Ngomongin knalpot itu ngga cuma berisik dan ngebul doang, tapi ada rahasia lain di dalam nya. Apa itu ya langung saja simak bro??? mungkin karena knalpot sering kali dianggap sepele tapi ternyata mempunyai
banyak fungsi diantaranya.
Fungsi Knalpot :
- Meredam suara ledakan dari ruang bakar.
Ruang bakar akan menimbulkan ledakan – ledakan yang besar
ketika terjadi proses pembakaran . Ledakan – ledakan yang besar ini akan
membuat bising pada pendengaran, terlebih lagi untuk kendaran berkapasitas
silinder besar, oleh karena itu knlpot diperlukan untuk meredam suara ledakan
tersebut.
- Meningkatkan tenaga / power pada mesin.
Salah satu fungsi knalpot untuk meningkatkan tenaga / power
pada kendaraan tapi untuk hal ini bersifat tidaklah mutlak, hal ini sangat
tergantung dari design dan kualitas bahan yang dipakai.
- Sebagai pemanis kendaraan.
Sering kali produsen berlomba - lomba untuk membuat knalpot
dengan design yang unik, karena bentuk yang gampang dilihat dan mencolok.
Bahan untuk pembuatan knalpot
- Bahan besi
Sering digunakan karena murah, materialnya mudah dibentuk. Kelebihan
pada bahan ini jelas pada biaya serta proses pembuatannya,kekurangannya adalah
mudah berkarat.
- Bahan galvanis
Hampir mirip dengan besi namun dengan
kualitas tahan karat yang lebih baik. Bahan ini lebih sering dipakai pada
sepeda motor dua tak.Karena efek suaranya yang melengking dan kering, Meski daya tahan karatnya lebih baik dari
besi, karat tetap dapat hinggap pada bahan ini terutama pada bekas sambungan
las knalpot yang kerap mengelupas.
- Bahan stainless steel.
Keunggulan utama bahan
ini adalah lebih tahan karat dan ringan. Bahan ini juga tidak mudah berubah
bentuk karena panas. Bahan stainless membutuhkan teknik pengelasan yang presisi
sehingga ini juga yang membuat kekurangan bahan ini yakni dari segi biaya yang
cukup mahal.
- Bahan titanium dan karbon.
Bahan ini lebih ringan dan kuat. Penggunaannya biasanya di bagian silencer knalpot dengan bagian lain menggunakan bahan stainless. Kelemahannya adalah karena butuh teknik khusus dalam pembuatannya dan materialnya yang susah didapat akhirnya harga jauh lebih mahal.
Untuk mengatasi
kekurangan dan kelebihan ini, produsen knalpot memilih untuk menggabungkan
bahan-bahan tersebut dalam satu rangkaian knalpot.
Bagian kepala dan leher knalpot bisa menggunakan besi atau
galvanis kemudian bagian silencer menggunakan stainless steel. Perpaduan bahan
ini akan membuat knalpot lebih tahan lama serta dari segi biaya tidak terlalu mahal.