Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Selamat pagi, siang, sore, malem,  para pembaca yang budiman, he….  Yang baik hati tidak sombong, suka menabung, terutama suka riding, postingan kali ini seputaran motor injeksi, ya sesuai jaman karena hampir semua pabrikan mengeluarkan motor injeksi. Kadang ada orang yang bertanya motor injeksi kalau kehabisan bensin cepet rusak ?? Apa bener ?? ya ngga tau juga ? lho kok jawabanya gitu? He…

Sebelum di jawab kita uraikan dulu cara kerjanya , saat kunci kontak on ECM mengirim sinyal / arus ke fuelpump ( pompa bensin ) sehingga fuelpump akan berdenging dan bergetar dan mengalirkan bensin hanya sedikit dan injector belum bekerja. Tapi saat kunci kontak on dan elektrik starter di tekan / kick starter diengkol, fuel pump akan mengalirkan bensin ke injector dan injector akan menyemprotkan ke throttle body.






Nah kalau tangki dalam keadaan kosong tidak ada bensin, maka tidak ada yang di alairkan oleh fuelpump dan efeknya ngga masalah si kalau sekali dua kali, tapi kalau berkali – kali, ya gaswat bro. Contoh simpelnya aja kalau pompa air sumur, kalau ngga ada air yang di alirkan maka pompa akan cepat panas lama – lama akan cepat rusak. Sama halnya dengan fuelpump, kalau tidak ada bensin yang dialirkan maka akan cepat rusak tapi ini jangka lama bro ngga sekejap.

Selain itu ada juga sebab yang lain yang membuat fuelpump cepat rusak, diantaranya

Filter / saringan bensin yang mampet

Kenapa bisa mampet ? sebabnya bisa karena bahan bakar yang jelek / kotor yang bercampur dengan zat – zat asing, biasanya air, karat dari tangki bensin, sabun pencuci motor. Lho kok sabun pencuci motor, gua jelasin dulu bro…. he.. he…  Biasanya saat dicuci entah cuci steam / cuci sendiri main asal semprot aja, nah ini yang gaswat, usahakan saat mencuci bagian yang dekat dengan tutup tangki bensin lakukan secara pelan sukur – sukur jangan di semprot, karena tutup angki bensin itu tidak full rapet pasti ada celah walaupun kecil utuk lubang pernafasan tangki. Maka dari itu air sama sabun – sabunnya ikut gabung dengan bensin didalam tangki bensin. Solusinya bagaimana lakukan kuras tangki per 8.000 km, atau hati – hati saat mencuci motor dan ganti filter bensin per 48.000 km.

Presure regulator

Sebenarnya penjelasan nya sama dengan filter bensin karena part ini berfungsi sebagai mesin dari fuelpump, Jadi bensin yang telah tersaring oleh filter bensin akan masuk ke pressure regulator dan dialirkan ke selang bensin kemudian di semprotan oleh  injector. Tapi untuk zat cair tetap saja akan ikut masuk kedalam preasure regulator.

Bagian bagian fuelpump :
Filter bensin
Preasure regulator
Pelampung bensin
Chasing / wadah preasure regulator
Seal fuelpump


Cara untuk mendetektisi sacara akurat menggunakan preasure guage, tekanan bensin untuk setiap motor berbeda apalagi beda merk tapi ambil rata – rata sekitar 300 kpa. Cara mendeteksi asal asalan saat kunci kontak on letakan tangan di tangki bensin, kalau ngga ada getaran atau bunyi berarti ada problem di fuelpump.
Ok jon untu kali ini cukup sekin dulu, jangan lupa chek it dot… he….

Safety first, quality must, delivery 1000 %  e … sory … salam satu aspal maksudnya , 



Posting Komentar

0 Komentar