Kabel Spido Meter

Salam satu aspal bro, ngomongin motor tu ngga ada habisnya dari tutup pentil aja bisa jadi **** sensor  ya bro he…, kali ini yang kita bahas masalah kabel kilo meter, ya walaupun ini hal sepele tapi sebenernya patokan buat perawatan motor. Contoh simpelnya penggantian oli mesin per 2.000 km, dari pada bingung ngga ada patokannya mau ganti 3 bulan atau 4 bulan, tapi kalau diukur secara rata – rata penggunan 2000 km kurang lebih 2 bulan.
Bila dilihat dari cara kerjanya speedo meter di bagi menjadi dua :

Digital
Secara digital terdiri dari sensor kecepatan yang mengirim sinyal ke ECM kemudian di tampilkan di odometer itu secara garis besarnya.

Analog
Biasanya di tunjukan oleh jarum sebagai penanda kecepatan, cara kerjanya mengandalkan gaya gesek dari roda depan yang terdapat penghubung dengan gearbox kemudian disalurkan oleh kabel km dan di tampilkan di odometer.

Saat speedometer tidak berputar ada beberapa part yang mesti diperhatikan diantaranya :

Gearbox
Cek keadaan gearbox, saat ada kerusakan biasanya gigi nanas mengalami keausan sehingga tidak ada gerakan yang tersalurkan ke kabel km. Kebanyakan gearbox rusak karena kabel km yang putus dan tertinggal di dalam gearbox tanpa langsung di lakukan penggantian kabel km, yang pada akhirnya gearbox ikut ikutan rusak.




Kabel km
Nah ini yang sering  rusak / putus padahal part ini terbuat dari besi bro, tapi ya gitudeh…  Untuk kabel km meter jangan sampai salah beli lihat panjangnya kalau sama pasang itu kalau tidak hapal kode part, karena jika terlalu panjang  gearbox akan tertekan oleh kabel km dan akhirnya odometer tidak berputar.  Jadi semuanya harus pas alias presisi bro…




Spidometer
Problem disini yang terjadi pada umumnya karena karat yang terdapat pada lubang di dudukan kabel km, sering kali karena saking lamanya spidometer tidak hidupkan karena kabel atau gearboxnya yang rusak, kemudian empunya lagi kepingin ngidupin lagi spidometernya, e …. Malahan odometernya ikut rusak…



Udah bulu ya mbak sama mas bro, don’t  you forgeted safety first, quality must, salam satu aspal… keep riding no arogan….
Oya ni kebetulan ada vidionya, chek it dot….




Komentar