Penyebab Motor Boros Bensin

Buat para biker, yang ngadelin  motor sebagai sarana tranportasi utama pasti akan mikirin performa motor yang kadang terasa boros bensinnya. Padahal baru muter bentar kok bensin udah habis banyak, nah apa aja yang mesti di perhatiakan.


Busi

Busi ini salah satu part utama untuk pengapian, dan pada umumnya orang menganggap busi di ganti kalau businya sudah mati / tidak memercikan api sampai – sampai busi karatan dan parahnya kadang macet untuk di lepas.  Itu salah kaprah tapi ya ngga apa – apa la wong motor – motor lu masa gua harus maksa suruh ganti he….
Pabrikan motor menganjurkan penggantian busi per  8.000 km, dan pakai busi yang di anjurkan. Kalau busi racing gmana ya ngga apa apa tapi perhatikan kode panas busi karna biasanya busi racing itu tipe dingin dan efeknya  motor kadang susah di hidupkan.

Filter udara

Filter udara yang tersumbat karna debu dapat menahan masuknya udara ke karburator, sehingga percampuran antara bahan bakar dan udara menjadi tidak pas efeknya motor akan ndut – ndutan saat gas ditarik / terasa nafan tidak plong, kalau open filter gmana, open filter / ngga pakai filter udara yang masuk akan terlalu banyak  terasa saat RPM tengah saat skep mulai terangkat, udara yang masuk ke karburator terlalu banayak maka secara otomatis di butuhkan banyak bensin yang akan ikut tercampur.

Setelan stasioner yang pas

Untuk meliahat setelan stasioner  yang pas dapat dilihat dari busi, kalua elektroda busi berwarna putih kering berarti di terlalu miskin atau kurang campuran bahan bakar, kalau berwarna hitam legam kering seperti pantat panic ( jangan salah maksudnya ) berarti terlalu boros campuran bahan bakar. Tapi kalau berwarna bata merah / kecoklat coklatan berarti campuran antara bahan bakar dan bensin pas.

Untuk setelan langasam
Bebek / cup rpm 1200 +/- 200
Sport rpm 1500 +/- 200
Matik rpm 1600 +/- 200


Sementara untuk setelan angin
Bebek 1 ½ putaran
Sport 2 putaran
Matik 2 – 2 ½ putaran


Adanya kebocoran bensin

Maksudnya ada kebocoran di disalah satu part komponen yang berhubungan dengan sistem bahan bakar, bisa terjadi di tangki bahan bakar, selang bahan bakar, filter bahan bakar dan bisa juga di karburator itu sendiri. Biasanya di tandai dengan bau bensin yang menyengat. 


motor boros bensin





Sekian dulu jon untuk  uraiannya , kalau kurang jelas silahkan cari di postingan – postingan gua yang lain. Salam satu aspal… keep safety riding and no arogan….

Posting Komentar

0 Komentar