut.
Ini gambarnya rantai yang tidak ada pelumasan.
- Penyetelan
Lakukan penyetelan secara rutin apa lagi kalau melakukan
perjalanan jauh, karena jika dibiarkan secara terus menerus rantai ( drive
chain ) akan lompat dari gear, paling
tidak sebulan sekali melakukan penyetelan. Ukur
kekenduran rantai (drive chain)
diposis bagian tengah jarak antara gear depan (sprocket drive) dengan gear roda
belakang (sprocket driven), jarak kekenduran rantai 20 – 30 mm. Bagaimana kalau setelan rantai terlalu kecang,
akibatnya rantai akan tertarik biasanya di tandai dengan suara saat tek … tek..
saat sepeda motor posisi di dorong kedepan, akibatnya rantai cepet rusak, malah
dikhawatirkan akan putus.
Ini gambarnya rantai (drive chain) yang terlalu kendor…
- Penggantian part
Periksalah rantai (drive chain) dari kemungkinan adanya
kerusakan atau keausan, ganti rantai yang mempunyai roller yang rusak, links
yang terpasang longgar. Pemasangan rantai baru diatas sprocket yang sudah sangat aus akan mengakibatkan keausan
cepat pada rantai baru.
Periksa gigi – gigi gear depan (drive sprocket) dan gear
roda belakang (driven sprocket) dari
keausan atau kerusakan, jangan memakai sebuah
rantai baru diatas gear yang sudah aus. Karena menimbulkan keasuan /
kerusakan yang cepat pada part yang
baru, baik rantai maupun gear harus dalam keadaan baru.
Periksa juga karet tromol (dumper rubber) karena part ini
sering kali tak dianggap tapi malah penting untuk usia pakai rantai (drive
chain), akibat yang terjadi jika part ini rusak maka gear roda belakang
(sprocket driven) akan oleng sehinga
gear depan dan gear roda tidak lurus sejajar.
- Pemakaian
Yang terakhir kembali lagi ke pemakai motor tersebut,
lalukan perpindahan gigi yang halus dan jangan di hentak – hentakan, akibatnya
rantai akan kenceng dan kendor kalau sudah
begini akan lebih sulit melakukan penyetelan.
Ok bro, sekian dulu postingan kali ini moga berguna , o…. ya
tidak ketinggalan juga tutorial stel rantai chek it dot, ojo lali yo safety
first, quality must, salam satu aspal…