Speedometer Vario 125 / 150 Mati

Vario 125 / 150 jarum spido meter tidak bergerak, berrti perlu ganti kabel km?&^%^$% …. Tapi posisinya ada dimana, setelah dicari ternyata ngga ada gearbox atau kabel km di bagian roda depan pada umumnya. Dan ternyata ini jenis teknologi esp dan iss, untuk iss pernah diulas pada postingan lama, ini linknya



Teknologi ESP (enhanced smart power) memiliki banyak sensor diantaranya sensor kecepatan (vehicle sensor / vs) sensor ini terletak di bagian transmisi /rasio posisinya ada di balik cover. Cara kerjanya sensor vs mengitung jumlah putaran pada as shaft drive yang yang berhubungan dengan rodabelakang, kemudian dikirimkan ke ECM dan disalurkan kembali ke odometer sebagai penunjuk kecepatan putaran roda.


Karena sistemnya yang elektronik bukan mekanis, jadi kalau spidometer tidak jalan ngga mungkin ganti kabel km he… Cara singkatnya saat hal ini terjadi pada jenis motor vario old / new 125, 150, lakukan dulu pengecekan pada fuse ( sikring ) yang terletak dekat dengan accu / aki. Jika semua fuse tidak ada kerusakan maka periksa jalur kabel yang menuju sensor vs, dan biasanya problemnya ada di sini, tapi gak ribet perlu copot cover filter udara, ini contoh penampakannya…


honda vario

Kalau sudah ketemu langsung babat pakai soto,  …. Sorry maksudnya langsung diberesin jangan lupa solasi sukur – sukur pakai solasi bakar / selang bakar biar awet dan jangan lupa sesuaikan warna kabelnya jika salah sambung otomasi fuse/ sikring akan putus.

Untuk penjelasan masalah kelistrikan sepeda motor baca juga link di bawah ini :

Jenis - Jenis Sistem Kelistrikan Sepeda Motor


spidometer vario



Biar lebih jelas tonton video ini sampai selesai ya bro, tapi jangan lupa subscribe terlebih dahulu. ya itung - itung lu bantuin gua supaya channel ini biisa berkembang menjadi lebih baik lagi.




Ok bro sekian dulu, don’t you forget safety first dan hormati para pejalan kaki salam oprex dan salam satu aspal.